Siasat Hemat Bahan Bakar saat Perjalanan Mudik

Ongkos bensin jadi salah satu biaya yang harus dipersiapkan saat akan mudik lebaran. Apalagi jika kampung halamanmu terbilang jauh, tentunya pengeluaran untuk bensin juga lebih besar. 

Meski harus spending banyak duit buat membeli BBM, tapi bukan berarti kamu harus mengurungkan niat buat pulang kampung saat lebaran. Tenang saja, kamu bisa menyiasati penggunaan bahan bakar agar lebih hemat ketika perjalanan mudik.

Tips Hemat Bahan Bakar saat Mudik

Untuk menghemat pengeluaran menuju kampung halaman, berikut ini tips hemat bahan bakar saat mudik yang perlu kamu terapkan.

1. Pastikan Mobil dalam Kinerja Baik

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan untuk memeriksa kondisi mobilmu. Kamu perlu mengecek seluruh komponen, mulai dari mesin, bagian suspensi, sistem pengeraman, hingga sistem kemudi. 

Pastikan seluruh komponen tersebut dalam kinerja baik untuk mendukung kelancaran selama perjalanan. Disarankan bawa mobilmu ke bengkel untuk diservis secara menyeluruh. Jangan sampai mesin mobil rusak atau bermasalah, karena akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar saat berkendara.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa bagian lain seperti kondisi oli, filter bahan bakar, dan filter udara. Mengganti filter secara berkala bisa meningkatkan efisiensi mesin dan mencegah konsumsi BBM yang berlebihan.

2. Hindari Gaya Mengemudi Agresif

Banyak pengemudi yang nggak sadar kalau cara berkendara juga mempengaruhi tingkat konsumsi BBM. Mengemudi dengan gaya normal dan tidak agresif menjadi kunci untuk bisa menghemat bahan bakar. 

Ada beberapa teknik mengemudi yang perlu diterapkan supaya nggak boros bahan bakar. Hindari akselerasi atau mengerem dadakan ketika di perjalanan. Melaju dalam gigi lebih tinggi untuk mengurangi beban pada mesin. 

Selain itu, jangan terlalu lama injak gas saat menambah kecepatan. Yang pasti jangan mengemudi secara ugal-ugalan. Jika mobilmu memiliki fitur cruise control, sebaiknya gunakan untuk menjaga laju konstan saat di jalan lurus atau tol.

3. Jangan Sering Ngebut

Tips selanjutnya ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya yaitu mengatur cara berkendara. Sebaiknya jangan terlalu sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi. Kebiasaan ngebut justru mengeluarkan lebih banyak bahan bakar. 

Jadi lebih baik mengemudi dengan santai atau dalam kecepatan stabil. Perhatikan juga batasan kecepatan di jalur-jalur jalan yang kamu lewati. Selain membantu mengurangi konsumsi bahan bakar, cara ini juga bertujuan menjaga keamanan selama di jalan.

4. Merencanakan Rute Perjalanan

Rute perjalanan yang kamu pilih juga menentukan seberapa banyak kebutuhan bahan bakar. Kamu perlu menentukan rute perjalanan sebelum berangkat mudik. Konsumsi BBM bisa lebih irit jika makin pendek jarak tempuh dan makin singkat waktu perjalanan. 

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi GPS atau cek kemacetan lalu lintas untuk menyusun rute perjalanan. Pilihlah jalur yang lebih pendek dan efisien untuk sampai ke lokasi tujuan. Selain itu, hindari jalan yang rawan macet. 

5. Perhatikan Beban dalam Mobil

Beban yang diangkut oleh mobil juga mempengaruhi tingkat penggunaan bahan bakar. Jika muatannya berlebihan, maka akan membuat mesin bekerja lebih keras. Konsumsi BBM akan meningkat ketika mesin bekerja ekstra. 

Jadi perhatikan seberapa berat beban yang akan dibawa oleh mobilmu saat mudik. Atur muatan kendaraan sesuai kapasitas yang direkomendasikan oleh pabrikan. Jika dirasa barang bawaan terlalu banyak, lebih baik dikurangi. 

6. Menggunakan Jenis Bahan Bakar yang Disarankan

Pemilik mobil tidak disarankan gonta-ganti jenis bahan bakar. Penggunaan BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin justru bisa bikin boros bahan bakar. Jadi pastikan memakai jenis BBM sesuai rekomendasi pabrikan. 

7. Matikan Mesin ketika Sedang Berhenti

Ketika melakukan perjalanan jauh, pengemudi biasanya akan kerap berhenti. Entah berhenti untuk istirahat sejenak, beli makanan dan minuman, mampir ke toilet, mengisi bahan bakar, dan sebagainya. 

Dalam kondisi berhenti atau istirahat, sebaiknya matikan mesin mobilmu. Cara ini sangat efektif untuk menghemat pemakaian bahan bakar. Jika keperluan sudah selesai, baru nyalakan kembali mesin mobil untuk melanjutkan perjalanan. 

Itulah beberapa tips hemat bahan bakar ketika perjalanan mudik. Apakah selama ini kamu sudah menerapkan siasat di atas setiap kali melakukan perjalanan jauh? Mulai sekarang lakukanlah supaya lebih irit BBM dan kantong pun nggak jebol. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *