Penyebab Honda Vario Susah Dinyalakan, Waspada!

Sangat merepotkan rasanya ketika kita sedang buru-buru namun motor matic kesayangan malah susah dinyalakan. Motor yang susah dinyalakan tentu bikin kacau mood siapa saja yang mengalaminya. 

Memangnya, apa sih, penyebab Honda Vario susah dinyalakan? Sobat Oto24, yuk, simak artikel ini sampai tuntas, ya. 

Penyebab Motor Honda Vario Susah Dinyalakan

Pada umumnya, ada beberapa sebab yang membuat motor Honda Vario susah dinyalakan. Bukan hanya pada Honda Vario, namun juga jenis motor lainnya. Berikut adalah beberapa penyebabnya: 

1. Aki Lemah

Penyebab Honda Vario susah dinyalakan yang pertama adalah aki yang sudah lemah. Aki adalah komponen yang berfungsi menyuplai listrik ke bagian elektronik motor. Jika tegangan aki sudah berkurang, maka bisa mempengaruhi sistem start engine. 

2. Busi Aus

Busi juga memiliki bagian yang penting dalam menghidupkan sepeda motor. Fungsi busi adalah mengubah tegangan listrik menjadi percikan api yang membantu proses pembakaran bahan bakar. 

Pada umumnya, fungsi busi akan menurun ketika pemakaian mencapai 8 ribu kilometer. Sehingga, kinerja busi nggak maksimal lagi. 

3. Aliran Bahan Bakar Tersumbat

BBM alias bahan bakar minyak adalah sumber energi utama untuk menghidupkan sepeda motor. Saat aliran bahan bakar tersumbat, suplai bahan bakar dari tangki ke mesin jadi rendah. Hal ini membuat motor Honda Vario sulit dinyalakan. 

4. Spull Rusak

Ada yang belum tahu apa itu spull? Spull adalah sumber energi untuk proses pembakaran pada kompresi mesin. Energi yang dihasilkan oleh spull disalurkan lewat koil, lalu diteruskan ke busi sebagai energi yang menjadikan percikan api dalam proses pembakaran di ruang kompresi. 

Spull yang rusak menyebabkan Honda Vario susah dihidupkan, karena tidak ada pembakaran pada kompresi. 

5. Relay Starter Rusak

Relay starter berfungsi menyalakan arus listrik dari aki ke starter. Posisinya berada di antara aki dan motor starter. Saat relay rusak, tak ada sumber listrik dari aki untuk menghidupkan motor. 

Itulah tadi penyebab Honda Vario susah dinyalakan. Masalah yang juga umum ditemui pada motor matic lainnya. Jika motormu bermasalah, jangan ragu untuk memeriksanya di bengkel kepercayaanmu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *