Servis Mobil sebelum Mudik, Ini Komponen yang Wajib Dicek

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan mobilmu dalam kondisi prima atau tidak bermasalah. Oleh karena itu, sebaiknya service mobilmu sejak beberapa hari atau satu minggu sebelum hari H pulang ke kampung halaman. 

Mengingat perjalanan mudik menempuh jarak yang jauh, mobil akan bekerja dengan ekstra. Kamu pastinya tidak ingin mobilmu bermasalah, misalnya bocor, mogok, dan sebagainya. Itulah mengapa mobil yang dipakai buat mudik harus dipersiapkan dengan baik supaya nyaman dan aman ketika di perjalanan. 

Jangan hanya sebatas mengecek komponen ban dan mesin saja. Ada beberapa komponen yang perlu kamu periksa sebelum melakukan perjalanan mudik. Apabila ada komponen yang rusak atau sudah tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya kamu segera menggantinya. 

Daftar Komponen yang perlu Dicek sebelum Mudik

Melakukan perjalanan mudik bukan hanya asal tancap gas dan sampai lokasi dengan cepat. Mudik merupakan momen yang dinanti-nantikan, namun di samping itu juga menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika kamu harus menempuh jarak ratusan hingga ribuan kilometer. Belum lagi jika mobilmu harus melewati berbagai medan yang cukup sulit. 

Supaya perjalanan mudik bersama keluarga bisa nyaman dan aman, maka pastikan untuk service mobil terlebih dahulu. Berikut ini beberapa komponen mobil yang wajib dicek sebelum berangkat mudik.

Oli Mobil

Bagian penting pada mobil yang harus kamu cek sebelum mudik adalah oli atau pelumas. Kamu perlu memeriksa semua oli yang terdapat pada mobil, mulai dari oli mesin, oli gardan, dan oli transmisi. Jika kondisi oli sudah menipis atau tidak layak, maka sebaiknya isi ulang dengan oli baru. Cairan ini berfungsi penting sebagai pelumas antar komponen dalam mobil.

Ban Mobil

Ban mobil juga harus diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh pulang kampung. Kondisi ban akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Jadi, pastikan ban dalam kondisi yang baik atau tidak ada kerusakan. Kamu perlu memeriksa bagian telapak ban, tingkat ketebalan, kondisi dinding ban, dan tekanan anginnya. 

Rem Mobil

Rem mobil menjadi komponen yang selalu aktif digunakan saat berkendara, sehingga perlu dicek sebelum mudik. Periksa kondisi sistem pengereman mobil, mulai dari minyak rem, kampas rem, hingga tuas rem. Rem memiliki peran krusial untuk menjaga keamanan ketika mengemudi.

Jika ada bagian yang bermasalah maka harus diperbaiki dan segera ganti apabila ada kerusakan. Apabila minyak rem sudah menipis maka segera diisi lagi. Begitu pula jika kampas rem sudah aus maka perlu diganti dengan yang baru. Selain itu, pastikan tidak ada kebocoran atau rembesan pada selangnya.

Filter Mobil

Cek juga kondisi filter atau saringan mobil, mulai dari filter udara, filter oli, filter bensin, dan filter AC. Filter yang kotor bisa berdampak pada kinerja mesin saat dikendarai. Jadi pastikan untuk membersihkan bagian filter mobil supaya penyaringan berfungsi dengan lancar.

Shock Absorber Mobil

Shock absorber bekerja untuk meredam guncangan saat mobil dikendarai. Demi menjaga kenyamanan pengemudi dan penumpang, maka kamu perlu memastikan shock absorber masih berfungsi dengan baik. Hal ini sangat penting mengingat perjalanan mudik akan menempuh jarak jauh dan melintasi berbagai medan jalan. 

Aki Mobil

Aki mobil juga tak boleh kamu lewatkan saat service mobil menjelang mudik. Komponen ini berfungsi sebagai sumber utama kelistrikan mobil, seperti sistem penyala mobil, lampu, AC, dan sebagainya. Jadi pastikan aki mobilmu dalam kondisi yang baik atau berfungsi dengan normal. 

Lampu-Lampu Mobil

Lampu mobil memiliki fungsi penting tidak hanya untuk penerangan jalan, namun juga sebagai penanda bagi pengendara lain saat di jalan. Periksa seluruh bagian lampu mobil, mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu sein, dan lampu rem. Jika ada masalah pada lampu atau socketnya maka segera ganti baru. 

Itulah daftar komponen mobil yang wajib dicek sebelum digunakan untuk mudik. Supaya servis mobil bisa lebih komprehensif dan mendapat penanganan yang tepat, maka sebaiknya bawa mobilmu ke bengkel. Ingat, keselamatanmu dan keluarga lebih utama daripada buru-buru ingin sampai kampung halaman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *