Intip Spesifikasi Mobil Dinas Capres Cawapres RI, Prabowo-Gibran

Intip Spesifikasi Mobil Dinas Capres Cawapres RI, Prabowo-Gibran

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah hampir pasti keluar menjadi pemenang Pemilihan Presiden 2024. Paslon nomor urut 2 ini hanya dalam hitungan bulan akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia. Salah satu hal yang disorot ketika pelantikan kepala negara apalagi kalau bukan mobil dinas yang akan mereka gunakan.

Mobil dinas yang ditumpangi presiden dan wakil presiden tentu bukan kendaraan biasa. Yang jadi pertimbangan adalah tingkat keamanan. Mercedes-Benz S 600 Guard adalah mobil kepresidenan Indonesia saat ini. Mobil ini telah menemani Presiden Joko Widodo sejak memulai periode keduanya menjabat pada tahun 2019. 

Mobil Mercedes-Benz S 600 Guard menggantikan Mercedes Benz S 600 Guard generasi sebelumnya yang telah dipakai sejak zaman Presiden SBY berkuasa. Saking tuanya umur kendaraan, kinerjanya jadi nggak optimal lagi. 

Sebagai gantinya, pemerintah lewat Sekretariat Negara (Setneg) menunjuk langsung Mecedes-Benz S 600 Guard terbaru dengan fitur keamanan kelas satu yang membuat mobil ini banyak digunakan banyak kepala negara di dunia. 

Spesifikasi Calon Mobil Dinas Prabowo-Gibran, Mercedes-Benz S 600 Guard

Mengutip situs resmi Mercedes-Benz Global, tipe S 600 Guard kepresidenan memiliki performa yang cukup tinggi. 

Mobil ini dibekali mesin bensin V12 dan punya 530 tenaga kuda. Torsi mesinnya bisa mencapai 830 Nm. Mesin ini kombinasi dengan transimisi otomatis 7G-Tronic. 

S 600 Guard dibatasi secara eletronik hingga kecepatan maksimalnya hingga 210 km/jam. 

Jika di jalanan terdapat ada orang yang coba mencelakakan presiden, sopir bisa menggeber mobil hingga 210 km/jam. 

Sebagai mobil kepala negara, Mecerdez-Benz S600 Guard juga dilengkapi material antipeluru. Mobil ini tetapp bisa melindungi pengumpangnya yang duduk di jok belakang dari berodongan tembakan mesin. 

Kaca s 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Kaca ini sungguh berat sehingga butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca. 

Mobil Dinas Kepresidenan yang dilengkapi Material Anti Peledak

Pada bagian bawah mobil terdapat pelat khusus yang membuat mobil ini tahann dair ledakan dari bahan peledak yang ditnamk di kursi.

Dari sisi interior, Mecedez-BenzS 600 Guard dilengkapi fitur bantuan pengemudi, seperti Distronic PLUS with Stop&go pilot, BAS PLUS Brake, Active Blind Spot. 

Kalau nggak ada perubahan, Mercedez-Bens S600 Guard tetap akan idpakai di era Prabowo-Gibran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *