Mobil Ditinggal Mudik Berhari-hari? Terapkan Tips Aman Ini

Sebagian orang memilih mudik menggunakan transportasi umum dibandingkan naik mobil pribadi. Alasannya karena nggak mau lelah mengemudi di jalanan macet dan harus menempuh jarak yang jauh. Sementara kalau menumpang moda transportasi, tinggal pesan tiket dan duduk manis sampai kota tujuan. 

Mudik pakai transportasi umum memang lebih efisien waktu dan tenaga, tapi tantangannya adalah meninggalkan mobil di rumah. Masih banyak pemilik mobil yang ragu ninggalin kendaraan kesayangannya selama beberapa hari. Bukan cuma khawatir soal keamanan, tapi juga pada kondisi mobilnya. 

Pastinya kamu nggak ingin ketika lagi menikmati momen lebaran di kampung halaman, tapi pikiran berada di rumah dan mencemaskan mobil di sana. Tenang saja, ada tips supaya kamu bisa meninggalkan mobilmu dengan tenang dan aman saat mudik. 

Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah saat Mudik

Pemilik mobil harus melakukan persiapan dan perlakuan khusus saat akan meninggalkan mobilnya dalam waktu lama. Nggagurin mobil selama beberapa hari memang jadi pertimbangan yang cukup berat.

Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu tahu supaya bisa meninggalkan mobil dengan aman di rumah saat mudik lebaran:

1. Parkir di Tempat yang Aman

Langkah pertama yang wajib dilakukan saat akan LDR dengan mobil selama beberapa hari adalah memarkirkan di tempat aman. Pastikan kamu memarkir mobil di garasi rumah dengan kunci yang tertutup rapat. Apabila tidak ada ruang khusus garasi, kamu bisa memarkirkan di halaman rumah tapi usahakan ada atapnya. 

Taruh mobil kamu di dalam garasi rumah dengan keamanan ketat untuk menghindari risiko pencurian. Jika mobil diparkir di tempat terbuka, maka pastikan terlindungi dari paparan sinar matahari dan guyuran hujan. Untuk menjaga mobil dari hal tersebut, kamu bisa menggunakan car cover atau sarung anti air.

2. Bersihkan Mobil Lebih Dulu

Sebelum berangkat mudik ke kampung halaman, sebaiknya bersihkan dulu mobilmu. Kamu perlu membersihkan kotoran atau sampah-sampah yang tertinggal di dalam mobil. Jangan biarkan sampah tertinggal di mobil karena bisa menimbulkan bau busuk dan menjadi tempat bertumbuhnya bakteri. 

Jadi sebelum pamitan dengan mobil kesayangan, kamu bisa mencucinya terlebih dahulu. Supaya bersih secara menyeluruh, mandikan mobilmu di car wash. Selain itu, alangkah baiknya kamu melapisi bodi mobil dengan wax untuk melindungi dari paparan matahari, debu, air hujan, dan baretan yang mungkin terjadi.

3. Cek Barang-Barang di Dalam Mobil

Cek dulu ke dalam mobilnya, apakah ada barang-barang pribadi yang tertinggal. Hindari meninggalkan makanan dan minuman di kabin mobil karena bisa menimbulkan aroma tidak sedap dan mengundang serangga atau binatang liar. Untuk menghindari risiko pencurian, keluarkan semua barang-barang berharga seperti laptop, tas, kartu e-toll, dan lainnya. 

4. Pasang Alarm dan Kunci Tambahan

Usahakan untuk memasang alarm dan kunci tambahan sebagai perlindungan ekstra. Langkah ini sangat efektif untuk mencegah aksi pencurian. Ketika mobilmu dibuka paksa maka alarm akan otomatis berbunyi nyaring sebagai peringatan. Selain itu, kamu juga sebaiknya menginstal kunci tambahan pada setir atau mobilmu. 

5. Naikkan Tekanan Udara

Mobil yang dianggurkan atau tidak pernah dipakai akan mengalami penyusutan tekanan angin ban lebih cepat. Jadi sebaiknya isi dulu tekanan udara ban mobilmu sebelum meninggalkannya dalam beberapa hari. Disarankan untuk memompa ban sedikit di atas rekomendasi pabrikan, sekitar 5 psi supaya tidak cepat kempes. 

6. Titipkan ke Petugas Keamanan Perumahan

Saat akan meninggalkan rumah dan mobil selama beberapa hari, sebaiknya titipkan ke petugas keamanan perumahan. Sampaikan pesan kepada petugas bahwa kamu akan pulang kampung dan tinggalkan nomor ponselmu yang bisa dihubungi. Biasanya petugas keamanan akan melakukan patroli rutin untuk mengawasi situasi di kompleks perumahan. 

7. Hindari Rem Tangan

Hindari memarkir mobil dengan mengaktifkan rem tangan. Dalam beberapa kasus, cara ini justru membuat kampas rem jadi melekat kuat di tromol karena mobil terpakir dalam waktu lama. Lebih aman dengan melepas rem tangan dan ganjal mobilmu menggunakan wheel clock atau balok kayu. 

8. Nggak Perlu Melepas Kabel Aki

Meski kamu bakal meninggalkan mobil dalam beberapa hari, sebaiknya jangan melepas kabel yang tersambung ke aki mobil. Untuk menjaga kapasitas aki, kamu disarankan menjalankan mobil sekitar 30 menit lamanya sebelum cabut dari rumah. 

Jika mobil akan didiamkan selama lebih dari satu minggu, sebaiknya lepas kabel yang terhubung ke terminal negatif aki. Langkah ini bertujuan untuk mencegah aki kekurangan daya ketika ditinggalkan dalam waktu lama. 

Itulah beberapa tips aman meninggalkan mobil di rumah saat mudik lebaran. Jadi jangan abai terhadap kondisi mobilmu selama beberapa hari ke depan dan jangan buru-buru meninggalkannya tanpa persiapan. Supaya mobil tetap aman dan tidak mengalami kerusakan setelah kembali ke rumah nanti maka terapkan sejumlah langkah di atas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *