Mobil Listrik GWM Asal China Dirakit di Indonesia Tahun Depan

Produsen mobil asal China Great Wall Motors (GWM) mengungkapkan progres pabrik perakitan di Indonesia. Berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, GWM Indonesia memastikan bahwa pabrik tersebut mulai ‘ngebul’ pertengahan tahun 2024. 

Produksi mobil GWM di Indonesia bakal meramaikan industri otomotif di tanah air. Selain itu, GWM juga telah menjalin kerjasama dengan Inchcape untuk memasarkan mobil-mobil buatannya. Lantas seperti apa perkembangan pabrik perakitan dan rencana GWM merebut pasar di sini?

GWM Segera Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Pabrik perakitan GWM di Wanaherang disebut tak hanya memproduksi mobil-mobil konvensional. Fasilitas produksi tersebut juga akan merakit kendaraan non-emisi. Namun khusus untuk perakitan mobil listrik baru akan dikerjakan mulai tahun depan. 

“Kita pakai fasilitas di Wanehereng milik Inchcape. Kalau menurut rencana, GWM akan produksi pertama di bulan Agustus. Mobil listrik juga (dirakit) di sana, Insya Allah produksi mobil listrik tahun depan,” ucap Randi Radito, Sales and Network Director GWM Indonesia.

Pabrik GWM di Indonesia Baru Merakit Mobil Haval

Sebagai permulaan beroperasi di Indonesia, GWM baru akan memproduksi mobil-mobil Haval. Nantinya setelah operasional berjalan penuh, produsen otomotif ini bakal mulai merakit mobil varian Tank. 

Dalam perakitan mobil di tanah air, GWM akan menggunakan fasilitas punya Inchcape yang juga memproduksi mobil-mobil merek Mercedes-Benz. Namun GWM membuat line plant baru untuk fasilitas perakitan produk-produknya. 

“Kita pakai fasilitas di Wanaherang milik Inchcape. Kalau menurut rencana, GWM akan produksi pertama di bulan Agustus. Secara real satu area (sama Mercy), tapi terpisah karena Wanaherang kan luas. Jadi ada line produksi yang berbeda,” tutur Randi Radito.

Inchcape Menjadi Distributor Mobil GWM di Indonesia

Penjualan mobil GWM di Indonesia bakal dilakukan di bawah bendera perusahaan patungan yang didirikan oleh Inchcape dan PT. Indomobil Sukses Internasional Tbk. Dalam perusahaan milik gabungan tersebut, saham yang dipegang Inchcape sebesar 70%. Sementara Indomobil menguasai saham sebesar 30%. 

GWM telah tanda tangan perjanjian dengan Inchcape untuk distribusi mobil di tanah air. Melalui kolaborasi tersebut, Inchcape bakal menjual mobil-mobil dari GWM mulai dari Haval, Tank, dan Ora. 

GWM Belum Buru-Buru Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia

GWM berencana mendatangkan mobil listrik Ora 03 untuk penjualan di Indonesia. Kendaraan listrik tersebut sudah dipasarkan lebih dulu di negara asalnya yaitu di China. Di negeri tirai bambu tersebut, mobil ini dikenal dengan nama Ora Good Cat. 

Sebenarnya mobil listrik Ora 03 sempat diperkenalkan di Indonesia pada saat event GIIAS 2023. Namun sampai saat ini mobil listrik berukuran compact ini belum masuk ke pasar tanah air. 

Banyak konsumen yang menantikan kapan mobil Ora 03 mengaspal di Indonesia. Pihak Inchcape, selaku distributor mobil GWM, mengatakan masih menunggu kebijakan dari pemerintah mengenai insentif untuk mobil listrik. 

“Karena kami ingin memastikan untuk memberikan harga yang tepat. Saya takut ketika kami launching harganya tinggi dan kami menunggu insentif,” kata Khoo Shao Tze, Presiden Direktur Inchcape Indonesia, di ICE BSD pada Sabtu (2/3) lalu.

Ketika nanti didatangkan ke Indonesia, GWM akan meluncurkan mobil Ora 03 dengan skema CBU. Sebagai informasi, CBU adalah label untuk mobil yang diimpor langsung dari negara asalnya dalam kondisi lengkap. 

Setelah itu, GWM akan merakit mobil listrik Ora 03 di pabrik yang berada di Wanaherang Bogor. Produksi secara lokal (CKD) tersebut menggunakan fasilitas perakitan milik Inchcape. Pihak Inchcape juga menyebut ingin harga Ora 03 CBU dan CKD tidak dibedakan. 

Itulah kabar produsen otomotif GWM yang berencana merakit mobil listrik di Indonesia mulai tahun depan. Bagi konsumen yang menantikan mobil EV Ora 03 harap bersabar. Belum ada kabar terbaru mengenai kapan mobil compact dari GWM ini dipasarkan secara resmi di tanah air. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *