7 Tips Cegah Kantuk saat Mengemudi Jarak Jauh

Rasa kantuk jadi ancaman berat bagi pengemudi. Apalagi ketika kamu lagi menempuh perjalanan jauh seperti traveling ke luar kota atau mudik ke kampung halaman. Nyetir berjam-jam lamanya tak hanya bikin badan lelah, namun juga rawan diserang kantuk. 

Sebagai pengemudi, apalagi single driver tanpa pengganti, kamu harus sanggup mengatasi rasa kantuk. Ngantuk saat nyetir sangat membahayakan karena berisiko menyebabkan kecelakaan. Jika kesadaran lepas sebentar saja, mobil bisa oleng atau hilang arah.

Sudah banyak kasus kecelakaan yang dipicu karena microsleep atau mengemudi sambil mengantuk. Oleh karena itu, pengemudi harus tetap menjaga kesadaran dan fokus demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Ada beberapa tips mencegah kantuk bagi pengemudi saat berkendara jauh. 

Tips Mencegah Rasa Kantuk saat Mengemudi

Munculnya rasa kantuk di tengah mengemudi jangan dianggap sepele sebab kasus kecelakaan fatal salah satu faktornya karena kantuk. Demi keselamatan berkendara, berikut ini tips mencegah ngantuk saat nyetir mobil yang perlu kamu terapkan:

1. Cukupi Waktu Istirahat sebelum Mengemudi

Saat akan menempuh perjalan jauh, pastikan mengistirahatkan tubuh terlebih dahulu. Tidurlah secukupnya supaya nanti waktu menyetir tidak gampang ngantuk sekaligus badan jadi lebih segar untuk mengemudi. 

Jangan memaksakan diri nyetir jauh jika badan sedang lelah dan kurang tidur. Kondisi kurang tidur akan membuatmu mudah ngantuk ketika di perjalanan. Oleh karena itu, manfaatkan waktu beberapa jam untuk tidur sebelum berkendara. 

2. Ajak Ngobrol Penumpang Lain

Cara lain yang efektif mencegah ngantuk saat mengemudi adalah dengan aktif mengobrol atau berbicara. Dalam perjalanan, kamu bisa mengajak penumpang lain untuk berbincang-bincang. 

Setiap melakukan perjalanan jauh, mintalah kepada penumpang lain untuk menemanimu selama berkendara. Khususnya seseorang yang duduk di jok depan bersebelahan denganmu.

Aktivitas mengobrol sangat membantu mengalihkan rasa kantuk. Kamu bisa membicarakan berbagai hal supaya suasana nggak sepi dan perjalanan jadi seru.

3. Lakukan Peregangan Ringan

Tips usir rasa kantuk lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan peregangan ringan. Ketika kamu sudah mulai mengantuk atau menguap, coba gerak dikit dengan mengganti posisi duduk. Namun pastikan kamu tetap fokus mengendalikan kemudi.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan peregangan ketika sedang berhenti di lampu merah. Nggak perlu gerakan-gerakan sulit, cukup gerakan kepala, tangan, atau kakimu. Jika memang butuh waktu khusus buat peregangan, sebaiknya berhenti sebentar.

4. Hindari Mengonsumsi Obat dan Alhohol

Jangan mengonsumsi obat-obatan saat akan nyetir mobil. Mau itu obat-obatan berat atau hanya obat ringan, tetap sebaiknya hindari. Konsumsi obat bisa mempengaruhi konsentrasi karena efek samping yang ditimbulkan. 

Memang efek samping dari obat-obatan tidak akan dirasakan secara langsung. Namun selang beberapa saat, efek sampingnya bisa membuat pengemudi jadi ngantuk. Selain itu, hindari juga minum alkohol sebelum maupun saat mengemudi. Zat yang terkandung dalam alkohol akan membuatmu kurang fokus hingga hilang kesadaran.

5. Nyalakan Musik sebagai Hiburan

Cara ampuh lainnya untuk mencegah ngantuk di perjalanan adalah dengan nyalain musik. Kamu bisa menyetel lagu-lagu favoritmu atau memutar radio. Selain biar suasana nggak sepi, adanya musik juga bisa menghilangkan rasa kantuk. 

Supaya lebih seru, kamu bisa mengemudi sembari bernyanyi. Kamu juga bisa mengajak penumpang lain bernyanyi bersama. Dengan bernyanyi, kamu merangsang otak untuk tetap aktif selama di perjalanan. 

6. Konsumsi Minuman Berkafein

Ngopi sebelum nyetir sudah jadi kebiasaan banyak orang. Mengonsumsi minuman berkafein memang dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Kandungan kafein bisa menjaga kesadaran dan mata jadi betah melek saat mengemudi. 

7. Menepi Sejenak untuk Power Nap

Jika memang rasa kantuk sudah tak tertahankan, sebaiknya menepikan mobil sejenak. Daripada berisiko karena mengemudi sambil ngantuk berat, lebih baik mengambil waktu istirahat. Kamu bisa melakukan power nap dengan tidur selama 15-20 menit. 

Power nap sangat membantu mengistirahatkan pikiran dan memulihkan kesadaran ketika bangun lagi. Kamu bisa terlelap bentar di jok mobil dengan mengatur posisi nyaman. Selain itu, kamu juga bisa berhenti di rest area untuk tidur beberapa menit.

Itulah beberapa tips mencegah ngantuk saat mengemudi jarak jauh. Selalu ingat untuk memprioritaskan keselamatan di perjalanan. Jika merasa ngantuk berat, sering nguap, kesadaran mulai kabur, kamu harus beristirahat sebentar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *