Cara Lepas Stiker di Bodi Mobil Tanpa Bekas Noda Lem

lepas stiker mobil

Sebagai pemilik mobil, pernah nggak sih, kamu masang stiker di bodi mobil? Ya, memasang stiker di bodi mobil bisa bikin tampilan eksterior mobil kita jadi beda. Memasang stiker dianggap lebih mudah daripada harus melakukan airbrush. Tapi, sewaktu-waktu kita bisa saja bosan dengan hasil wrapping, lantas bagaimana ya cara lepas stiker mobil dengan rapih?

Kali ini kita bahas cara aman mengelupas stiker di bodi mobil dengan rapih alias tanpa meninggalkan bekas lem menempel. Sebelumnya cari tahu fakta seputar stiker mobil terlebih dahulu, yuk.

Apa Stiker Bisa Merusak Cat Mobil? 

Pertanyaan ini banyak menghantui para pemilik mobil yang pingin memasang stiker di mobilnya. Memasang stiker pada mobil bahkan dianggap bisa memberikan perlindungan ekstra pada cat mobil. 

Hal ini akan sangat tampak pada bagian mobil yang nggak ada stikernya. Di mana pada bagian tersebut, catnya akan terlihat lebih pudar dibanding bagian yang ada stikernya. 

Umumnya, kerusakan cat mobil karena stiker diakibatkan teknik pemasangan yang ngak tepat. 

Penggunaan bahan kimia saat memasang stiker itu sangat berisiko ngerusak cat mobil. 

Dan nggak hanya memasang, proses melepas stiker juga bisa merusak cat mobil jika nggak dilakukan secara benar. 

Risiko kerusakan cat akan meningkat jika sebuah stiker sudah terpasang terlalu lama di bodi mobil. Lem pada stiker akan mengeras dan menempel kuat pada lapisan cat mobil. Kalau kualitas cat mobil nggak bagus, cat akan ikut menempel pada stiker yang dilepas. 

Apalagi jika saat melepas stiker menggunakan bahan kimia dan benda tajam, yang berpotensi menggores cat mobil. 

Berapa lama stiker boleh terpasang di mobil?

Gini, ngomongin usia pemasangan stiker ini  sangat tergantung sama jenis dan kualitas stiker yang terpasang di mobil. Umumnya, stiker bisa digunakan antara satu hingga tiga tahun. 

Makin cepat stiker mobil diganti, kemungkinan kerusakan cat akan lebih kecil, dengan catatan, kamu mencopotnya dengan benar. 

Cara Melepas Stiker Mobil

Sebetulnya, melepas stiker mobil bisa dilakukan sendiri di rumah, dengan peralatan sederhana. Untuk melepasnya dengan sempurnya, kamu bisa menggunakan produk khusus yang memang digunakan untuk melepas stiker. 

Berikut adalah cara melepas stiker mobil yang tepat:

1. Bersihkan stiker 

Langkah pertama, bersihkan stiker dan area di sekitarnya. Ini penting banget buat negilangin debu dan partikel lain yang bisa ngerusak cat saat melepas stiker. 

2. Panaskan stiker 

Untuk memanaskan stiker, kamu bisa pakai hairdyer. Caranya, arahkan panas ke stiker secara menyeluruh. Tujuannya but melepaskan lem yang sudah kadung nempel di cat mobil. 

3. Lepas stiker

Setelah stiker selesai dipanasin, selanjutnya adalah melepas stiker secara perlahan, mulai dari ujung. Jika masih sulit lepas, panasi stiker tersebut sekali lagi. Jangan gunakan benda tajam saat melepas stiker, karena  bisa ngegores cat mobil. 

4. Bersihkan sisa lem

Kadang, setelah ngelepas stiker mobil, ada aja sisa lem yang masih nempel. Untuk membersihkannya, gunakan cairan khusus. Gosok secara perlahan supaya nggak mengikis lapisan cat mobil. 

Itulah tadi cara melepas stiker pada mobil. Memasang stiker bisa bikin tampilan mobil jadi ganteng dan nggak membosankan. Namun bisa repot pas ingin melepasnya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya Sob. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *