Pameran Bus Terbesar, Bussword 2024 Siap Digelar di Jakarta

Pemeran bus terbesar se-Asia Tenggara ‘Bussworld 2024’ siap diadakan di Jakarta. Acara pameran kendaraan besar ini akan digelar pada 15-17 Mei di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Event ini tentunya sangat dinantikan oleh para pebisnis di industri otomotif dan bus lovers. 

Busworld 2024 bakal diramaikan 100 eksibitor atau peserta pameran dari 30 negara. Ada hal menarik lainnya yang bisa dijumpai dalam pameran bus terbesar se-ASEAN ini. Jajaran bus-bus listrik berteknologi terbaru akan mejeng di ruang pemeran. 

Pameran bus berskala internasional ini diselenggarakan oleh PT Global Expo Management (GEM Indonesia) berkolaborasi dengan Busworld International yang berpusat di Belgia. Lantas apa saja merek bus-bus yang akan tampil dalam Busworld 2024?

Mendukung Industri Otomotif di Sektor Kendaraan Niaga

Busworld 2024 digelar dalam rangka mendorong geliat industri otomotif di sektor kendaraan niaga. Baki Lee, Direktur PT GEM Indonesia, mengatakan bahwa pameran bus ini difokuskan untuk mewadahi kegiatan business to business (B2B) dan business to government (B2G). 

“Busworld Indonesia tahun ini dipastikan akan punya skala lebih besar dibandingkan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Konsepnya masih sama, kita akan fokus pada B2B dan B2G,” tutur Baki Lee saat konferensi pers, Kamis (7/3) lalu

Baki Lee juga menyampaikan bahwa Bussworld 2024 bakal jadi momen bagus untuk pelebaran bisnis sekaligus pertukaran teknologi di industri kendaraan niaga. Lewat pameran bus ini, para ahli transportasi bisa membangun networking, sharing knowledge, dan mengikuti perkembangan teknologi terkini pada kendaraan niaga. 

“Bicara soal sektor kendaraan niaga, skala dari eksibitor yang akan hadir besok terbilang luar biasa. Dari laporan yang sudah saya terima, ada banyak sekali model bus listrik canggih yang bakal hadir,” kata Baki Lee.

Promotor Busworld 2024 tersebut juga menyebut pameran ini memiliki skala lebih besar dibandingkan event di tahun-tahun sebelumnya. Tak sekadar ajang unjuk gigi kecanggihan bus-bus, Baki Lee juga menyebut pameran ini akan mengarah ke forum penanaman modal. 

“Arahnya cenderung ke business expo, tapi masih di sektor otomotif karena melibatkan bus dan kendaraan niaga,” ucapnya.

Sebagai salah satu pihak yang terlibat, Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKERINDO) juga mendukung penuh terselenggaranya pameran Busworld 2024. Jimmy Tenacious, Ketua Umum ASKERINDO, mengaku optimis pameran bus ini bisa membawa dampak positif bagi industri bus di tanah air. 

“Indonesia memang sudah umum dengan bus listrik, tapi beberapa negara sudah mengadopsi konsep ini lebih dulu dan teknologinya jelas lebih maju. Ini (Busworld 2024) momen baik untuk evaluasi kita, sudah sejauh mana perkembangan bus listrik di kancah Internasional,” tutur Jimmy Tenacious.

Deretan Perusahaan Bus yang Ikut Pameran Busworld 2024

Sejumlah perusahaan karoseri ternama bakal mengikuti pameran Busworld 2024. Mereka hadir untuk memamerkan koleksi bus listrik produksi masing-masing. Nama-nama perusahaan besar yang akan mengisi acara, di antaranya New Armada, Laksana, Adiputro, dan Tentrem. 

Tak hanya karoseri dari dalam negeri, pameran Busworld juga turut diramaikan oleh perusahaan bus ternama dari luar negeri. Sebagai ajang pameran taraf internasional, Baki Lee menyebut akan ada dua karoseri mancanegara yaitu Yutong dan Golden Dragon. 

Rangkaian Acara Busworld 2024

Sebagai informasi, event Busworld ini tidak hanya menampilkan pameran bus-bus listrik saja. Acara ini juga menghadirkan beberapa program unggulan, seperti Busworld Conference 2024 dan Company Pitch Program. 

Company Pitch Program merupakan kegiatan yang menjadi terobosan baru dari Busworld Southeast Asia. Kegiatan ini akan mempertemukan para supplier pendukung komponen bus dengan perusahaan manufaktur, pemangku kebijakan, dan bodybuilder

Sedangkan Busworld Conference 2024 merupakan acara talkshow atau sharing wawasan mengenai industri kendaraan niaga, khususnya bus. Jadi para peserta maupun pengunjung bisa mendapatkan banyak informasi menarik, mengikuti upgrade teknologi, dan berjejaring. 

Selain itu, para eksibitor atau peserta pameran juga akan meluncurkan produk terbaru mereka. Pengunjung bisa menyaksikan bagaimana spesifikasi produk terbaru, mulai dari bus premium, balk bus listrik, bus pariwisata, dan jenis bus lainnya. 

Bagaimana para pecinta otomotif, even Busworld 2024 perlu masuk list agenda kamu di bulan Mei kan? Mengingat hanya berlangsung selama 3 hari, pastikan kamu menyiapkan waktu kunjungan sejak jauh-jauh hari. Di ajang pameran bus ini, dijamin kamu bakal dibuat kagum dengan bus-bus yang tampil dengan lebih fituristik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *