Pesona Porsche Macan EV di GIIAS 2024, Makin Buas dan Canggih

Merek mobil premium Porsche ikut meramaikan event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Di acara pameran yang digelar dari tanggal 18-28 Juli, pabrikan otomotif asal Jerman ini membawa sederet mobil listrik mewah keluaran terbaru. 

Booth Porsche ruang pameran ICE BSD Tangerang menjadi spot yang banyak dilirik oleh pengunjung GIIAS. Sejumlah mobil andalannya tampil memukau perhatian banyak orang, khususnya para pecinta mobil flagship dengan harga tinggi. 

Pada kesempatan kali ini, Porsche memperkenalkan The New All-Electric Macan. Porsche Macan baru ini ditampilkan secara private viewing di VIP Lounge. Mobil Macan 4S ini bakal mengisi kesenjangan antara Macan 4 dan Macan Turbo. 

Porsche Macan baru akan hadir dengan rear-wheel drive pertama yang menyajikan efisiensi tinggi. Mobil ini juga dibekali dengan sejumlah keunggulan lainnya, seperti tenaga overboost hingga 380 kW, memiliki jarak tempuh WLTP gabungan hingga 641 km, off-road design package, pembaruan Porsche Driver Experience dan lainnya. 

Motor Listrik Bertenaga dan PASM sebagai Standar

Porsche Macan 4S menggunakan motor ganda belakang yang baru dan inverter pulsa SiC 600 amp yang kuat. Motor listrik ini mempunyai diameter 230 milimeter dan panjang aktif 150 milimeter. Selain itu, terdapat juga motor poros depan yang juga diterapkan pada varian Macan 4 dan Turbo.

Motor tersebut mampu menghasilkan output sistem sebesar 330 kW (448 PS) dengan peningkatan daya singkat mencapai 380 kW (516 PS). Dengan Launch Control, torsi maksimum adalah 820 Nm. Mobil Macan terbaru ini memiliki jangkauan jarak tempuh WLTP hingga 606 km. 

Macan 4S telah dibekali dengan kontrol peredam elektronik Porsche Active Suspension Management (PASM) sebagai standar. Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus) dan kemudi poros belakang memungkinkan sasis dioptimalkan lebih lanjut guna menaikkan kinerja dan kenyamanan.

Baterai 100 kWh dan Elektronik Daya Sangat Efisien

Model entry Macan baru SUV listrik juga mendapatkan energinya dari baterai bertegangan tinggi yang memiliki kandungan energi kotor 100 kWh. Tenaga penggeraknya disokong secara eksklusif oleh motor poros belakang yang digunakan pada Macan 4, dengan diameter 210 milimeter, panjang aktif 200 mm, dan output 250 kW (340 PS). 

Mesin listrik tersebut mempunyai inverter pulsa (PWR) 480-amp yang memakai bahan semikonduktor silikon karbida (SiC) dengan tingkat efisiensi lebih tinggi. Teknologi ini signifikan mengurangi kerugian switching pada PWR dan memungkinkan frekuensi switching yang lebih tinggi. 

Dipadukan dengan Launch Control, mobil Macan ini menghasilkan tenaga overboost yang tembus 265 kW (360 PS) serta torsi maksimum 563 Nm. Dari posisi diam, Macan ini sanggup mencapai kecepatan 100 km/jam dalam hitungan 5,7 detik dan pacuan kecepatan tertinggi 220 km/jam. 

Dengan tidak menerapkan model penggerak all-wheel drive, Porsche Macan ini lebih ringan 110 kilogram dibanding Macan 4. Mobil ini memerlukan lebih sedikit listrik untuk tenaga penggerak, sehingga menghasilkan jangkauan WLTP gabungan mencapai 641 km.

Penyegaran Tampilan Eksterior dan Off-Road Design Package 

Kini telah hadir warna eksterior baru, Slate Grey Neo, pada semua model Macan. Roda yang dipasang untuk Macan S memiliki ukuran 20 inci yang telah ditambahkan ke dalam portofolio roda. 

Off-road design package baru juga ditawarkan secara opsional di semua mode. Macan. Adanya desain tersebut makin meningkatkan kegunaan Macan untuk kebutuhan berkendara sehari-hari. Mobil ini mampu lebih handal melibas jalan tanah dengan medan kasar dan tanjakan serta turunan curam. 

Porsche menyediakan off-road design package dalam dua warna, yaitu Vesuvius Grey dan warna eksterior. Bagian eksterior bumper depan, panel diffuser, side skirts, dan roof railing dicat dengan warna yang sesuai. Ditawarkan juga velg edisi desain ini berukuran 21 inci dengan warna Vesuvius Grey. 

Bagi pelanggan yang memberi varian paket desain off-road pada warna eksterior mobil, bagian side blades juga dicat dengan warna sama. Selain itu, elemen roof railing bisa dipesan dengan warna Silver, Hitam, atau Turbonite (khusus Turbo).

Porsche Driver Experience dengan Desain dan Fitur Baru

Lewat all-electric pada mobil Macan, Porsche memperkenalkan tampilan dan sistem kontrol yang termutakhir ke dalam model SUV ini. Porsche Driver Experience menyajikan kombinasi antara elemen digital dan analog. 

Dalam driver experience baru yang ditawarkan meliputi kluster instrumen dengan layar lengkung 12,6 inci, layar penumpang 10,9 inci, layar head-up berteknologi augmented reality, serta pencahayaan sekitar dari lampu komunikasi. 

Porsche telah sepenuhnya mengupgrade desain layar di semua model Macan. Kini terdiri dari animasi dengan responsibility cepat, tampilan canggih dari pembaruan, dan aplikasi Themes baru yang bisa disetel untuk menyesuaikan warna latar belakang layar serta pencahayaan dengan opsi dua belas warna.

Tak hanya memajang mobil Macan terbaru, pada pameran GIIAS kali ini Porsche juga meluncurkan All-Electric Taycan dan generasi ketiga Panamera baru. Debut dua model terbaru ini menjadi babak baru bagi Porsche Indonesia dalam meramaikan segmen mobil premium di tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *