Sekilas Mirip, Ini 5 Perbedaan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 5 N

mobil listrik hyundai antara Ioniq 5 dan Ioniq 5 N

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 N dan Ioniq 5 biasa sekilas memang seperti mobil kembar. Kalau dilihat dari kejauhan, mungkin akan sulit membedakan kedua mobil ini. Nyatanya, kedua mobil buatan produsen otomotif Korea Selatan ini punya perbedaan yang signifikan. 

Mobil Hyundai Ioniq 5 N hadir sebagai produk mobil listrik perdana dari brand N. Kendaraan listrik (EV) ini mempunyai performa yang garang, sehingga memberikan sensasi berbeda bagi penggunanya. Dari segi tampilan, mobil ini memang terlihat sangat mirip dengan Ioniq 5 biasa yang juga memakai tenaga listrik. 

Hyundai Ioniq 5 biasa diperkenalkan di Indonesia lebih dulu pada tahun 2022. Sementara Hyundai Ioniq 5 N rencananya akan dibawa ke Indonesia pada bulan Juli tahun ini. Banyak pecinta otomotif yang bertanya-tanya, apa perbedaan kedua mobil ini?

Perbedaan Hyundai Ioniq 5 N dan Ioniq 5 Biasa

Meski sepintas bak pinang dibelah dua karena punya wajah yang terlihat sama, Hyundai Ioniq 5 N dan Ioniq 5 biasa memiliki perbedaan yang signifikan. Jika disandingkan, perbedaan kedua mobil ini bisa diketahui dari segi dimensi, performa, dan fitur-fitur di dalamnya. 

Desain Eksterior

Mobil Hyundai Ioniq 5 N dirancang dengan dimensi lebih rendah dan lebih lebar. Overall, mobil ini berukuran 20 milimeter lebih rendah dibandingkan Ioniq 5 biasa dan 50 milimeter lebih lebar di bagian bawah untuk tempat ban yang lebih lebar. Mobil ini juga hadir dengan 80 milimeter lebih panjang lantaran hadirnya diffuser menonjol. 

Pada sisi depan eksteriornya, Hyundai Ioniq 5 N didesain dengan kombinasi bumper N-exclusive dengan mesh fungsional, Air curtains, dan Active Air Flaps depan yang memberikan aerodinamika lebih baik. Sementara di bagian buritan, mobil ini dilengkapi dengan spoiler belakang, diffuser, dan outlet udara yang menambah kesan sporty dibandingkan Ioniq 5 biasa. 

Desain Interior

Menengok ke dalam kabin, bagian interior kedua mobil ini juga memiliki perbedaan yang mencolok. Hyundai menyematkan logo huruf N di bagian tengah setir pada Ioniq 5 N, sedangkan pada Ioniq 5 biasa hanya berupa titik-titik tanpa logo apapun. 

Selain itu, pada setir Hyundai Ioniq 5 N juga terdapat tombol merah N Grin Boost (NGB) yang dapat memberikan tambahan tenaga selama 10 detik.  Saat tombol tersebut ditekan, mobil mampu menghasilkan tambahan tenaga 41 PS menjadi total 650 PS selama 10 detik. Fitur seperti menggunakan NOS (Nitrous Oxyde System) ini tidak dimiliki oleh Ioniq 5 biasa.

Dari segi tempat duduk, Hyundai Ioniq 5 N dibekali dengan bucket seat yang memiliki posisi duduk lebih rendah. Jok mobil ini hadir dalam dua desain bermotif piksel Kain dan kulit murni serta Poly Alcantara daur ulang dan kulit murni. Sementara jok Ioniq 5 menggunakan material minyak alami biji rami.

Performa

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 N menawarkan performa buas dari dua motor listrik di as depan dan as belakang. Sistem motor listrik tersebut dapat beroperasi hingga 21.000 rpm dan memungkinkan mobil ini mengeluarkan output maksimal 609 PS dan torsi 740 Nm. 

Ditambah lagi, saat tombol N Grin Boost (NGB) ditekan maka mendapat peningkatan 41 PS menjadi 650 PS dengan torsi maksimal 770 Nm selama 10 detik. Fitur ini memberikan pengalaman mengemudi yang lebih menantang. Mobil Ioniq 5 N sanggup mencapai kecepatan maksimal hingga 260 km/jam dan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,5 detik atau 3,4 detik dengan NGB aktif. 

Baterai

Lantaran dua mobil ini menggunakan tenaga listrik, kurang lengkap jika tak membandingkan komponen baterainya. Hyundai Ioniq 5 N dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar yakni lithion-ion 84 kWh. Dengan membawa baterai tersebut, mobil ini mampu menempuh jarak sejauh 448 km. 

Sementara mobil Hyundai Ioniq 5 biasa menggendong baterai dengan kapasitas paling besar 72,6 kWh. Meski dari segi kapasitas lebih kecil dibandingkan punya Ioniq 5 N, namun baterai mobil ini dapat memberikan daya jelajah hingga mencapai 481 km. 

N Active Sound

Perbedaan paling kentara selanjutnya dari kedua mobil ini adalah dari segi fitur N Active Sound. Fitur ini tidak terdapat pada mobil Ioniq 5 biasa yang bersuara senyap tanpa suara. Hyundai merekayasa suara mobil di Ioniq 5 N dengan speaker khusus yang menghasilkan suara seperti raungan mesin dan knalpot pada mobil tenaga besar bermesin bakar. 

Dengan fitur N Active Sound dan N e-Shift, Ioniq 5 N dapat mengeluarkan suara gahar seperti sport car. Pada fitur ini, ada tiga opsi suara yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan berkendara. Selain itu, mobil ini juga mendapat tambahan shifter yang bisa dimainkan pengemudi untuk menaikkan dan menurunkan posisi gigi. 

Itulah tadi perbedaan mobil Hyundai Ioniq 5 N dan Hyundai Ioniq 5 biasa. Gimana, sekarang sudah tahu secara jelas kan apa saja yang berbeda dari kedua mobil ini? Overall memag Hyundai Ioniq 5 N menawarkan spesifikasi lebih handal dibandingkan Ioniq 5 biasa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *