Mobil China ‘BAIC’ Masuk Indonesia, Start dengan 2 SUV

Merek mobil BAIC masuk ke Indonesia (Dok. Antara)

Produsen otomotif Beijing Automotive Group (BAIC) resmi menginjakkan kaki di Indonesia. Masuknya merek asal China ini dipastikan makin memeriahkan pasar mobil di tanah air. Sebagai salam pembuka, BAIC berencana luncurkan dua mobil model SUV. 

Kerjasama antara Perusahaan BAIC dengan distributor lokal PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) mengantarkan kedatangan merek ini. Penandatanganan kedua pihak dilakukan di Tangerang Selatan pada Kamis (28/3) lalu, dihadiri Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. 

Fyi, Beijing Automotive Group Co., Ltd merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah naungan pemerintah China. Pabrikan otomotif ini berdiri sejak tahun 1958 dan membangun kantor pusat di Beijing. Sementara JDI merupakan anak perusahaan baru dari PT JHL Group. Group ini membawahi DAS Indonesia, perusahaan distributor Jeep di Indonesia. 

“Kami sangat bangga dan senang bahwasanya melalui PT. JDI telah mendapatkan kepercayaan dari pihak principal Beijing Automotive Group Co., Ltd. untuk memasarkan merk BAIC di Indonesia,” ucap Dhani Yahya, Chief Operating Officer PT. JDI, melalui keterangan resminya.

Hadirnya BAIC menambah jajaran merek-merek mobil China yang dijual di tanah air. Seperti yang diketahui, produsen otomotif asal Negeri Panda tengah berlomba-lomba menggaet konsumen di Indonesia. 

BAIC Mengawali Penjualan dengan Dua Mobil SUV

BAIC akan memulai penjualan di pasar Indonesia dengan menghadirkan dua mobil SUV. Kedua produk yang akan dipertemukan dengan konsumen tanah air, yaitu mobil BJ-40 PLUS dan mobil X55-II.

Pemasaran dua mobil BAIC tersebut bakal menggoda konsumen yang mencari SUV untuk tumpangan keluarga. Selain itu, kedua produk tersebut dipastikan juga akan dilirik oleh penggemar mobil jenis sport yang memiliki performa mumpuni. 

Buat menjawab rasa penasaran bagi yang menantikan kedua mobil ini, berikut spil-spill dikit spesifikasi BAIC BJ-40 PLUS dan X55-II:

Spesifikasi Mobil BAIC BJ-40 PLUS

Mobil BJ-40 PLUS tampil dengan desain macho seperti mobil-mobil model sport pada umumnya. Sebagai pembuktian SUV gahar, mobil ini sudah beberapa kali mengikuti kejuaraan reli Paris Dakkar. 

Khusus untuk pasar Indonesia, BAIC hanya membawa mobil BJ-40 PLUS satu varian. Mobil SUV 4X4 ini ditenagai mesin bensin 4-silinder, 16 katup, dan 2.000 cc DOHC. Sebagai penggenjot dapur pacunya, mobil ini juga dibekali Turbocharger plus trasmisi otomatis 8-percepatan. 

Mobil dari BAIC ini memberikan performa tangguh dengan tenaga maksimum 221 hp dan torsi maksimal 380 Nm. BJ-40 PLUS juga dilengkapi teknologi sistem gerak Electronic Transfer Case dengan Rear Differential Lock untuk melibas berbagai medan berat. 

Spesifikasi Mobil BAIC X55-II

Mobil X55-II disuguhkan dengan performa sedikit di bawah BJ-40 PLUS, namun tetap menawarkan spesifikasi yang kapabel. Mobil SUV medium ini mengusung penggerak roda depan Front Wheel Drive (FWD) untuk menambah kekuatan tarikannya. 

Jika menengok dapur pacunya, BAIC X55-II menggendong mesin 4-silinder, 16 katup, 1.500 cc DOHC Turbocharger. Mobil ini mampu mengeluarkan tenaga mencapai 175 hp dan torsi 300 Nm yang disalurkan transmisi otomatis DCT 7-percepatan. 

BAIC Jajaki Perakitan Lokal di Indonesia

Tak sekadar menebar produknya di pasaran, BAIC juga berencana melakukan perakitan di Indonesia. JDI menyebut pihaknya akan menjalin komitmen jangka panjang bersama BAIC. 

JDI mengungkapkan bahwa sudah ada penjajakan perakitan lokal secara CKD. Rencana perakitan tersebut disiapkan untuk salah satu dari dua model mobil yang diperkenalkan awal. 

“Selain itu kami juga berkomitmen untuk menjadi bagian dari Industri Otomotif di Indonesia dengan bergabung sebagai anggota Gaikindo sesegera mungkin, tidak ketinggalan bahwa sesegera mungkin kami akan menghadirkan kendaraan berbasis baterai atau eV di pasar Indonesia,” ujar Dhani Yahya.

Itulah tadi kabar produsen otomotif China ‘BAIC’ yang resmi masuk ke Indonesia. Kedatangan BAIC juga makin memperkokoh dominasi penjualan mobil-mobil asal China di pasar tanah air. Nantikan kedua mobil SUV dari BAIC, JP-40 PLUS dan X55-II, dirilis negara kita. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *