Daftar Mobil Pemenang ‘World Car Awards 2024’ Tiap Kategori

Mobil terbaik dunia 2024 berdasarkan hasil World Car Awards 2024 (Dok. worldcarawards.com)

Penghargaan bergengsi World Car Awards 2024 telah mengumumkan daftar pemenang mobil terbaik tahun ini. Digelar di New York International Auto Show, ajang penghargaan tersebut menyebutkan mobil-mobil yang menjadi juara di masing-masing kategori. 

Terdapat enam kategori yang diperlombakan dalam ajang World Car Awards, yaitu World Car of The Year, World Performance Car, World Luxury Car, World Electric Vehicle, World Car Design of the Year, dan World Urban Car.

Sejumlah merek mobil ternama sukses menjadi pemenang di masing-masing kategori. Penilaian pada kompetisi ini dilakukan oleh lebih dari 100 juri jurnalis otomotif internasional terkemuka asal 29 negara. 

Ajang penganugerahan mobil terbaik ini digelar setiap tahun dan melalui rangkaian yang panjang. Sebelum dipilih sebagai pemenang, kandidat mobil terbaik harus bersaing dengan produk-produk unggulan lainnya. Puncaknya, diadu beberapa mobil yang lolos sebagai finalis. 

Pengumuman World Car Awards tahun ini telah dinantikan oleh para penggemar otomotif di seluruh dunia. Lantas apa saja mobil yang berhasil memikat hati para juri dan dinobatkan sebagai mobil terbaik tahun 2024?

Daftar Mobil Terbaik Dunia Tahun 2024

Ajang World Car Awards berjalan secara ketat. Sejumlah kandidat mobil terbaik di tiap kategori saling menyuguhkan keunggulannya masing-masing. Berikut ini daftar pemenang mobil terbaik di dunia tahun ini:

World Car of The Year 2024

  • Pemenang: KIA EV9
  • Finalis: BYD Seal / Atto 4, Volvo EX30

World Luxury Car

  • Pemenang: BMW Seri 5/i5
  • Finalis: Mercedes-Benz E-Class, Mercedes Benz EQE SUV

World Performance Car

  • Pemenang: Hyundai Ioniq 5 N
  • Finalis: BMW XM, BMW M2

World Electric Vehicle

  • Pemenang: Kia EV9
  • Finalis: BMW i5, Volvo EX30

World Urban Car

  • Pemenang: Volvo EX30
  • Finalis: BYD Dolphin, Lexus LBX

World Car Design of The Year

  • Pemenang: Toyota Prius
  • Finalis: Ferrari Purosangue, Ford Bronco

Penilaian Mobil Terbaik Dunia ‘World Car Awards 2024’

Sebelum diputuskan mobil pemenang dalam World Car Awards 2024, juri harus menilai puluhan mobil yang masuk nominasi. Daftar awalnya ada sebanyak 70 kendaraan yang memenuhi syarat di semua kategori. 

Para juri kemudian menjaring daftar pendek di tiap kategori. Dalam tahap final, tampil 10 kandidat kategori Mobil Terbaik Dunia 2024 dan lima finalis untuk kategori lainnya kecuali desain. Juri kemudian menentukan tiga besar, sebelum akhirnya memutuskan siapa yang menjadi juaranya. 

Lantas kriteria apa yang menjadi penilaian juri World Car Awards 2024? Penilaian mobil terbaik diambil berdasarkan evaluasi juri terhadap setiap kendaraan yang memenuhi kualifikasi. Pada proses final, juri menilai mobil dengan parameter terpisah berdasarkan pengalaman test drive yang mereka lakukan sendiri. 

KIA Langganan Juara Mobil Terbaik Dunia

Lagi-lagi merek KIA kembali menyabet status juara dalam ajang penghargaan mobil terbaik dunia. Produsen otomotif asal Korea Selatan ini telah beberapa kali memenangkan kompetisi dunia otomotif. 

Dalam World Car Awards tahun ini, giliran KIA EV9 yang terpilih sebagai World Car of The Year 2024. Penghargaan kali ini menjadi kemenangan keempat KIA sepanjang 20 tahun sejarah World Car Awards. 

Menarik untuk melihat kilas balik catatan kemenangan KIA dalam penghargaan mobil terbaik dunia. Pada tahun 2009, model KIA EV6 GT dinobatkan sebagai World Performance Car. Di tahun 2020, KIA berhasil membawa pulang dua penghargaan: KIA Telluride sebagai World Car of the Year 2020 dan KIA Soul EV menyandang World Urban Car. 

Rentetan penghargaan yang berhasil dikoleksi oleh KIA menunjukkan pabrikan otomotif ini sangat serius dalam pembuatan produk-produknya. Mobil-mobil rakitan KIA dipasarkan di berbagai belahan dunia dan mampu menggoda konsumen. 

Itulah tadi daftar pemenang penghargaan mobil terbaik dunia tahun 2024. Para pemenang di tiap kategori World Car Awards 2024 memang merupakan mobil-mobil unggulan di kelasnya. Apakah di antaranya mobil-mobil tersebut ada yang menjadi kendaraan idamanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *