5 Tips Memilih Lampu LED Mobil Terang dan Aman untuk Pengendara Lain, Lengkap dengan Rekomendasi

lampu lED mobil

Lampu LED (light emitting diode) kini sudah umum digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Banyak pengguna mobil lama yang juga mengganti komponen lampunya dengan lampu LED. Apabila meningkatkan penerangan mobil dengan upgrade lampu, sebaiknya pahami tips memilih lampu LED mobil sebelum membelinya.

Produsen mobil kini lebih mengandalkan lampu LED pada produk-produknya karena memiliki menawarkan sejumlah keunggulan. Lampu LED disukai karena mengeluarkan cahaya yang lebih terang dibandingkan lampu biasa. Selain itu, lampu jenis ini juga ramah lingkungan, hemat energi, dan lebih awet. 

Mengingat fungsi lampu mobil sangat krusial untuk mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara di malam hari, mengganti lampu LED menjadi pertimbangan yang sangat penting. Melalui artikel ini kami akan mengajakmu memahami tips memilih lampu LED mobil dan rekomendasi lampu paling terang. 

Tips Memilih Lampu LED Mobil Terang yang Tepat Tanpa Bikin Silau Pengendara Lain

Sebaiknya segera ganti lampu mobil jika kondisinya sudah menurun. Pemilik mobil lawas juga disarankan beralih ke lampu LED untuk meningkatkan kualitas penerangan. Dengan banyaknya pilihan di pasaran, pastikan memilih lampu LED yang sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan beberapa faktor penting berikut:

1. Pilih Lampu dengan Kecerahan yang Sesuai

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat membeli lampu LED adalah tingkat kecerahannya. Setiap produk lampu punya besaran watt yang beragam yang membedakan tingkat kecerahan yang dihasilkan.

Selain itu, kecerahan lampu LED juga bergantung dari lumen. Lumen adalah satuan standar dalam pengukuran kecerahan cahaya. Dalam satu dioda watt bisa memancarkan cahaya sekitar 130 lumen. Semakin tinggi angka lumennya maka bohlam lampu juga lebih terang.

Jadi pastikan mengecek tingkat kecerahan dan distribusi sinar yang dipancarkan dari bohlam. Lampu dengan cahaya lebih terang berarti memberikan visibilitas yang lebih baik. Lampu ini dapat membantu penglihatan ketika berkendara di malam hari. 

2. Pertimbangkan Penggunaan Matrix LED Headlights

Dalam memilih lampu LED, kamu juga perlu mempertimbangkan penggunaan matrix LED headlight. Fitur ini adalah teknologi canggih dalam lampu depan mobil yang memakai pola matrix LED untuk memberikan pencahayaan yang lebih terarah dan adaptif. 

Model lampu ini terdiri dari beberapa LED kecil yang bisa dinyalakan atau dimatikan untuk mengatur distribusi cahaya. Penggunaan matrix LED headlight dapat menghindarkan efek silau lampu pada pengendara lain. 

Adanya matrix LED headlight ini sangat berguna ketika kamu mengemudi malam hari di jalan yang padat atau di daerah yang ramai dilalui kendaraan. Memakai model lampu ini bisa meningkatkan keamanan berkendara sekaligus memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

3. Pilih Lampu Utama dengan Desain Proyektor atau Reflektor yang Tepat

Saat memilih lampu LED, desain lampu utama juga harus kamu diperhatikan. Apakah lampunya menggunakan desain proyektor atau reflektor? Kamu perlu tahu perbedaan dari keduanya dan kelebihannya. 

Lampu desain proyektor bisa menghasilkan pencahayaan yang lebih fokus dan terarah. Selain itu, desain ini juga memberikan jarak pandang yang lebih jauh dan mengurangi penyebaran cahaya yang berlebihan atau tidak diinginkan. 

Sebaliknya, lampu desain reflektor cenderung menyebarkan cahaya lebih luas. Lampu ini mampu menghasilkan menghadirkan penerangan yang lebih merata di jalanan depan mobil. Kelebihan lain dari desain lampu ini adalah tidak menyilaukan pengendara lain. 

Baca Juga: Terlihat Sepele, Ini Fungsi Lampu Kota Pada Mobil yang Sesungguhnya

4. Perhatikan Garis Cut Off

Bagian penting lain yang nggak boleh kamu lewatkan saat memilih lampu LED mobil adalah garis cut off. Garis cut-off adalah titik fokus cahaya yang dihasilkan oleh lampu mobil. Garis ini berfungsi sebagai batas antara cahaya yang diterima oleh pengemudi lain dan cahaya yang tidak mengenainya. 

Garis cut-off harus dipasang pada ketinggian yang tepat untuk menghindari menyilaukan pengemudi lain. Selain itu, garis cut off yang tepat juga memastikan cahaya lampu menyala terang, fokus, dan memberikan visibilitas di perjalanan. 

5. Pasang dengan Benar dan Sesuai Ketinggian

Langkah dalam mengganti lampu LED mobil tidak hanya selesai dengan sudah membelinya. Kamu juga perlu memperhatikan cara pemasangan lampu LED di mobilmu. Pemasangan lampu LED yang tepat berperan penting untuk memastikan performa penerangan bisa optimal. 

Pemasangan lampu LED mobil harus memperhatikan ketinggian lampu. Lampu yang dipasang terlalu tinggi dapat menyilaukan pengendara lain, sedangkan lampu yang terlalu rendah bisa mengganggu distribusi cahaya. 

Sebaiknya ikuti panduan pabrikan untuk pemasangan lampu LED yang benar. Jika ragu-ragu atau merasa bingung, mintalah bantuan ke bengkel atau tenaga montir berpengalaman. Dengan ketinggian lampu yang tepat maka cahaya bisa memberikan visibilitas maksimal tanpa mengganggu pengendara lain.

Rekomendasi Lampu LED Mobil Paling Terang

Setelah mengetahui tips memilih lampu mobil, sekarang saatnya melihat rekomendasi produk lampu LED yang bisa dibeli. Pastikan memilih lampu LED yang cukup terang, terutama jika sering berkendara di malam hari. Berikut beberapa rekomendasi lampu LED mobil paling terang yang bisa dipertimbangkan.

1. Hypersonic LED H11

Salah satu produk lampu LED yang terkenal dengan sorotan cahaya yang paling terang adalah Hypersonic LED H11. Lampu ini memiliki konsumsi daya sebesar 12V dan 55W yang mendukung untuk pemakaian di mobil tua. Dari daya tersebut, lampu ini diklaim bisa menghasilkan cahaya yang setara dengan 110W.

Lampu Hypersonic LED H11 memiliki temperatur warna 4.800 kelvin dengan pancaran cahaya putih kebiruan (cool daylight) dan 2.800 kelvin dengan sorot cahaya kuning. Warna ini dinilai mampu membuat pandangan jelas di depan ketika mengemudi  di malam hari.

Dari segi harga, lampu ini cocok bagi kamu yang menginginkan lampu terang dengan bujet terbatas. Lampu Hypersonic LED H11 ini dijual mulai dari Rp180 ribuan baik di toko offline maupun secara online di e-commerce

2. Fortune LED H4 ETI

Lampu LED yang satu ini juga sudah dikenali banyak orang sebagai lampu mobil yang memancarkan cahaya terang. Fortune LED H4 ETI digemari karena memberikan berbagai keunggulan, mulai dari cahaya putih yang terang, tidak menimbulkan panas pada reflektor mobil, dan tidak bikin aki boros. 

Lampu Fortuner LED H4 ETI menyorotkan sinar yang sangat terang namun tidak menyilaukan mata pengedaran lain. Dengan sistem pemasangan plug and play, cara pasang lampu ini tidaklah sulit. Bagi kamu yang berminat membeli, lampu LED ini dijual dengan harga mulai Rp1,25 juta. 

3. Autovision LX8 LED Headlight H4

Lampu LED yang juga telah banyak digunakan oleh pemilik mobil adalah Autovision LX8 LED Headlight H4. Lampu ini merupakan buatan dalam negeri ini dari Bandung, Jawa Barat. Produk ini memiliki keunggulan hemat energi, tetapi tetap memberikan cahaya maksimal untuk penerangan di perjalanan.

Autovision LX8 LED Headlight H4 memiliki konsumsi daya 25V dan 25W. Dengan tingkat daya tersebut, lampu ini sanggup menghasilkan pencahayaan hingga 4.000 lumen. Cahaya lampunya berwarna putih 6.500 kelvin dengan daya tahan sampai 30 ribu jam. Lampu LED produk lokal ini ditawarkan dengan harga mulai Rp1 jutaan. 

4. Philips LED Turbo H7

Pilihan lampu LED dengan sinar terang selanjutnya datang dari merek Philips. Produk lampu dari merek ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Philips LED Turbo H7 menghasilkan pencahayaan yang sangat terang untuk berkendara di malam hari. 

Lampu ini menghadirkan keunggulan berupa fitur canggih safe beam. Ketika dinyalakan, sorot cahayanya tidak menyilaukan pengendara lain. Sesuai dengan kualitas yang ditawarkan, Philips LED Turbo H7 dibanderol dengan harga cukup tinggi yakni mulai Rp1 jutaan. 

5. Phillips LED Ultinon Gen 2

Rekomendasi selanjutnya masih dari produk yang sama yaitu Philips LED Ultinon Gen 2. Lampu LED ini juga dijadikan andalan banyak orang yang membutuhkan pencahayaan yang terang pada mobil. 

Lampu LED dari Philips yang satu ini menghasilkan temperatur warna hingga 6.000 kelvin dan menghadirkan pencahayaan lebih putih. Dengan daya listrik 12 v dan 16 watt, lampu ini sanggup digunakan selama lima tahun. 

Philips LED Ultinon Gen 2 memiliki keunggulan berupa fitur thermocool yang mengatur penyaluran udara sebagai pendingin lampu. Selain itu, lampu ini juga menerapkan inovasi adaptasi dari teknologi Lumide Luxoen Boost. Lampu ini bisa kamu beli dengan harga mulai Rp1,5 jutaan. 

6. Osram 66204CW H4

Merek Osram juga dikenal mengeluarkan lampu LED mobil dengan kualitas bagus. Osram 66204CW H4 adalah salah satu produknya yang memiliki sinar paling terang. Lampu ini menghasilkan cahaya cool white dengan temperatur warna 6.000 kelvin. 

Lampu LED ini sudah dilengkapi dengan kipas pendingin untuk meredam panas. Selain itu, lampun ini menerapkan sistem pemasangan plug and play yang mudah ketika dipasang. Osram 66204CW H4 dijual dengan harga mulai Rp1,3 jutaan. 

7. Autovision LED Carbon P1

Lampu LED dengan sinar terang lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Autovision LED Carbon P1. Lampu ini bisa menghasilkan cahaya terang hingga 4.500 lumen. Dengan daya 12 v dan 45 w, lampu ini menyorotkan temperatur warna 5.700 kelvin. 

Autovision LED Carbon P1 punya daya tahan mencapai 30 ribu jam. Kelebihan lain dari lampu ini ialah adanya teknologi double ball fan, cairan pendingin, dan pelepas panas aluminium. Lampu LED ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp1,1 jutaan. 

Itulah tadi tips memilih lampu LED mobil agar sesuai dengan kebutuhan dari segi pencahayaan dan fitur lainnya. Setelah mengetahui kelebihan dari berbagai merek lampu LED di atas, tentunya kamu sudah punya pilihan ingin membeli yang mana buat upgrade komponen penerangan mobilmu. Baca juga informasi dan tips otomotif lainnya di oto24.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *