Mengenal ALLGRIP, Fitur 4×4 Andalan Suzuki Jimny

Allgrip Suzuki Jimny menjadi salah satu fitur andalan yang terhubung dengan sistem gerak rodanya. Ada 3 varian allgrip yang ditawarkan, apa saja ya? (sumber: suzuki indonesia)

Salah satu fitur yang disematkan Suzuki ke series Jimny adalah ALLGRIP Pro. Fitur ini diklaim efektif meningkatkan kemampuan off-road pada mobil. Tak hanya di Jimny, fitur ini sejatinya juda tersedia di model mobil lansiran Suzuki lainnya. 

Apa Itu ALLGRIP Suzuki?

ALLGRIP Suzuki Jimny adalah penamaan untuk sistem gerak semua roda terbaru mereka. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013. Terdapat 3 varian ALLGRIP dengan kemampuan yang berbeda-beda. Apa saja? 

ALLGRIP Auto

Pertama dan yang paling sederhana adalah ALLGRIP Auto. ALLGRIP Auto mengandalkan kopling viscous yang terhubung dengan diferensial belakang. 

Cara kerja ALLGRIP Auto adalah saat sistem mendeteksi terjadinya spin di roda depan, maka torsi mesin akan ditransfer ke roda belakang untuk menjaga traksi. 

ALLGRIP Auto hadir di mobil keluaran Suzuki yang menggunakan sistem penggerak roda depan, seperti Swift dan Ignis. 

Hanya saja, Suzuki tidak menghadirkan ALLGRIP Auto untuk Ignis yang dipasarkan di Indonesia. 

ALLGRIP Select 

Kemudian ada ALLGRIP Select. Berbeda dengan ALLGRIP Auto yang memakai kopling viscous, sistem penggerak pada ALLGRIP Select memakai sistem elektronik untuk mengontrol gerak semua rodanya. 

Salah satu contoh mobil yang mendapatkan fitur ini adalah Grand Vitara untuk pasar Afrika Selatan. Ia juga punya pilihan mode Auto, Sport, Snow, dan Lock. 

Tetap dengan sistem penggerak roda depan, ALLGRIP Select sangat andal untuk mengoptimalkan grip saat melaju dalam kecepatan tinggi di jalan raya. 

ALLGRIP Pro

Terakhir ada ALLGRIP Pro. Fitur ini tersedia di semua versi Suzuki Jimny, baik varian 3 pintu atau 5 pintu. ALLGRIP Pro diperuntukkan untuk kebutuhan off-road di medan yang lebih menantang. 

Kok bisa? Ya, ALLGRIP Pro puna 2 rasio transmisi, yang salah satunya adalah rasio rendah (4L), untuk menangani rintangan ekstrem. 

Pada kondisi normal, ALLGRIP Pro menggerakkan Jimny dengan sistem penggerak roda belakang alias RWD. Namun saat kondisi makin menantang, pengemudi punya pilihan untuk menggunakan 4H dan 4L. 

ALLGRIP Pro 4L adalah mode yang diaktifkan untuk situasi super menantang. Seperti tanjakan atau turunan curam dengan permukaan licin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *