Tips Memilih Velg Mobil Bekas Biar Nggak Kegocek dan Nyesel

velg mobil bekas masih banyak yang berkualitas

Beli velg mobil bekas bisa menjadi opsi ketika ingin modifikasi atau sekadar mengganti velg yang sudah rusak. Para penggemar modifikasi biasanya ingin mengubah velg untuk mempercantik tampilan eksterior mobil. Mengingat harga velg baru terhitung mahal, berburu velg bekas pun jadi alternatifnya. 

Banyak pemilik mobil yang lebih memilih mencari velg bekas karena harganya lebih terjangkau. Membeli velg bekas bisa menjadi solusi ketika mendandani roda mobil, asalkan vleg yang dipinang masih dalam kondisi yang baik. 

Meski harganya lebih murah, sebaiknya tetap jangan asal-asalan dalam memilih velg bekas. Kamu tetap harus mempertimbangkan kelayakan dari velg yang akan dibeli. Ada beberapa tips membeli velg bekas berkualitas yang perlu dipahami oleh pemilik mobil. 

Tips Beli Velg Mobil Bekas yang Masih Baik

Saat membeli velg bekas, kamu harus teliti dan mengecek keseluruhan kondisinya. Pastinya kamu ingin mendapatkan velg bekas yang masih bagus atau layak digunakan. Velg yang masih bagus tidak hanya mempercantik tampang mobilmu, namun juga menjaga keamanan dalam berkendara. 

Berikut ini beberapa tips membeli velg mobil bekas yang bisa diterapkan agar tidak salah pilih:

Cek Kondisi Fisik Velg

Hal pertama yang perlu kamu cek ketika mau beli velg bekas adalah mengamati kondisi fisik velg. Jika sudah menemuka velg incaran, jangan lupa memeriksa bagian luar dengan teliti.  Benar-benar cek terutama pada area yang rentan mengalami kerusakan.

Jika ditemukan kerusakan, periksa kembali apakah jenis kerusakan tersebut masih wajar atau bisa diperbaiki. Jika kerusakannya terlalu parah, lebih baik urungkan niat untuk membelinya. Jangan memaksa beli velg buruk hanya karena dana terbatas. Tetap utamakan mencari vleg yang masih bagus atau layak. 

Hindari Velg Mobil Bekas yang Sudah Retak

Saat membeli velg bekas, usahakan memilih yang tidak ada keretakan. Biasanya kondisi retak velg terdapat pada bagian dalam center bore, permukaan luar atau barrel, serta lubang-lubang baut. Apabila velg yang kamu cek sudah ada keretakan, lebih baik tidak membelinya.

Jika terdapat keretakan halus, sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan cara las. Metode ini sering digunakan oleh pedagang untuk menjual velg bekas meskipun retak. Namun perlu diingat bahwa cara ini hanya bersifat sementara dan velg bisa kembali retak jika terkena benturan.

Amati Bibir Velg

Langkah lain yang penting kamu lakukan adalah memeriksa dengan cermat bibir setiap velg. Jika pemilik sebelumnya sering melewati jalan yang rusak dan berlubang, kemungkinan velg bisa penyok dan rusak. Pastikan tidak membeli velg yang sudah rusak atau penyok. Meskipun masih bisa diperbaiki, biaya perbaikan cukup menguras kantong.

Lihat Logo Velg

Logo embos pada velg adalah salah satu indikator untuk mengetahui apakah velg masih dalam kondisi baik meskipun bekas. Waspadalah jika logo embos tersebut rusak atau tidak tampak jelas. Kemungkinan besar, logo embos yang rusak menandakan bahwa velg tersebut pernah diperbaiki oleh pemilik sebelumnya atau oleh pedagang velg bekas.

Pertimbangkan Riwayat Pemakaian Velg

Membeli velg dari seseorang yang kamu kenal lebih aman dibandingkan dari orang asing. Ketika kamu kenal dengan pemiliknya, maka kamu bisa mengetahui riwayat penggunaannya secara langsung. Kamu bisa melihat bagaimana pemilik sebelumnya merawat dan menggunakan velg tersebut.

Jika pemilik sebelumnya sangat memperhatikan dan merawat velg dengan baik, umumnya kondisi velg masih bagus. Namun pengguna sebelumnya mengabaikan kondisi velg maka kamu perlu lebih hati-hati dan teliti saat memeriksanya.

Itulah tadi beberapa tips membeli velg bekas yang perlu diingat oleh pemilik mobil. Membeli velg bekas menjadi solusi bagi kamu yang ingin mengganti velg namun dana terbatas. Namun pastikan untuk memilih velg bekas yang kondisinya masih bagus atau layak digunakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *