Penjualan Suzuki Jimny 5 Pintu Gacor! 3 Minggu 1.800 Unit

Suzuki Jimny 5 pintu sudah laku keras meski baru rilis di Indonesia satu bulan lalu. Mobil model Jip ini ternyata banyak diburu oleh konsumen Indonesia. Suzuki Indomobil Sales (SIS) membeberkan total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Jimny 5 pintu sudah tembus 1.800 unit. 

“Alhamdulillah (SPK Jimny) sudah tembus 1.800 unit,” ucap Donny Saputra, Deputy Managing Director SIS divisi roda empat, saat event Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2024 di Jakarta.

Donny juga menjelaskan gambaran distribusi Jimny 5 pintu ke tangan konsumen jika kuota impornya 100 unit per bulan. Dengan pembagian kuota tersebut, diprediksi distribusi semua unit bakal rampung selama 1 tahun 5 bulan. Jadi bagi konsumen yang baru tanda tangan SPK setelah 1.800 unit tersebut, maka harus menunggu selama itu buat ngedapetin mobilnya.

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu

Banyak pecinta otomotif yang menanyakan berapa harga mobil Jimny 5 pintu? Donny mengatakan harga resmi mobil ini adalah harga yang diumumkan saat event pameran IIMS 2024. Jimny 5 pintu dibanderol dengan harga mulai Rp462 jutaan hingga Rp472 jutaan. 

Spesifikasi Jimny 5 Pintu

Banyak konsumen di Indonesia yang kepincut dengan Jimny 5 pintu karena mobil ini menawarkan spesifikasi berbeda yang lebih fresh. Mobil ini hadir sebagai pelengkap dari model Jimny 3 pintu yang sudah masuk ke tanah air lebih dulu sejak 2019. 

Jimny 5 pintu masih tampil dengan konsep desain kotak yang menjadi ciri khasnya. Mobil model jip ini juga dilengkapi dengan gril depan yang masih sama. Namun terdapat sentuhan berbeda berupa kromium pada gril. 

Perbedaan paling signifikan yang dibawa oleh Jimny 5 pintu ini terletak pada dimensinya. Mobil ini memiliki panjang 3.965 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm. Selain itu, jarak poros rodanya 2.590 dan radius putar minimal 5,7 meter, serta ground clearance 210 mm. Tentu saja ukuran mobil Jimny seri ini lebih besar dibandingkan Jimny 3 pintu.

Sementara pada bagian interiornya tidak ada perbedaan dengan Jimny 3 pintu. Bagian dalam mobil tetap didominasi dengan warna serba hitam, baik itu pada door trim, dasbor, dan jok. Tata letak ruang panel Jimny 5 pintu ini juga masih sama dengan generasi sebelumnya. 

Kasus Harga Suzuki Jimny Digoreng

Akhir-akhir ini sedang ramai pembicaraan mengenai harga Jimny 5 pintu digoreng oleh salesnya. Beberapa waktu usai hari peluncuran mobil ini, ada tenaga penjual Suzuki yang melakukan mark up harga Jimny 5 pintu. 

Sales Suzuki disebut menawarkan harga lebih mahal untuk pembelian mobil Jimny 5 pintu. Diketahui harga yang ditawarkan ke konsumen mencapai Rp500 juta, yang mana lebih tinggi daripada harga resminya. 

Sales nakal tersebut ngambil peluang penjualan Jimny 5 pintu dengan cara kotor. Mark up harga dilakukan pada mobil ini yang suplainya terbatas sekitar 200 unit per bulan. Mobil baru dari Suzuki ini didatangkan langsung secara completely built up (CBU) dari India. 

Marketing Director SIS, Harold Donnel, menyampaikan hasil analisa terhadap ribut-ribut harga Jimny 5 pintu yang digoreng. Based on analisa tersebut, ia mengatakan ada ketidakseimbangan antara stok unit dan permintaan. 

“Dari analisa kami, ini ada kesenjangan antara suplai dan demand, jadi seperti per hari Sabtu itu kita sudah catatkan atau membukukan penjualan di 1.200 unit untuk Jimny 5 pintu. Sehingga dari perbedaan gap antara estimasi suplai dan demand mungkin bisa menyebabkan hal itu terjadi,” tutur Harold Donnel pada Senin (19/2) lalu.

Bagaimana apakah kamu tertarik juga buat meminang Jimny 5 pintu yang gagah dan tangguh ini? Jika berencana beli mobil ini maka kamu masih harus nunggu sampai kuotanya disediakan lagi. Selain itu pastikan juga untuk beli di dealer resmi dengan harga aslinya yang tidak digoreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *