Mercedes-Benz Dedikasikan Program 1 Mobil 100 Terumbu Karang di GIIAS 2024

Mercedes-Benz for 1 Car for 100 Corals Program (3)

Jakarta, 23 Juli 2024 — Dalam acara GIIAS 2024, Mercedes-Benz meluncurkan program inovatif ‘1 Car for 100 Corals‘ bekerja sama dengan Reeformers, sebuah organisasi yang berfokus pada konservasi laut dan transplantasi terumbu karang. 

Melalui program ini, setiap pembelian mobil selama acara berlangsung akan berkontribusi pada adopsi 100 terumbu karang di Manado, Sulawesi Utara. 

Langkah ini menunjukkan komitmen Mercedes-Benz dalam upaya pelestarian lingkungan dan pengurangan polusi udara, mengingat pentingnya peran terumbu karang yang menghasilkan oksigen lebih banyak dibandingkan dengan hutan hujan tropis.

Roelof Lamberts, CEO PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia menjelaskan, “Melalui kampanye internasional Mercedes-Benz yang berfokus pada Land-Sea-Air, kami berkomitmen untuk mencapai bisnis otomotif yang berkelanjutan dalam sepuluh tahun mendatang. Kemitraan dengan Reeformers ini menunjukkan dedikasi kuat Mercedes-Benz dalam melestarikan lingkungan.”

Kerjasama dengan Reeformers, yang dimulai tahun lalu, telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam pemulihan terumbu karang di perairan Manado. 

“Kami telah berhasil menanam lebih dari 2.560 spesimen karang dengan tingkat kelangsungan hidup mencapai 95%,” ungkap Rafael Angaouw, pendiri Reeformers. 

“Keberhasilan ini tidak hanya terlihat dari pertumbuhan karang yang subur, tetapi juga dari dampak positif terhadap ekosistem laut yang kini menjadi rumah baru bagi beragam biota laut.”

Selain berdampak positif bagi industri otomotif, kolaborasi ini juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat setempat melalui penciptaan lapangan kerja dalam pemantauan dan perawatan ekosistem laut. 

Roelof menambahkan, “Ini adalah momen penting untuk keberlanjutan laut secara global. Kami berharap kerjasama ini menginspirasi industri lain untuk berkontribusi dalam konservasi laut.”

Sebagai bagian dari inisiatif ini, model Mercedes-Benz C 300 akan dihias dengan karya seni berjudul “Raksana” oleh Mira Hoeng, yang terinspirasi oleh keindahan terumbu karang. 

“Raksana,” yang berarti perlindungan, mengingatkan kita akan pentingnya terumbu karang sebagai pelindung dan penyembuh, dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestariannya.

Mercedes-Benz berharap program ini membawa dampak positif berkelanjutan dan mengundang lebih banyak pihak untuk berpartisipasi dalam melestarikan terumbu karang, agar generasi mendatang dapat menikmati lingkungan yang bersih dan sehat.

Agar lebih mengenal dekat, sekalian yuk kita kenalan dengan para penyelenggara program ini:

Lebih Dekat dengan Mercedes-Benz Indonesia, Produsen Otomotif Besar asal Jerman

Mercedes-Benz adalah produsen mobil terkemuka yang berkantor pusat di Stuttgart, Jerman. Perusahaan ini merupakan bagian dari Mercedes-Benz Group AG, yang dikenal sebagai salah satu pemimpin di industri otomotif global dengan memproduksi mobil dan van mewah.

Sejarah Mercedes-Benz di Indonesia dimulai sejak tahun 1894 dengan kedatangan kendaraan pertama, Benz Victoria Phaeton. Perusahaan ini resmi didirikan di Indonesia pada tahun 1970 dan kini terdiri dari dua entitas: PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia (IIDI) dan PT Inchcape Indomobil Manufacturing Indonesia (IIMI).

PT Inchcape Indomobil Manufacturing Indonesia (IIMI) melakukan perakitan kendaraan penumpang di pabrik seluas 42 hektar di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, yang mencakup model A-Class, C-Class, E-Class, S-Class, serta SUV GLA, GLC, GLE, dan GLS, termasuk Mercedes-AMG A 35 Sedan dan Mercedes-AMG GLA 35. Pada tahun 2009, pabrik ini dianugerahi sertifikasi Eco-Industry oleh TUV-Rheinland.

PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia bertanggung jawab atas impor dan distribusi kendaraan dan suku cadang Mercedes-Benz di Indonesia, dengan fokus pada inovasi ramah lingkungan, efisiensi, desain modern, kenyamanan, dan keselamatan.

Tentang Inchcape yang Membawa Mercy ke Indonesia

Inchcape adalah distributor otomotif global terkemuka yang beroperasi di lebih dari 40 negara. Dunia mobilitas yang terus berubah menciptakan peluang baru yang siap untuk diwujudkan.

Dengan mengkombinasikan keahlian kami dengan teknologi mutakhir dan analitik data, kami menciptakan pengalaman pelanggan yang inovatif dan memberikan hasil luar biasa bagi mitra kami. 

Inchcape bertujuan untuk mempercepat kinerja mitra bisnis mobilitas kami, membuka peluang melalui pengembangan sumber daya manusia dan teknologi.

Platform distribusi kami menghubungkan produk dari mitra mobilitas kami dengan pelanggan, meliputi perencanaan produk, impor, logistik, pemasaran, dan operasi penjualan digital serta pengelolaan layanan purna jual. 

Komitmen kami kepada mitra didasarkan pada standar tinggi dan kemitraan yang bertanggung jawab dalam setiap tindakan kami.

Tentang Reeformers, Organisasi yang Peduli Laut Indonesia

Reeformers adalah organisasi non-pemerintah yang berbasis di Manado, berfokus pada konservasi dan rehabilitasi ekosistem terumbu karang. 

Didirikan pada Desember 2021 oleh Rafael dan Ryan Angouw yang saat itu berusia 15 dan 11 tahun, organisasi ini mengadopsi pendekatan berkelanjutan untuk pemulihan terumbu karang.

Reeformers terlibat dalam kegiatan seperti transplantasi karang, pemantauan terumbu, dan edukasi lingkungan. 

Dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, universitas, LSM, dan komunitas lokal, Reeformers bertujuan untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi kesehatan karang dan keanekaragaman hayati laut.

Melalui inisiatif seperti pemantauan dan adopsi karang, Reeformers mendorong partisipasi komunitas lokal, memastikan partisipasi dan kesadaran masyarakat. 

Dengan mengembangkan metode inovatif dan berkelanjutan, Reeformers berupaya melindungi dan memulihkan terumbu karang, serta berkontribusi pada kesehatan ekosistem laut secara keseluruhan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi reeformers.org.

Baca Juga: Beragam Keuntungan Beli Mobil di Pameran Otomotif, Jangan Lewatkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *