Ini Penyebab Asap Putih di Knalpot

Pernahkah kamu melihat atau mengalami sendiri kendaraan di jalanan yang mengeluarkan asap putih dari knalpotnya? Asap putih pada knalpot artinya mesin dan sistem pembuangan gas kendaraan butuh perhatian karena ada komponen yang rusak. 

Ketika ada asap putih keluar dari knalpot, sebagai pemilik kendaraan kamu wajib mulai waspada pada kendaraanmu. Umumnya, asap putih pada knalpot terjadi karena kebocoran oli yang masuk ke ruang pembakaran. Hasilnya adalah asap putih yang keluar dari knalpot. 

Apa Penyebab Asap Putih Pada Knalpot? 

Berikut adalah berbagai kondisi yang menyebabkan asap putih pada knalpot: 

1. Kebocoran Oli

Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen yang bergesekan pada mesin. Ketika terjadi kebocoran oli, efeknya bisa masuk ke ruang bakar dan ikut mengalami proses pembakaran. 

Jika oli ikut terbakar dalam ruang bakar, maka akan menghasilkan asap putih di knalpot, yang banyak bikin orang lain sebel. 

2. Ring Piston Aus

Salah satu penyebab kebocoran oli adalah ring piston yang aus, sehingga menimbulkan celah yang bisa dilewati oli menuju ruang mesin. 

Tak cuma asap putih, gejala ring piston aus bisa dikenali dari oli yang cepat habis dan kurangnya kompresi pada kick starter. Apakah sepeda motormu masih menggunakan kick starter? 

3. Blok Silinder Aus

Serupa dengan ring piston, blok silinder yang aus atau tergores bisa membuat jalur kebocoran oli. Kondisi ini disebabkan penggunaan dalam jangka waktu yang teramat panjang dan minim perawatan. 

4. Seal Klep Aus

Fungsi seal klep adalah membuka jalur antara saluran intake dan exhaust dari dan keluar ruang pembakaran pada mesin. Tujuannya memastikan aliran udara yang optimal untuk pembakaran. 

Jika seal klep aus, aliran udara jadi nggak efisien, bahkan bisa memicu kebocoran oli ke dalam ruang pembakaran. 

5. Kebocoran Cairan Pendingin

Cairan pendingin berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal. Namun, jika terjadi kebocoran dan cairan pendingin masuk dalam silinder, knalpot akan mengeluarkan asap berwarna putih. 

6. Kondensasi Gas Buang

Tak selamanya asap putih di knalpot disebabkan masalah pada mesin. Kondensasi gas buang bisa menyebabkan asap putih keluar dari knalpot. 

Hal ini adalah sesuatu yang lazim dan biasaya akan menghilang seiring temperatur mesin yang meningkat. 

Itulah tadi penyebab munculnya asap putih di knalpot. Jika mengalami sendiri, segerap periksa kendaraanmu, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *