Lakukan Hal ini Biar Nggak Ketipu Saat Beli Mobil Seken!

Beda dengan zaman dulu bahwa mobil sebagai salah satu lambang kemakmuran, sekarang punya mobil bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan. Tak harus mobil baru, mobil bekas juga menjadi buruan. Di Facebook Marketplace misalnya, ribuan postingan jual mobil bekas bisa dengan mudah ditemukan. 

Karena itu, biar nggak ketipu seller nakal saat berburu mobil bekas, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini, lho. Apa saja? 

Yang Harus Dilakukan Saat Beli Mobil Bekas

Apa yang Pertama dilakukan Saat Mau Beli Mobil Bekas? Inspeksi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan saat menemukan mobil bekas impian adalah inspeksi. Bahasa mudahnya adalah pengecekan. 

Apa saja yang harus dicek? Banyak! 

Pertama, tentu saja fisik dari mobil tersebut. Misalnya apakah catnya asli atau bekas dempulan. Bisa juga body mobil bekas kecelakaan atau bukan. Kalau iya, separah apa kerusakannya. Jika bekas keserempet, sepertinya masih bisa dimaklumi, ya. Hehehe.

Selain itu karena banyak daerah di Indonesia mulai sering kebanjiran saat musim hujan, pastikan mobil incaranmu bukan mobil bekas kebajiran, yhaa. 

Mobil bekas banjir sendiri kalau rusak itu effort banget perbaikannya. Apalagi kalau yang rusak bagian mesin. Harus membongkar secara keseluruhan dan pasti biayanya nggak murah. 

Test Drive

Hal selanjutnya yang harus dilakukan saat membeli mobil murah adalah test drive. Dengan test drive, kamu akan tahu, nih, seperti apa performa mobil yang sedang diincar. 

Saat test drive, perhatikan betul-betul mulai dari bagaimana laju kendaraan, tarikannya, kondisi rem, transmisi, hingga ke bagian kaki-kaki. Rasakan, apakah mobil tersebut masih nyaman atau tidak. 

Kalau kamu masih awam soal permobilan, alangkah baiknya untuk mengajak seorang teman yang memang paham dengan seluk beluk kendaraan. 

Oh iya, saat test drive, pastikan untuk mencoba semua fitur-fitur yang ada pada mobil tersebut. Biar apa? Yak, biar nggak menyesal nantinya, kalau ternyata ada fitur yang nggak kamu sukai dari mobil tersebut. 

Pastikan Kelengkapan Dokumen

Namanya juga mobil bekas. Salah satu bagian yang cukup tricky saat akan membeli mobkas adalah kelengkapan dokumen. 

Mobil incaranmu harus punya dokumen legalitas yang lengkap. Cek nomor rangka, nomor mesin, dan cocokkan dengan yang tertulis di STNK dan BPKB. 

Jangan sampai kamu malah beli mobil bodong, ya, pokoknya jangan sampai! 

Membeli mobil bekas jadi pilihan banyak orang. Tapi jangan sampai asal sembarangan beli, ya. Kamu bisa menerapkan cara-cara di atas supaya enggak gampang diakali seller mobil bekas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *