Komparasi Honda Stylo 160 vs Yamaha Grand Filano, Pilih Mana?

Honda Stylo VS Yamaha Filano (sumber: Youtube Otomotif TV)

Bulan Februari yang lalu PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan sepeda motor matic retro terbarunya, yaitu Honda Stylo 160. 

Menariknya, walaupun berbeda dari kapasitas mesin, banyak netizen otomotif yang menyandingkan Honda Stylo 160 dengan Yamaha Grand Filano. Penyebabnya tak lain karena keduanya memiliki bahasa desain yang sama yaitu retro dengan harga yang tak terpaut jauh. 

Lantas, Bagaimana Komparasi Keduanya? 

Honda Stylo 160 vs Yamaha Grand Filano: Mesin

Tak afdol memulai komparasi kedua motor ini dari sektor mesin. Pada sektor ini, Honda Stylo 160 dibekali mesin berkapasitas 156,9 cc, 4 katup berpendingin cairan bertekbologi eSP+. 

Mesin ini diklaim Honda sanggup menghasilkan tenaga 15,1 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 18,8 Nm pada 7.000 rpm. 

Sedangkan Yamaha Grand Filano dipersenjatai mesin 124,8 cc, 4 katup berpendingin udara berteknologi Mild Parallel Hybrid. 

Buat kamu yang belum tahu, Mild Parallel Hybrid adalah teknologi yang memanfaatkan tenaga listrik dari baterai dan unit Smart Motor Generator (SMG). Gunanya untuk membantu mesin berakselerasi. 

Teknologi ini dianggap dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa mesin. Hanya saja sistem yang diberi nama Electric Power Assistant (EPAS) ini hanya berfungsi selama tiga detik awal saat berakselerasi. 

Mesin ini mampu menghasilkan output 8,18 dk pada 6.500 rpm, dengan torsi 10,4 Nm di 5.000 rpm. 

Fitur Unggulan Honda Stylo 160 vs Yamaha Grand Filano

Beranjak ke fitur unggulan, Honda Stylo 160 dibekali dengan headlight LED, smart key, full digital speedometer dan USB charger tipe A untuk menemani perjalanan. 

Pada sisi pengereman, Honda Stylo 160 dibekali double disc brake berdiameter 220 mm, berpadu dengan teknologi ABS pada varian tertingginya. 

Di satu sisi, Yamaha Grand Filano dibekali dengan Full LED System, digital speedometer with TFT sub-display dan smart electric powe socket. 

Yamaha Grand Filano juga dipersenjatai Y-connect yang memungkinkan pengguna terhubung dengan motornya lewat smartphone. 

Pada intinya, keduanya berhasil menyetak klasik motor matic dengan konsep yang 11 12 alias mirip-mirip. Perihal bagaimana ketangguhan mesin dan performanya di jalan, untuk sekelas Honda dan Yamaha sudah tak perlu diragukan lagi. Jadi, kamu tim mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *