Mengenal Jenis Airbag Mobil dan Titik Pemasangannya

dipasaran dikenal 5 jenis airbag

Benturan hebat ketika kecelakaan mobil menjadi penyebab utama pengemudi atau penumpang bisa meninggal dunia. Untuk menghindari atau menimimalisir risiko tersebut, produsen mobil pun menyematkan SRS airbag mobil sebagai fitur keselamatan. Sebelum itu, kamu sebaiknya perlu mengenal jenis airbag mobil beserta titik pemasangannya meskipun di setiap mobil bisa berbeda-beda, berikut ini penjelasannya.

Ini Dia Beberapa Jenis Airbag Mobil

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika melihat-lihat mobil yakni pengaman airbagnya. Umumnya mobil dikenal memiliki 5 jenis airbag di antaranya:

Driver Airbags

Airbag jenis ini dipasang pada roda kemudi atau setir mobil untuk melindungi pengemudi dari benturan dari depan. Titik pemasangan airbag ini tepatnya di bagian tengah setir. Airbag ini dianggap sebagai perlengkapan yang harus ada di setiap mobil. 

Keberaan airbag ini sangatlah penting karena kemudi berisiko menyebabkan benturan kepala saat kecelakaan. Ketika ada hantaman atau guncangan yang menimpa mobil, pengemudi rentan terpental ke depan dan membentur setir. Adanya airbag ini berfungsi untuk menjaga kepala agar terhindar dari benturan.

Passenger Airbags

Airbag jenis ini dirancang untuk melindungi penumpang mobil, terutama yang duduk di kursi depan di sebelah pengemudi. Biasanya airbag ini dipasang di dalam dashboard mobil, meskipun pada beberapa jenis mobil memasang airbag ini di luar dashboard.

Hal paling penting pada letak airbag ini adalah tidak dipasang bersama dengan benda-benda yang mudah terpental, seperti ponsel atau kotak. Sebab apabila terjadi kecelakaan dan sensor deteksi aktif, airbag yang mengembang dapat melemparkan benda-benda tersebut dengan keras.

Side Airbags

Pemasangan airbag jenis side airbag terletak di sisi pengemudi. Side airbag ini melindungi tubuh pengemudi dari benturan samping. Airbags ini sangat berguna jika terjadi tabrakan dari arah samping.

Curtain Airbags

Selain side airbags, jenis airbag mobil lain yang bisa memberikan perlindungan saat terjadi benturan samping adalah curtain airbags. Airbag ini biasanya dipasang di pilar atau di dekat kaca jendela.

Curtain airbags memang dirancang untuk memberikan perlindungan bagi kepala seluruh penumpang dari benturan dan pecahan kaca. Curtain airbags ini umumnya terpasang di sepanjang jendela mobil, baik di sisi kiri maupun kanan, hingga ke area penumpang belakang.

Knee Airbags

Pada mobil-mobil premium, umumnya juga dilengkapi dengan Knee Airbags. Sesuai dengan namanya, airbag ini berfungsi melindungi lutut penumpang. Tak jarang bagian lutut juga rentan mengalami cedera ketika terjadi insiden kecelakaan di perjalanan. 

Itulah mengapa jenis airbag ini juga dipasangkan di mobil. Knee airbags biasanya ditempatkan di bawah dashboard, baik di sisi pengemudi maupun penumpang depan. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko patah tulang kaki jika airbag ini mengembang saat terjadi benturan hebat.

Itulah tadi beberapa jenis airbag mobil dan titik pemasangannya yang perlu dikenali oleh pengguna mobil. Fitur ini memang tidak memberikan perlindungan secara 100 persen, namun berperan besar meminimalisir luka atau cedera serius akibat benturan. Meski demikian, pengemudi tetap wajib berhati-hati saat berkendara. 

Tempat yang Biasa dipasang Airbag Mobil

Airbag paling umum diletakkan di dasbor atau bagian kemudi. Namun pada mobil dengan fitur keselamatan lengkap, airbag ditempatkan di berbagai titik. Mobil dengan fitur airbag lengkap memberikan perlindungan lebih baik karena bantalan udara di pasang di sejumlah titik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *