Terlihat Sepele, Ini Fungsi Lampu Kota Pada Mobil yang Sesungguhnya

Lampu kota atau yang biasa disebut sebagai lampu senja, adalah komponen penerangan mobil dengan fungsi yang cukup penting. Lampu yang satu ini punya banyak sekali julukan. Mulai dari lampu kecil, lampu jarak, dan clearance light

Sesuai dengan namanya, lampu ini wajib digunakan saat berkendara di daerah perkotaan. Intensitas cahayanya memang nggak seterang lampu utama. Namun kehadirannya cukup berguna. 

Kali ini, Oto24 akan membahas fungsi lampu kota pada mobil, terlihat sepele namun cukup vital. 

5 Fungsi Lampu Kota Pada Mobil 

Setiap produsen mobil pasti menyamatkan lampu kota pada mobil buatannya. Meskipun fungsinya cukup sederhana, nyatanya masih banyak orang yang belum paham dengan fungsi utamanya. 

Berikut adalah fungsi lampu kota pada mobil: 

1. Sebagai Penanda Arah Laju Mobil 

Fungsi lampu kota yang pertama adalah sebagai penanda arah laju mobil. Lampu kota bagian depan atau biasa disebut front position lamp umumnya berwarna putih dan terletak di dekat headlamp

Sedangkan lampu senja bagian belakang umumnya berwarna merah. Ini berguna agar mobil lain yang ada dibelakangmu, mengetahui dengan pasti lajurmu.

2. Sinyal Penanda Mobil 

Lampu kota juga berguna untuk memberikan isyarat atau tanda tentang posisi mobilmu. Fungsi ini memang nggak selalu digunakan setiap saat. Akan tetapi sangat berguna pada saat hujan deras atau malam hari. 

Karena jalanan di Indonesia pada umumnya terdiri dari banyak lajur, lampu kota sangat penting untuk memberikan sinyal posisi mobilmu pada mobil lain. Dengan begitu, risiko kecelakaan bisa dikurangi. 

3. Memberikan Infomasi Ukuran Mobil 

Fungsi lampu kota selanjutnya adalah memberikan perkiraan ukuran mobilmu pada pengendara lain. Saat akan menyalip misalnya, tentu mobil lain akan memperkirakan jarak dan kecepatan supaya nggak terjadi kecelakaan. 

4. Hemat Konsumsi Daya 

Lampu kota umumnya menggunakan lampu jenis LED yang nggak terlalu terang, sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan. 

Walaupun dampaknya nggak terasa secara signifikan, setidaknya bisa membantu mengurangi konsumsi daya pada mesin mobil. 

5. Sebagai Penerang Jalan

Namanya saja lampu, tentu fungsi utamanya sebagai penerang jalan, dong. Terutama dalam kondisi minim cahaya dan di gelapnya malam. Lampu kota bisa juga kamu gunakan sebagai sumber pencahayaan ketika berhenti di tempat gelap atau tempat parkir yang nggak ada lampunya. 

Di beberapa daerah, lampu kota tak boleh digunakan sembarangan. Ada kondisi-kondisi tertentu yang memperbolehkan penggunaan lampu kota. Keep driving safe! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *