Mau Mobil Bekas Murah Meriah? Budget 90 Juta Cukup untuk 12 Mobil Ini

mobil bekas murah

Tren pembelian mobil bekas semakin meningkat sejak beberapa waktu belakangan. Tingginya harga mobil baru saat ini membuat banyak orang lebih memilih berburu mobil bekas. Mobil bekas murah menjadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan roda empat dengan anggaran terbatas. 

Di tengah penjualan mobil baru yang stagnan, pasar mobil bekas justru mengalami pertumbuhan stabil. Gaikindo memprediksi permintaan mobil bekas akan terus naik mencapai 11% di tahun 2024 ini. PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan penjualan mobil bekas merek Honda melonjak dua kali lipat sejak awal 2024.

Dibanding merogoh kocek cukup dalam, banyak orang lebih tertarik beli mobil second. Dengan budget dibawah Rp100 juta saja, kamu bisa mendapatkan mobil bekas yang masih bagus dari segi tampilan hingga performa. Artikel ini akan memberikan panduan tips membeli mobil second dan rekomendasi mobil bekas murah dari berbagai merek. 

Mengapa Memilih Mobil Bekas? Ini 6 Keuntungannya

Daripada mengeluarkan uang berlebih atau menunggu hingga sanggup membeli mobil baru, tak ada salahnya membeli mobil bekas. Apalagi jika kamu atau keluarga memang membutuhkan mobil segera. Setidaknya membeli mobil bekas menawarkan sejumlah keuntungan sebagai berikut:

1. Harga Terjangkau dengan Kualitas Masih Bagus

Coba bandingkan jika kamu harus membeli mobil baru, uang yang harus kamu keluarkan bisa sampai dua kali lipatnya. Maka dari itu, ide bagus untuk membeli mobil bekas karena harganya terjangkau.

Meski second, tak jarang mobil yang ditawarkan juga relatif berkualitas bagus secara keseluruhan. Dengan kondisi mobil bekas yang masih nyaman digunakan serasa mobil baru, kamu bisa mendapatkan kendaraan ideal tanpa menguras keuangan. 

2. Lebih Hemat karena Penyusutan Nilai Rendah

Faktor menarik lain yang membuat mobil bekas dilirik banyak orang karena memiliki depresiasi (penyusutan nilai harga) yang lebih rendah. Umumnya, sebuah mobil bakal mengalami depresiasi kisaran 15% hingga 25% setelah waktu lima tahun pembelian. 

Jadi jika kamu membeli mobil bekas, harga jual kembalinya bisa lebih stabil. Ketika nantinya kamu menjual mobilmu maka nggak bakal merasa rugi. Bahkan kamu dapat melepas kembali mobilmu dengan harga yang tak jauh berbeda.

3. Mobil Bekas juga Bisa Diangsur

Pembayaran sistem angsuran nggak cuma berlaku buat mobil baru. Pembelian secara kredit atau dicicil juga bisa dilakukan pada mobil bekas. Saat ini sudah banyak bank atau lembaga pembiayaan yang menyediakan layanan cicilan mobil second

Dengan harga mobil bekas yang lebih murah, kamu bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman. Selain itu, uang muka (DP) dan nominal angsuran per bulannya pun jauh lebih kecil karena tingkat bunganya lebih rendah. 

4. Banyak yang Sudah Dilengkapi Aksesoris Menarik

Benefit ini bisa dikatakan bonus, banyak pemilik mobil second sebelumnya yang menambahkan aksesoris, seperti pelek alloy, perangkat audio berkualitas tinggi, interior lebih premium, dan lainnya. 

Dengan membeli mobil bekas yang sudah dilengkapi aksesoris, kamu mendapatkan nilai tambah tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra. Kamu bisa langsung menikmati fitur-fitur menarik dan memiliki mobil dengan tampilan atau performa yang lebih baik 

5. Langsung Pakai Tanpa Ribet Inden

Ketika membeli mobil baru dari dealer, biasanya ada proses inden yang membuatmu harus sabar menunggu hingga berbulan-bulan. Sementara membeli mobil bekas bisa dipakai langsung tanpa harus menunggu. Seluruh dokumen sudah tersedia dan bisa berpindah tangan ketika melunasinya. Kamu hanya perlu melakukan balik nama data kepemilikan kendaraan untuk kelancaran dalam pembayaran pajak.

6. Pilihan Tipe yang Lebih Variatif

Keuntungan lain dari membeli mobil bekas adalah tersedia tipe atau model mobil yang lebih variatif. Kamu memiliki pilihan yang beragam mulai dari merek, tahun keluaran, tipe, jenis, hingga harganya. 

Jadi kamu punya kebebasan dalam memilih mobil bekas sesuai kriteria yang diinginkan dan ketersediaan budget. Dengan membandingkan berbagai macam mobil second yang dijual, kamu bisa mendapatkan mobil yang cocok dengan kebutuhan dan gaya hidup. 

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas, Cek Hal Ini Sebelum Membeli

Nggak sedikit orang yang ragu atau tidak yakin ketika mau membeli mobil bekas. Bisa dibilang mencari mobil bekas memang cukup tricky karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Meski demikian, kamu tetap bisa menemukan mobil bekas yang masih berkualitas baik asalkan melakukan pertimbangan secara teliti dan mengikuti tips berikut biar nggak ketipu saat beli mobil seken.

Pertama, kamu perlu periksa kondisi mesin secara menyeluruh dan teliti karena komponen ini sangat krusial. Misalnya dengan mengecek kebocoran oli, performa komponen lain, suara mesin, dan lainnya. 

Bagian lain yang wajib diperiksa secara teliti adalah eksterior dan interior mobil. Perhatikan bodi mobil di setiap sisinya, termasuk lampu, kaca, dan lainnya. Cek juga bagian suspensi, roda dan ban, hingga sistem pengereman. Kemudian periksa komponen-komponen di dalam mobil, seperti setir, jok, fitur infotainment, dan lainnya. 

Jangan lupakan test drive untuk merasakan performa dan kenyamanan mobil ketika digunakan berkendara. Cobalah berkendara di berbagai kondisi jalan sekaligus rasakan pengaturan posisi duduk, respon pedal gas dan rem, kinerja suspensi, hingga kestabilan laju mobil.

Jika dirasa sudah cocok, kamu bisa menanyakan surat-surat atau dokumen kendaraannya. Pastikan memperoleh BPKB dan STNK aslinya serta memeriksa data yang termuat di dalamnya untuk menghindari penipuan. 

Sebelum deal dengan penjual, langkah terakhir yang tak boleh dilewatkan adalah negosiasi harga. Penjual mobil bekas biasanya lebih fleksibel dan terbuka buat negosiasi. Dalam hal ini kamu punya kesempatan mengajukan tawaran harga yang lebih murah dan sesuai budget

12 Rekomendasi Mobil Bekas Murah 90 Juta Berdasarkan Tipenya

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dan tips memilih mobil bekas berkualitas, kini saatnya kamu mengenali beragam mobil second harga murah. Berikut ini rekomendasi sejumlah mobil bekas di bawah Rp100 juta yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Mobil Bekas Tipe Hatchback

dari tipe hatchback ada honda jazz yang jadi mobil bekas murah di bawah 90 juta

Dibuka dengan mobil hatchback yang memiliki bodi kompak dengan pintu belakang yang membuka ke atas. Pilihan model pintu ini memudahkan akses ke area kargo. Kelebihannya meliputi kemudahan manuver di jalanan kota, efisiensi bahan bakar, dan harga terjangkau, sehingga cocok untuk individu atau keluarga kecil di perkotaan. Ada beberapa rekomendasi mobil hatchback dari berbagai merek, seperti:

  1. Honda Brio Satya untuk tipe A M/T, S M/T, dan S A/T dijual mulai Rp78 juta sampai Rp90 juta.
  2. Suzuki Ignis tipe GX ditawarkan mulai dari Rp77 juta
  3. Toyota Yaris tipe E, S dan J secara berutan mulai dari Rp 75 juta, Rp65 juta, dan Rp89 juta. Sementara seri TRD Sportivo ditaksir Rp85 juta.
  4. Daihatsu Ayla menawarkan tipe X 1.0 mulai dari Rp85 juta.
  5. Honda Jazz 1.5 M/T bekas mulai dari Rp88 juta.
  6. Mazda 2 Premacy bekas dibanderol mulai dari Rp69,9 juta.

2. Mobil Bekas Tipe MPV

sempat banyak diminati, kini MPV Luxio bekas dihargai mulai 50 jutaan

Mobil MPV dirancang untuk mengangkut lebih banyak penumpang dan barang, dengan kapasitas tempat duduk 6 hingga 8 orang. Mobil ini memiliki ruang kabin luas, desain tinggi, dan kursi yang fleksibel, menjadikannya ideal untuk keluarga dan kendaraan perjalanan jarak jauh. Untuk rekomendasinya ada dari:

  1. Suzuki Ertiga bekas tipe GX A/T dan GL M/T masing-masing mulai Rp67 juta dan Rp90 juta.
  2. Toyota Avanza bekas harganya lebih beragam mengikuti tipenya, termurah ada di tipe E M/T mulai Rp70 juta, tipe G M/T Rp75 juta, dan G Luxury M/T mulai dari Rp76 juta.
  3. Daihatsu Luxio 1.5 X M/T mulai dari Rp52 juta, sementara 1.5 D M/T mulai dari Rp89 juta.
  4. Wuling Confero S S 1.5 L 8 seater ditawar mulai dari Rp85 juta.

Baca Juga: Deretan MPV 150 Jutaan, Cocok Buat Mudik

3. Mobil Bekas Tipe SUV

toyota rush ikut menjadi mobil bekas murah di bawah 90 jutaan

Mobil SUV dirancang untuk kenyamanan berkendara di jalan raya dan kemampuan melintasi berbagai medan. Dengan bodi tinggi, ground clearance besar, serta sering dilengkapi dengan penggerak 4WD atau AWD. Mobil ini ideal untuk keluarga dan perjalanan jauh, dengan ruang kabin luas dan kapasitas kargo besar. Intip rekomendasi SUV bekas segala merek di bawah ini:

  1. Toyota Rush S A/T dan G M/T dijual bekas mulai dari Rp80 juta sampai Rp85 juta.
  2. Daihatsu Terios R M/T dan TS M/T masing-masing dibanderol mulai dari Rp85 juta dan Rp87 juta

Bagaimana Cara Mengetahui Riwayat Servis Mobil Bekas?

Mengecek riwayat servis mobil bekas penting untuk mengetahui jenis perawatan dan perbaikan yang pernah dilakukan. Riwayat ini bisa diperiksa melalui aplikasi smartphone dari bengkel resmi merek mobil, seperti Auto2000 untuk Toyota, Honda e-Care untuk Honda, DaihatsuKu untuk Daihatsu, dan menghubungi Halo Suzuki untuk Suzuki.

Apa Saja Dokumen yang Harus Diperiksa saat Membeli Mobil Bekas?

Pastikan untuk memeriksa kelengkapan dokumen saat membeli mobil, seperti STNK dan BPKB, tujuannya untuk menghindari penipuan atau mobil hasil curian. Selain memverifikasi surat-surat, cek juga status kendaraan di Samsat secara online. Perhatikan juga status kendaraan meliputi blokir jual, blokir tilang elektronik, dan blokir hilang. Masing-masing status memberikan indikasi tentang kondisi legalitas mobil yang akan dibeli.

Itulah tadi rekomendasi mobil bekas murah under Rp100 juta dari berbagai merek dan tipe. Setelah memahami tips memilih mobil bekas berkualitas dan panduan membeli yang aman, kamu tentu makin mantap untuk beli mobil second sesuai kebutuhan dan anggaran. Baca juga informasi dan tips otomotif lainnya di oto24.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *