Kejutan Toyota di GIIAS 2024, Bawa Mobil Listrik dengan Carbon Neutral Technology

Tangerang, 19 Juli 2024 – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menampilkan sederet kendaraan listriknya di ajang GIIAS 2024. Dalam pameran otomotif yang digelar di ICE BSD dari tanggal 18-28 Juli, Toyota memperkenalkan inovasi carbon neutral technology dan berkelanjutan dalam produknya. 

Pada gelaran GIIAS tahun ini, Toyota meluncurkan All New Prius HEV (Hybrid Electric Vehicle) dan All New Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) bersama concept car BEV (Battery Electric Vehicle) Toyota FT-3e. Toyota menghadirkan mobil baru tersebut sebagai komitmen Beyond Zero

“Selaras dengan target Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui Beyond Zero bertujuan untuk mempercepat pengurangan emisi dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, dengan Multi Pathway Strategy melalui berbagai jenis teknologi elektrifikasi dan penggunaan energi terbarukan dalam mendukung mobilitas berkelanjutan,” ucap Hiroyuki Euda selaku President Director PT. Toyota-Astra Motor TAM.

Sejak tahun 2009, PT TAM telah memasarkan lebih dari 27 model kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota dan Lexus. Baik mobil Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV telah diluncurkan oleh Toyota untuk menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia. 

Mobil-mobil elektrifikasi produksi Toyota mendapat sambutan bagi di pasar tanah air. Pada kuartal ke 2 tahun ini, Toyota masih merajai dalam penjualan kendaran elektrifikasi dengan perolehan sebanyak 15.017 unit secara Whole Sales. Di ajang GIIAS 2024, Toyota menambah line up Hybrid EV melalui All New Prius HEV.

Toyota Launching All New Prius HEV dan PHEV

Toyota menyuguhkan All New Prius Generasi ke-5 dengan tampilan progressive design sebagai representasi pengembangan teknologi elektrifikasi miliknya. Pemakaian platform TNGA-C generasi kedua pada mobil ini juga membuat center of gravity menjadi lebih rendah, sehingga meningkatkan handling dan kualitas berkendara. 

Mobil ini juga dibekali dengan Toyota Hybrid System yang memberikan akselerasi memuaskan serta responsif, serta mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar. Untuk versi yang dipasarkan di Indonesia, mobil ini mengusung mesin hybrid 2ZR-FXE serupa milik Corolla Cross HEV. 

“Kami sekali lagi memperluas opsi kendaraan elektrifikasi Toyota dengan me-launching All New Prius HEV, dan berencana menambah lebih banyak model elektrifikasi ke depannya sebagai opsi kendaraan ramah lingkungan. Termasuk berkomitmen untuk memperluas jajaran Plug-In Hybrid EV sebagai model yang mampu mengolaborasi keandalan Battery EV dan Hybrid EV yang menghasikan fleksibilitas tinggi saat bermobilitas,” ucap Henry Tanoto selaku Vice President Director PT. TAM.

Di samping itu, ada Toyota Prius PHEV yang hadir dengan keunggulan utama dari efisiensi BBM lebih tinggi. Berkat baterai dengan kapasitas lebih besar yang dapat memanfaat external charging, tingkat konsumsi bahan bakar pun bisa rendah. 

Diperkenalkannya model Plug-in Hybrid EV ini seiring dengan kian bertumbuhnya Toyota xEV Ecosystem dalam bentuk charging spot di 115 lokasi strategis. Dari total lokasi pengisian daya listrik tersebut, sebanyak 111 titik di antaranya berada di dealer resmi Toyota, 2 titik di mal besar Jakarta, serta 2 titik di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa. 

Tak hanya menambah fasilitas pendukung mobilitas untuk membuat pelanggan worry free, model PHEV diluncurkan secara khusus dengan berbagai keunggulan. Seri PHEV diusung bagi mereka yang ingin memulai gaya hidup ramah lingkungan. Salah satu fiturnya yakni pengisian ulang baterai via external charger sebagai solusi mobilitas di dalam kota.

Model PHEV juga punya kemampuan self charging guna mendukung mobilitas di area yang masih belum terjangkau charging spot. Mobil ini juga dirancang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang superior karena adanya hybrid engine dengan siklus Atkinson. Emisi mobil ini jauh lebih rendah ketimbang mobil konvensional. 

Kijang Innova Zenix HEV Flexy Fuel Concept dan Mirai PCHEV

Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) (sumber: toyota)

Toyota juga turut menampilkan Kijang Innova Zenix HEV Flexy Fuel Concept dan Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) berbahan bakar hidrogen murni. Kehadiran mobil ini bisa memperluas dukungan dalam langkah meningkatkan penggunaan energi terbarukan.

Kijang Innova Zenix HEV Flexy Fuel Concept menggabungkan teknologi Hybrid, sehingga memungkinkan penggunaan bahan bakar alternatif dan upaya emisi karbon. Mobil ini juga sempat menjadi produk andalan Toyota yang berhasil meraih gelar Car of The Year pada tahun 2023.

Dengan misi untuk terus memudahkan pengendaranya, semua model mesin pembakaran internal (ICE) terbaru Toyota telah dirancang untuk bisa memakai bahan bakar Bioetanol (E10). Jajaran mesin diesel Toyota juga telah mendukung pemakaian BBM Biodiesel. 

Sementara itu, Toyota Mirai juga hadir dengan teknologi baru carbon neutral technology Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Teknologi ini menggunakan hidrogen murni sebagai sumber energi penggerak motor listrik. Dengan emisi berupa air murni, dipastikan mobil ini menawarkan zero emission dan suara senyap khas mobil listrik. 

Merek ini turut mempersembahkan Toyota FT-3e sebagai electric vehicle (EV) berkelanjutan yang futuristik. Toyota FT-3e merupakan concept car yang merepresentasikan keseriusan pabrikan otomotif Jepang ini dalam pengembangan teknologi Battery EV. Visi ini sejalan dengan meningkatkan infrastruktur pengisian daya listrik BEV di tanah air.

Demikianlah informasi deretan mobil listrik yang dipamerkan Toyota dalam ajang GIIAS 2024. Dengan terus memproduksi kendaraan elektrifikasi berteknologi canggih, Toyota berkomitmen untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menjalankan Indonesia Energy Roadmap.

Baca Juga: Honda Tampil Istimewa di GIIAS 2024, Pamerkan Model Elektrifikasi Nan Futuristik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *