Merek Mobil China ‘Jetour’ Akhirnya Masuk Indonesia

Merek mobil China ‘Jetour’ siap meramaikan pasar mobil di Indonesia pada pertengahan tahun 2024. Jetour Motor Indonesia telah mengumumkan bakal memulai penjualan dua mobil model SUV pada bulan Juli nanti. 

Hadirnya Jetour ini akan menambah line up merek mobil China di industri otomotif tanah air. Jetour Motors merupakan bagian dari Chery Holding Group. Jetour Motor Indonesia sendiri sudah berdiri pada Februari lalu. 

Sebagai informasi, Jetour sudah berdiri sejak 6 tahun yang lalu yakni pada 22 Januari 2018. Pada April 2023, mobil buatan China ini sudah menjual 700 ribu unit ke penjuru dunia. Sebelum merambah pasar tanah air, Jetour sudah memasarkan produknya di berbagai negara seperti Arab Saudi, Myanmar, Chile, Meksiko, Uzbekistan, Paraguay, dan Ekuador. 

Jetour dikenal sebagai merek mobil spesialis SUV atau kendaran model sport. Saat masuk ke Indonesia nanti, Jetour bakal membawa dua model SUV. 

Mobil Jetour Laris dalam Penjualan Global

General Manager Jetour Indonesia, Yang Fan, mengatakan bahwa mobil ini menjadi merek SUV dengan pertumbuhan tercepat di China. Ia mengungkapkan telah terjadi penjualan lebih dari 1 juta unit secara global dalam waktu 5 tahun. 

Pada tahun 2023 lalu, Jetour Auto mencatat total penjualan tahunan yang meningkat sebesar 75% year on year (YOY). Mobil ini berhasil meraup penjualan tahunan mencapai 315.167 unit mobil. 

Yang Fan menilai Indonesia sangat ideal sebagai pasar dari mobil Jetour. Alasannya karena mobil SUV menjadi jenis mobil yang sangat digemari oleh konsumen di tanah air. Fakta menunjukkan 3 dari 10 mobil terlaris saat ini adalah model SUV.

“Jetour didirikan pada tahun 2018 dan sekarang ini adalah merek SUV dengan pertumbuhan tercepat di Tiongkok. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia pasar terbesar di Asia Tenggara dengan penjualan lebih dari 1 juta unit per tahun,” tutur Yang Fan di Jakarta pada Jumat (8/3).

Jetour membawa campaign dengan slogan “Travel+” sebagai strategi utama branding. Sementara filosofi yang dibawa adalah “Defining journeys through actions”. Jetour hadir sebagai produk mobil yang mengintegrasikan pengguna, kendaraan, dan lingkungan. 

Mobil Jetour yang Akan Dijual di Indonesia

Jika saat ini merek mobil China yang dijual di Indonesia identik dengan kendaraan listrik (EV), Jetour hadir dalam wajah lain. Jetour pilih mengambil ceruk pasar mobil SUV. 

Pada pertengahan tahun nanti, Jetour bakal meluncurkan dua model SUV untuk konsumen Indonesia. Ada Jetour Dashing dan Jetour X70 Plus yang siap menemui pecinta mobil SUV. 

“Kami berencana resmi meluncurkan dan memulai penjualan retail pada Q3 2024,” tutur Yang Fan.

Acara peluncuran mobil Jetour ini akan digelar di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Kedua mobil yang dikenalkan, Jetour Dashing dan Jetour X70P merupakan SUV konvensional berbasis mesin bensin 1.500 cc turbo. 

Yang Fan mengungkapkan bahwa kedua mobil SUV tersebut merupakan rakitan lokal. Jetour menjalin kerja sama dengan pabrik perakitan mobil Handal Motor Indonesia. PT HIM dipercaya untuk produksi secara Completely Knock Down (CKD).

“Kami sudah memulai CKD kami sejak tahun ini, model yang kami akan jual adalah rakitan lokal,” ucap Yang Fan.

Spesifikasi Mobil Jetour yang Dijual di Indonesia

Jetour sendiri memproduksi berbagai jenis mobil, mulai dari jenis Plug In Hybrid (PHEV), mobil listrik (EV), mesin kombusi pembakaran dalam (ICE). Namun untuk peluncuran pertama di Indonesia, Jetour baru mengenalkan mobil berbahan bakar bensin. 

Mobil Jetour Dashing dan Jetour X70P bisa dijumpai untuk kali pertama pada event GIIAS 2024 nanti. Jetour Dashing merupakan SUV dengan 5 kursi penumpang. Sementara Jetour X70P merupakan mobil SUV dengan jumlah 7 penumpang. 

Gimana, sudah nggak sabar kan nungguin mobil SUV dari Jetour hadir di Indonesia?  Bagi kamu pecinta EV, jangan murung dulu. Jetour juga punya rencana besar untuk memasukkan mobil listrik/hybrid buat pengguna di tanah air. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *