Intip Garasi Mobil Prabowo-Gibran, Apa Saja Koleksinya?

Banyak yang penasaran dengan isi garasi mobil Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming. Kedua tokoh publik ini makin disorot sejak maju sebagai capres-cawapres dalam Pemilu 2024. Kabar terbaru menyebutkan pasangan ini sukses mendulang suara tertinggi yang unggul jauh dari pasangan lain. 

Berbicara soal tunggangan Prabowo Subianto, pria berusia 72 tahun ini memang dikenal mengoleksi banyak mobil. Sama seperti kalangan elit dan pejabat negara lainnya, Prabowo diketahui memiliki sejumlah mobil mewah. Jika dibandingkan dengan Gibran Rakabuming, total harga deretan mobil Prabowo jauh lebih mahal.

Ada fakta menarik mengenai koleksi mobil Gibran Rakabuming Raka. Berbeda dengan pejabat publik dan orkay-orkay pada umumnya, Gibran justru lebih sederhana dalam hal kendaraan. Mobil-mobil yang mengisi garasi Gibran bahkan bernilai di bawah Rp100 juta. 

Jika mengintip garasi mobil Gibran, mungkin kamu bakal kaget. Sebagai orang dengan jabatan mentereng dan punya banyak bisnis, cukup mengejutkan mengapa Gibran tak memiliki mobil kelas atas. Mari simak apa saja koleksi mobil Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming. 

Koleksi Mobil Prabowo Subianto

Prabowo Subianto tercatat memiliki mobil sebanyak tujuh unit, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 31 Maret 2023. Garasi Prabowo didominasi dengan mobil model Sport Utility Vehicle (SUV). 

Menteri Pertahanan era Jokowi ini menyimpan mobil sebanyak 7 unit. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6 mobil berjenis SUV berbodi besar. Selain itu, Prabowo juga diketahui memiliki satu sepeda motor merek Suzuki yang harganya terbilang murah. 

Berikut ini daftar mobil milik Prabowo Subianto mulai dari yang harganya termahal hingga terendah:

  • Toyota Alphard 2005: Rp400 juta
  • Toyota Lexus 2002: Rp400 juta
  • Honda CR-V 2007: Rp130 juta
  • Mitsubishi Pajero 2000: Rp175 juta
  • Land Rover 1994: Rp50 juta
  • Land Rover Jeep 1992: Rp50 juta
  • Toyota Land Cruiser 1980: Rp50 juta

Di samping itu, Prabowo Subianto juga memiliki sepeda motor merek Suzuki keluaran tahun 2002. Motor Suzuki ini cukup murah yakni hanya seharga Rp3,5 juta. 

Koleksi Mobil Gibran Rakabuming

Jika melihat koleksi mobil Gibran Rakabuming mungkin tak menunjukkan seperti garasi milik orang-orang tajir. Padahal sebagai anak presiden dan pengusaha dengan berbagai bisnis, sudah sewajarnya Gibran memiliki tunggangan mewah. 

Namun faktanya koleksi mobil Gibran justru tidak ada yang berharga tinggi. Berdasarkan LHKPN, Gibran tercatat memiliki empat mobil dan tiga unit sepeda motor yang total nilainya Rp332 juta. Semua mobil Gibran bahkan termasuk kategori kendaraan entry level. 

Berikut ini daftar mobil Gibran Rakabuming dari yang termahal hingga termurah:

  • Toyota Avanza 2016: Rp90 juta
  • Isuzu Panther 2012: Rp70 juta
  • Daihatsu GranMax 2015: Rp60 juta
  • Toyota Avanza 2012: Rp60 juta 

Selain sederet mobil di atas, Gibran juga diketahui menyimpan sejumlah sepeda motor. Berikut ini daftar sepeda motor milik Gibran dan harganya:

  • Royal Enfield tahun 2017: Rp40.000.000
  • Honda Scoopy tahun 2015: Rp6.000.000
  • Honda CB-125 tahun 1974: Rp5.000.000

Terdapat sedikit perbedaan data mobil Gibran berdasarkan catatan LHKPN 2022 dengan laporan tahun sebelumnya. Pada LHKPN 2020 dan 2021, Gibran tercatat memiliki mobil Mitsubishi Pajero Sport tahun 2016 seharga Rp350 juta. 

Namun belum diketahui alasan mengapa mobil Pajero Sport tersebut tidak masuk dalam aset Gibran di LHKPN tahun 2022. Sementara untuk data kendaraan lainnya masih sama persis dengan catatan LHKPN tahun-tahun sebelumnya. 

Itulah tadi koleksi mobil Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Tak mengherankan jika Prabowo memiliki mobil-mobil ‘wah’ hingga keluaran lawas. Namun koleksi mobil Gibran cukup mengejutkan karena diisi dengan mobil-mobil yang tidak mahal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *