6 Aplikasi Cek Kemacetan Lalu Lintas untuk Mudahkan Perjalananmu

Terjebak di jalanan yang macet memang bikin pening dan capek sendiri. Kondisi ini sering dialami pengemudi yang tinggal di kota-kota besar maupun ketika perjalanan di hari libur dan weekend. Namun problem ini kini bisa dihindari berkat adanya aplikasi cek kemacetan lalu lintas. 

Pengemudi bisa memanfaatkan aplikasi cek kemacetan lalu lintas untuk memantau kondisi jalan terkini. Melalui aplikasi ini, kamu bisa melihat situasi jalan di sekitar tempat tinggal maupun lokasi yang bakal dituju. Jadi kamu bisa menentukan rute perjalanan yang sekiranya longgar untuk menghindari kemacetan. 

Aplikasi pemantau lalu lintas ini sangat berguna ketika kamu ingin bepergian jarak jauh atau luar kota. Ada beberapa aplikasi cek kemacetan lalu lintas yang bisa kamu gunakan saat momen liburan maupun lebaran. 

Rekomendasi Aplikasi Cek Kemacetan Lalu Lintas

Saat momen liburan seperti lebaran, Natal, dan tahun baru, banyak jalan yang macet. Tentunya kamu nggak ingin lewat jalan yang macet karena bisa menghabiskan banyak waktu dan lelah menunggu. Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan aplikasi cek kemacetan lalu lintas ketika bepergian. 

Aplikasi cek kemacetan lalu lintas dapat diandalkan sebagai navigator saat berkendara. Cukup melihat dari ponsel, kamu bisa tahu mana saja jalan yang padat dan mana yang lancar. Berikut ini beberapa aplikasi cek kemacetan lalu lintas yang bisa kamu pilih:

Google Maps

Google Maps masih jadi aplikasi andalan buat navigasi para pengemudi. Tak hanya digunakan untuk mencari alamat atau lokasi, aplikasi dari Google ini digunakan banyak orang untuk memantau kondisi lalu lintas. 

Banyak orang lebih prefer pakai Google Maps karena aplikasi ini menyediakan fitur yang sangat lengkap. Aplikasi ini menghadirkan layanan pemetaan web yang cukup detail serta dengan berbagai opsi tampilan. Google Maps dapat menunjukkan situasi jalan yang sedang macet, baik itu di wilayah tempat tinggalmu maupun di daerah lain. 

Pada peta yang disediakan Google Maps, akan ditampilkan tiga warna jalan sebagai penanda kondisi lalu lintas. Kamu dapat melihat adanya jalan yang menampilkan warna merah, kuning dan hijau. Warna merah menunjukkan jalan sangat macet. Warna kuning menandakan kemacetan tingkat sedang. Sementara warna hijau berarti lalu lintas lancar. 

Travoy

Jika kamu cari aplikasi cek kemacetan lalu lintas buatan lokal, maka Travoy bisa jadi pilihan yang tepat. Aplikasi Travoy dikembangkan oleh PT Jasa Marga, BUMN yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol. Kamu bisa memakai aplikasi ini sebagai asisten saat mengemudi untuk memantau kondisi jalan.

Travoy dapat menampilkan situasi lalu lintas, sehingga kamu bisa menentukan rute perjalanan yang tepat. Namun, informasi kemacetan jalan yang ditunjukkan oleh aplikasi ini masih terbatas dan belum mencakup semua ruas jalan. Selain itu, aplikasi ini juga belum menyediakan fitur navigasi atau penunjuk arah seperti Google Maps.  

Meski demikian, aplikasi ini menyediakan fitur menarik berupa pantauan kemacetan jalan melalui live kamera CCTV di ruas-ruas jalan tol. Jadi saat akan atau sedang lewat jalan tol, kamu bisa melihat siaran langsung untuk memantau kondisi jalan. 

Waze

Waze juga termasuk aplikasi cek kemacetan lalu lintas yang sudah sangat populer. Aplikasi ini memiliki fitur cukup lengkap seperti Google Maps. Melalui aplikasi ini, kamu bisa melihat peta dan mengaktifkan navigasi atau penunjuk arah jalan. 

Aplikasi Waze menghadirkan fitur untuk melihat kondisi lalu lintas di ruas-ruas jalan. Mirip seperti GMaps, situasi lalu lintas akan ditampilkan dengan tiga warna, yaitu merah, kuning, dan abu-abu. Jika jalan berwarna merah maka berarti sedang macet parah. Sementara warna kuning menunjukkan tingkat macet biasa dan warna abu-abu artinya lancar. 

RTTMC

Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) merupakan aplikasi pemantau lalu lintas yang dihadirkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan jika ingin melihat kondisi lalu lintas saat sedang bepergian.

Fitur pantauan lalu lintas yang disediakan RTTMC mirip dengan Travoy, yakni siaran secara langsung dari CCTV. Aplikasi ini menyediakan tayangan CCTV yang terpasang di ruas-ruas jalan di lebih dari 30 lokasi titik rawan kemacetan. 

Tol Kita

Tak mau ketinggalan, Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR juga menyediakan aplikasi cek kemacetan lalu lintas bernama Tol Kita. Aplikasi ini juga bisa jadi pilihan kamu untuk mengecek kondisi jalan yang akan dilewati. 

Aplikasi Tol Kita juga menampilkan situasi lalu lintas melalui kamera CCTV di ruas-ruas jalan tol. Jadi kamu bisa melihat secara langsung mana saja jalan-jalan yang sedang macet maupun yang lancar. 

Itulah tadi rekomendasi aplikasi cek kemacetan lalu lintas yang bisa kamu pilih sebagai partner mengemudi. Aplikasi pantauan lalu lintas ini sangat membantu ketika kamu ingin pergi liburan, pulang kampung saat lebaran, maupun mobilitas sehari-hari pergi dan pulang kerja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *