Terdapat beberapa jenis sistem penggerak roda mobil yang perlu dikenali sebelum membeli mobil. Mungkin juga masih ada sebagian pemilik mobil yang belum tahu perbedaan dari macam-macam sistem penggerak ban mobil, yaitu 4WD, FWD, dan RWD.
Mobil-mobil keluaran terbaru banyak yang menggunakan sistem penggerak 4 Wheel Drive (4WD). Apabila kamu melihat mobil yang tersemat emblem 4WD di bodinya, berarti mobil ini memakai sistem penggerak 4 roda.
Setiap sistem penggerak roda mobil memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Lantas apa perbedaan dari 4WD, RWD, dan FWD yang penting dipahami oleh pengguna mobil?
Perbedaan Sistem Penggerak 4WD, FWD, dan RWD Mobil
Sistem penggerak 4WD disebut menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan sistem penggerak lainnya. Mobil 4WD memungkinkan pengemudi mengatur distribusi tenaga ke roda sesuai gaya berkendara. Selain itu, mobil dengan sistem penggerak ini memberikan traksi lebih maksimal serta kendali kemudi yang lebih responsif.
Untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara kerja masing-masing sistem penggerak roda mobil, simak penjelasan berikut ini:
Sistem Penggerak 4WD
Sistem penggerak 4WD adalah sistem yang memungkinkan semua roda mobil berfungsi untuk menggerakkannya. Sistem ini sangat sesuai untuk mobil dengan performa tinggi karena empat roda yang bergerak memberikan traksi optimal.
Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan stabilitas kendaraan. Itulah mengapa sistem penggerak 4WD sering digunakan pada model SUV dan mobil yang mampu melintasi jalur offroad.
Namun mobil dengan penggerak 4WD biasanya lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan mobil yang menggunakan sistem penggerak roda lainnya. Mesin mobil 4WD harus menggerakkan empat roda, sedangkan mesin mobil RWD dan FWD hanya menggerakkan dua roda.
Sistem Penggerak FWD
Sistem penggerak FWD adalah sistem di mana roda depan menjadi penggerak utama kendaraan. Mobil dengan sistem FWD tidak memerlukan as kopel. Oleh karena itu, bobot mobil FWD biasanya lebih ringan dibandingkan dengan mobil RWD dan AWD.
Dengan bobot yang lebih ringan, mesin tidak perlu bekerja sekeras pada sistem AWD dan RWD untuk menggerakkan mobil. Cara kerja ini membuat konsumsi bahan bakar mobil FWD cenderung lebih efisien.
Kelebihan yang satu inilah yang membuat banyak produsen mobil memilih menggunakan sistem penggerak FWD dibandingkan jenis lainnya. Mobil FWD juga menawarkan keunggulan lain berupa akselerasinya yang lebih cepat.
Dalam sistem penggerak ini, tenaga dari mesin dapat langsung disalurkan ke roda depan. Namun mobil dengan sistem penggerak FWD sering menghadapi masalah pada bagian kaki-kaki depan karena harus menanggung beban mesin yang cukup berat.
Sistem Penggerak RWD
Sistem penggerak RWD menggunakan roda belakang sebagai penggerak kendaraan. Mobil RWD memiliki poros yang mengirim tenaga dari mesin yang terletak di bagian depan mobil ke roda penggerak di bagian belakang.
Mobil dengan sistem penggerak RWD umumnya menunjukkan stabilitas yang baik karena penggerak berada di bagian belakang kendaraan. Posisi tersebut menghasilkan respons setir yang lebih presisi saat mobil bergerak maju, mundur, maupun melakukan belokan.
Mobil RWD memiliki keunggulan saat melaju di jalan menanjak karena roda belakang sebagai penggerak tetap mempertahankan traksi yang baik. Kondisi ini disebabkan oleh distribusi beban mobil yang cenderung terfokus ke bagian belakang, sehingga memungkinkan ban untuk menapak dengan lebih baik pada permukaan jalan menanjak.
Itulah tadi perbedaan sistem penggerak 4WD, RWD, dan FWD pada mobil. Dengan memahami cara kerja sistem penggerak roda mobil, pengemudi bisa menyesuaikan cara berkendara sesuai kemampuan mobilnya.