Kapan Waktu Tepat Ganti Oli Motor? Ini Risiko Bila Jarang Ganti

jarang ganti oli motor bikin aus mesin

Salah satu cara merawat sepeda motor adalah dengan rutin ganti oli motor. Oli berperan penting sebagai pelumas, pendingin, dan pembersih mesin karenanya harus diganti berkala dan secara rutin.

Hanya saja masih ada pengguna sepeda motor yang bingung dengan waktu yang tepat untuk ganti oli. Apakah harus diganti rutin setiap bulan atau tergantung jarak yang sudah ditempuh dalam satu periode. Berikut ulasannya untukmu. 

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Oli Sepeda Motor? 

Pabrikan motor umumnya menyarankan pengguna untuk ganti oli setiap 2.000-3.000 km atau 2-3 bulan sekali. Tergantung mana yang lebih dulu dicapai. 

Namun, pemakaian lebih sering, apalagi di jalanan kota besar yang karaternya stop and go, paling nggak sebulan sekali harus ganti oli. Waduh! 

Jangan suka menunda-nunda hingga oli berwarna hitam pekat. Rentang waktu ini sangat direkomendasikan agar mesin tetap sehat dan awet, sehingga kendaraan tetap nyaman digunakan. 

Khusus matic, selain oli mesin, juga harus rutin untuk ganti oli gardan. 

Risiko Jarang Ganti Oli Motor

Sekalipun jarang dipakai, oli mesin harus rutin diganti. Berikut adalah risiko yang terjadi kalau jarang ganti oli mesin: 

1. Oli Cepat Menghitam

Warna hitam pada oli disebabkan oleh kerak sisa pembakaran yang bercampur oli. Cairan ini sangat encer sehingga nggak layak lagi digunakan. 

2. Bikin Komponen Mesin Cepat Rusak

Ganti oli secara berkala bikin umur mesin tetap terjaga. Komponen lainnya juga akan lebih awet. 

Kekentalan oli yang menurun bisa membuat pelumasan jadi nggak optimal karena terjadi gesekan antar komponen. Kalau sudah begini, mesin jadi cepat rusak. 

3. Motor Cepat Panas

Salah satu fungsi oli adalah sebagai pendingin mesin. Jika oli jarang diganti, maka fungsi ini akan berkurang, sehingga muncul panas berlebih di mesin. 

4. Motor Menjadi Boros BBM

Volume oli akan berkurang seiring dengan pemakaian sepeda motor. Selain itu, gesekan antar komponen juga makin keras. Kerja mesin jadi lebih berat. Akibatnya motor perlu lebih banyak BBM untuk pembakaran. 

5. Motor Tak Nyaman

Motor yang jarang diganti oli akan sangat terasa getarannya. Bisa juga muncul suara mesin yang keras, yang bahkan nggak nyaman untuk didengar. Motor jadi nggak nyaman digunakan. 

Itulah sedikit info perihal waktu yang tepat untuk ganti oli sekaligus risiko yang mengintai motor bila tidak dirawat dengan baik. Agar motormu tetap awet, jangan sampai telat ganti oli, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *