Bingung Pilih Jimny 5 Pintu atau 3 Pintu? Ini Spesifikasi Keduanya!

Hype Suzuki Jimny 5 pintu yang diluncurkan pada helatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 masih terasa hingga sekarang. Meski demikian bukan berarti Jimny 3 pintu lantas dilupakan begitu saja, lho. 

Menurut penuturan pihak Suzuki, Jimny 3 pintu masih tetap dijual karena masih banyak peminatnya. Hal ini seperti menjawab pertanyaan konsumen, setelah Jimny 5 pintu dirilis apakah varian 3 pintu masih dijual. 

Berikut adalah hal-hal yang mungkin belum diketahui orang tentang kedua versi Suzuki Jimny: 

1. Tampilan

Dari tampilan muka, secara garis besar tak ada perbedaan berarti antara Jimny 5 pintu dengan varian 3 pintunya. 

Hanya saja yang membedakan kedua mobil ini adalah aksen chrome pada bagian Jimny 5 pintu, yang membuatnya tampak lebih mewah. 

2. Dimensi 

Hadir dengan embel-embel 5 pintu, varian terbaru Jimny ini jelas mempunyai dimensi yang lebih besar. Panjang total mobil ini menjadi 3.965 mm. Yang masih sama dengan Jimny 3 pintu adalah lebar 1.645 dan tinggi 1.720 mm. 

3. Sumbu Roda dan Ground Clearance

Ground clearance kedua varian Jimnny masih sama, di angka 210 mm. Hal yang membedakannya adalah Jimny 5 pintu hadir dengan sumbu roda yang lebih panjang yaitu 2.590 mm. 

4. Radius Putar

Datang dengan dimensi yang lebih panjang, tentu berpengaruh pada radius putar Suzuki Jimny 5 yang lebih jauh yaitu 5,7 meter. Selain itu, approach angle 36 derajat, departure angle 47 derajat, dan ramp breakover angle-nya mencapai 24 derajat. Sedangkan radius putar Jimny 3 berbeda tipis sebesar 4,85 meter.

5. Kabin

Walaupun tampak seperti kekurangan, dimensi lebih panjang Jimny varian 5 pintu membuat mobil ini punya kabin belakang yang lebih lega. Kabin belakang Jimny 5 pintu bisa memuat tiga sampai empat orang dewasa. Bagasinya bisa membawa barang dengan kapasitas hingga 211 liter

Sedangkan Jimny 3 dengan dimensi yang lebih ringkas, ukuran kabinnya juga lebih minimalis. Meskipun begitu, perbedaannya tidak jauh kok.

6. Mesin dan Kaki-kaki 

Baik Suzuki Jimny 5 pintu dan 3 pintu sama-sama menggunakan mesin K15B berkapasitas 1.426 cc. Mesin ini juga digunakan Suzuki untuk model MPV dan SUV buatan mereka. 

K15B diklaim lebih efisien namun tetap bertenaga. Tenaga mobil ini mencapai 100,6 HP pada 6.000 RPM. Sedangkan torsinya 130 Nm pada 4.000 RPM. 

Gambar: Youtube/AutonetMagz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *