Review Lengkap 4 Mobil Listrik BYD yang Resmi Mengaspal di Indonesia 

Mobil listrik BYD di Indonesia

Popularitas mobil listrik BYD di Indonesia terus meningkat, meskipun merupakan pemain baru di pasar EV. Pada event GIIAS 2024, BYD berhasil menjual 2.920 unit dan menempati posisi ke-6 dalam penjualan mobil listrik terlaris di bulan Agustus.

Tingginya pemesanan mobil listrik BYD mampu menggeser merek-merek EV terkenal sekaligus kompetitornya seperti Wuling dan Hyundai. Ada empat model mobil listrik BYD yang tersedia di Indonesia: BYD Atto 3, BYD Seal, BYD Dolphin, dan BYD M6. Dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi unggul, BYD kini menjadi pilihan favorit konsumen lokal.

Bagi kamu yang mencari mobil listrik terbaru dengan spesifikasi unggul, produk BYD layak dipertimbangkan. Melalui artikel ini, kami sajikan spesifikasi lengkap 4 model mobil listrik BYD di Indonesia dari segi desain, fitur, performa, harga, serta kelebihannya dibanding kompetitor.

1. BYD Atto 3, Best Medium SUV EV di IIMS 2024

sumber: doc oto24

BYD Atto 3 pertama kali diperkenalkan ke konsumen Indonesia pada Januari 2024 dan memeriahkan pameran IIMS 2024 di bulan Februari, di mana harga resminya juga diumumkan. SUV listrik ini memenangkan gelar “Best Medium SUV” di ajang tersebut dengan slogan “Elevate Versatility.” Atto 3 hadir sebagai SUV mewah dengan teknologi canggih, cocok untuk keluarga modern. Tersedia dalam dua varian: Advanced (versi standar) dan Superior (versi lebih tinggi), bagaimana specs dan apa perbedaan keduanya?

Desain dan Performa BYD Atto 3

BYD Atto 3 menerapkan desain Dragon-face 3.0 dengan gaya crossover sporty dan elegan. Tampilan depan minimalis dilengkapi logo BYD, lampu LED, dan dRL dengan fitur Follow Me Home. Velg alloy 18 inci dan fitur One Touch Open/Close Gate di pintu belakang menambah kesan gagah. Interiornya berkesan mewah dengan warna dominan hitam-putih, aksen merah, dan panoramic sunroof besar.

sumber: byd indonesia

Untuk kenyamanan, dasbor, jok kulit genuine, dan fitur heated-ventilated dengan lumbar support hadir di kursi pengemudi. Fitur modern seperti head unit 15.6 inci, LCD MID, HUD, serta Voice Command memperkaya teknologi mobil ini. Atto 3 juga dilengkapi lebih dari 21 fitur keselamatan, termasuk ABS, EBD, ADAS, 6-7 airbag, dan kontrol traksi. Fitur lainnya meliputi wireless charging, NFC card key, dan DYNAUDIO 12 speaker.

BYD Atto 3 memiliki performa yang andal baik untuk berkendara di perkotaan maupun perjalanan jauh. Perbedaan utama antara dua varian ini terletak pada kapasitas baterai.

BateraiAtto 3 AdvancedAtto 3 Superior
Kapasitas49,91 kWh60,48 kWh
Jarak Tempuhmaksimal 410 kmmaksimal 480 km

Kedua varian menggunakan mesin bertenaga 201 hp dan torsi 310 Nm, serta dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam 7,3 detik dengan kecepatan maksimum 160 km/jam. Mobil ini juga dilengkapi tiga mode berkendara: Normal, Eco, dan Sport.

Baca Juga: BYD Arista Hadiahkan Hole in One BYD Dolphin dan BYD Atto 3 untuk Pertama Kalinya

Harga dan Varian BYD Atto 3 di Indonesia

Di pasar Indonesia, BYD Atto 3 dibanderol mulai dari Rp456 juta untuk varian Advanced dan Rp515 juta untuk varian Superior. Mobil listrik ini hadir dalam empat warna: cosmos black, sky white, boulder grey, dan surf blue.

Sebagai pesaing utama MG4 EV, BYD Atto 3 lebih unggul dalam kapasitas baterai dengan 49,9 kWh dan 60,48 kWh. Sementara MG4 EV hanya memiliki kapasitas 51 kWh dengan jangkauan 425 km.

Dari segi performa, BYD Atto 3 juga lebih bertenaga dengan output 201 PS dan torsi 310 Nm, dibandingkan MG4 EV yang menghasilkan 123 dk dan torsi 250 Nm. Keduanya sudah dilengkapi dengan fitur keamanan ADAS, namun MG4 EV dijual lebih terjangkau mulai dari Rp395 juta. 

2. BYD Dolphin, Hatchback Listrik Termurah di GIIAS 2024

sumber: doc oto24

Sama seperti Atto 3, BYD Dolphin diluncurkan di IIMS 2024 sebagai hatchback listrik untuk mobilitas harian dan perjalanan jarak jauh. Selang beberapa bulan, di GIIAS 2024 Dolphin berhasil menarik perhatian sebab menjadi model hatchback listrik termurah di bawah Rp500 juta. BYD Dolphin tersedia dalam dua varian: Dynamic dan Premium dengan tawaran perbedaan spesifikasi yang cukup signifikan.

Desain dan Performa BYD Dolphin

BYD Dolphin hadir dengan desain ‘ocean aesthetics’ yang modern dan dinamis. Varian Dynamic dan Premium memiliki desain eksterior serupa, dengan perbedaan pada velg dan atap. Premium menggunakan velg 17 inci dan dilengkapi panoramic glass, sedangkan Dynamic memakai velg 16 inci tanpa panoramic glass.

sumber: byd indonesia

Interiornya menawarkan kenyamanan dengan ruang yang luas berkat e-Platform 3.0, dilengkapi layar sentuh 12,8 inci dan fitur modern seperti wireless charger dan jok kulit di varian Premium. Dolphin juga memiliki fitur keselamatan lengkap, termasuk ADAS, 7 airbag, dan Adaptive Cruise Control.

Untuk performa, varian Dynamic menggunakan baterai 44,9 kWh dengan jarak tempuh 410 km dan akselerasi 12,3 detik. Sementara Premium memiliki baterai 60 kWh dengan jarak tempuh 490 km dan akselerasi 7 detik. Kedua varian mendukung fast charging dengan waktu pengisian cepat.

Harga dan Varian BYD Dolphin di Indonesia

BYD Dolphin Dynamic mulai dari Rp365 juta, sementara Rp425 juta untuk varian Premium. Dolphin Dynamic hadir dalam pilihan warna exterior seperti urban grey, coral pink, sand white, dan maldive purple dengan gradasi warna pada interior. Sedangkan versi Premium menawarkan gradasi warna exterior dan interior seperti atlantis grey + delan black (interior: grey + black), coral pink + urban grey (interior: pink + grey), serta ski white + urban grey (interior: grey + black).

sumber: byd indonesia

Dalam pasar persaingan Hatchback EV, Dolphin bersaing dengan Wuling Cloud EV. Meski Cloud EV sedikit lebih besar, Dolphin menawarkan layar sentuh fleksibel 12,8 inci, panoramic roof, dan baterai berkapasitas 60,48 kWh dengan jarak tempuh 490 km. Sedangkan, Cloud EV memiliki baterai 50,6 kWh dan jangkauan 460 km. Harganya, Dolphin lebih murah dibandingkan Cloud EV yang dibanderol mulai Rp398,8 juta. Wah, terbukti menjadi hatchback termurah, ya!

Baca Juga: BYD Jadi Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Menyalip Wuling dan Chery 

3. BYD Seal, Best Sedan EV di IIMS 2024

sumber: kompas.com

BYD Seal adalah sedan listrik mewah di bawah Rp1 miliar sekaligus termurah yang diperkenalkan di IIMS 2024 lalu. Sempat menjadi finalis World Car of The Year, Seal dirancang untuk konsumen yang menginginkan gaya berkendara eksklusif dengan berbagai fitur canggih.

Sedan ini dilengkapi dengan baterai besar dan memiliki jangkauan tempuh yang jauh. Tersedia dalam tiga varian untuk pasar Indonesia: Dynamic, Premium, dan Performance AWD. BYD Seal menawarkan performa dan fitur canggih yang membuatnya menarik bagi konsumen EV mewah di Indonesia.

Desain dan Performa BYD Seal

BYD Seal adalah sedan listrik dengan desain sporty dan futuristik, terinspirasi dari filosofi “Ocean Aesthetics” karya Wolfgang Egger. Bagian depannya minimalis tanpa grill, dan lampu utama berbentuk U menambah estetika visual. Velg berukuran 18 inci untuk varian Dynamic dan 20 inci untuk varian Premium dan Performance, dengan lampu belakang berkonsep “Boundless One-piece.”

Interiornya menghadirkan kenyamanan premium, dengan panoramic roof di semua varian dan kapasitas bagasi 450 liter. Fitur modern termasuk layar sentuh 15,6 inci, sistem audio 12 speaker HIFI Dynaudio, serta fitur keselamatan mutakhir seperti airbag dan kamera 360 derajat. Hanya varian Premium dan Performance yang memiliki fitur door mirror auto tilt dan position memory.

sumber: byd indonesia

BYD Seal memiliki dua opsi motor listrik: motor tunggal untuk varian Dynamic dan Premium, serta motor ganda untuk varian Performance AWD. Untuk setiap variasi, ragam kapasitas dan kemampuan baterainya pun berbeda:

BateraiSeal DynamicSeal PremiumSeal Performance AWD
Kapasitas61,44 kWh82,56 kWh82,56 kWh
Jarak Tempuhmaksimal 510 kmmaksimal 650 kmmaksimal 580 km
Torsi310 Nm360 Nm670 Nm
Akselerasi7,5 detik5,9 detik3,8 detik

Harga dan Varian BYD Seal di Indonesia

BYD Seal dipatok mulai Rp629 juta untuk varian Premium dan Rp719 juta untuk varian AWD Performance. Seal ditawarkan dalam warna Atlantis Grey, Arctic Blue, Aurora White, dan Cosmos Black.

Untuk porsi sedan listrik sporty, BYD Seal bersaing dengan pabrikan Korea Selatan, Hyundai Ioniq 6. Desain Seal lebih tajam dibandingkan Ioniq 6 yang memiliki desain unik dan membulat. Dalam hal ukuran, Ioniq 6 sedikit lebih besar (4.855 mm panjang, 1.880 mm lebar, 1.495 mm tinggi) dibandingkan Seal (4.800 mm panjang, 1.875 mm lebar, 1.460 mm tinggi).

Interior Seal memiliki head unit yang lebih besar, namun dasbor Ioniq 6 terlihat lebih berkualitas. Dari segi performa, Ioniq 6 hanya memiliki satu varian dengan baterai 77,4 kWh yang menjangkau 519 km, sementara Seal Premium dapat menempuh hingga 650 km dengan baterai lebih besar.

Ioniq 6 menghasilkan tenaga 320 dk dan torsi 605 Nm, sedangkan Seal Performance memiliki tenaga 523 dk dan torsi 670 Nm. Dari sisi harga, Ioniq 6 Signature dijual mulai dari Rp1,22 miliar, sedangkan Seal Performance lebih terjangkau dengan harga Rp719 juta, super best deal, bukan?

4. BYD M6, MPEV Termurah di GIIAS 2024

sumber: doc oto24

BYD M6 diluncurkan di GIIAS 2024 sebagai MPV listrik 7-penumpang pertama di Indonesia dengan tawaran harga terjangkau di bawah Rp500 juta! M6 menjadi pilihan populer dengan jumlah pemesanan tertinggi dibandingkan model BYD lainnya seperti Seal, Atto 3, dan Dolphin.

M6 tersedia dalam tiga varian: Standard, Superior, dan Superior Captain Seat yang masing-masing menawarkan spesifikasi dan performa berbeda. MPEV ini cocok untuk keluarga yang mencari kendaraan listrik dengan performa andal dan harga yang kompetitif.

Desain dan Performa BYD M6

BYD M6, MPV listrik yang diimpor CBU dari China, memiliki dimensi seragam untuk ketiga variannya: panjang 4.710 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.690 mm, dengan jarak sumbu roda 2.800 mm dan ground clearance 170 mm. Varian Standar dan Superior dapat menampung tujuh orang, sedangkan Superior Captain Seat hanya enam orang dengan kursi individu di baris kedua. Ruang bagasi bervariasi dari 180 hingga 580 liter.

sumber: byd indonesia

Desain eksterior mengusung konsep “dragon face” dengan gril krom, lampu LED berbentuk L, serta velg 17 inci dan roof rail. Interior dilengkapi panoramic sunroof, kursi elektrik, ventilated seat, dan head unit 12,8 inci dengan fitur Apple CarPlay, Android Auto, dan Bluetooth.

sumber: byd indonesia

Fitur keselamatan termasuk sistem ADAS dengan AEB, LDW, ACC, dan FCW. Varian Superior Captain dan Superior juga memiliki fitur tambahan seperti blind spot detection dan rear cross traffic alert.

BYD M6 menggunakan baterai Ultra-Safe Blade dengan dua kapasitas: 55,4 kWh untuk varian Standar yang menjangkau 420 km dan 71,8 kWh untuk varian Superior yang menjangkau 530 km. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam bervariasi dari 8,6 hingga 10,1 detik, dengan motor listrik AC Permanent Magnet Synchronous Motor yang menawarkan tenaga dari 120 kW hingga 150 kW dan torsi 310 Nm.

Harga dan Varian BYD M6 di Indonesia

Di Indonesia, BYD M6 dijual mulai dari Rp379 juta untuk varian Standard 7-Seater dan Rp429 juta untuk varian Premium. Mobil ini tersedia dalam empat warna eksterior—Crystal White, Ink Stone Blue, Cosmos Black, dan Harbour Grey—dengan interior berwarna hitam dan coklat.

Berbicara persaingan, BYD M6 rivalnya Toyota Innova Zenix yang selama ini mendominasi pasar MPV. M6 menang diharga yang lebih terjangkau berkisar antara Rp477,6 juta hingga Rp633,6 juta. Selain itu, BYD M6 sepenuhnya mengandalkan teknologi listrik, sementara Innova Zenix bermesin Hybrid dengan bensin 2.000 cc dan motor listrik bertenaga gabungan 184 hp dan torsi 205,9 Nm. Menarik ya, kalau kalian pilih yang mana, nih?

Perbandingan Spesifikasi Lengkap 4 Mobil Listrik BYD di Indonesia

Dilihat-lihat, setiap tipe mobil listrik BYD yang masuk di Indonesia punya specs, keunggulan, dan target pasarnya masing-masing, ya. Udah gitu, model yang ditawarkannya pun lengkap, nggak heran mudah banget menggeser pasar EV di Indonesia. Biar mempermudah kamu dalam membandingkan keempat modelnya, simak rangkuman specsnya berikut ini.

SpesifikasiBYD Atto 3BYD DolphinBYD SealBYD M6
Tipe KendaraanSUV kompakHatchbackSedan sportyMPV
Tenaga Maksimum204 hpDynamic: 95 hp

Premium: 201 hp
Premium: 313 hp

Performance AWD: 530 hp

Dynamic: 204 hp
154 hp
Torsi Maksimum 310 NmDynamic: 180 Nm

Premium: 310 Nm
Premium: 360 Nm

Performance AWD: 670 Nm

Dynamic: 510 km
310 mm
Jenis BateraiBlade BatteryBlade BatteryBlade BatteryUltra-Safe Blade Battery
Kapasitas BateraiAdvanced: 49,91 kWh

Superior: 60,48 kWh
Dynamic: 44,9 kWh

Premium: 60,48 kWh
Premium dan Performance AWD: 82,56 kWh

Dynamic: 61.45 kWh
Standard: 55,4 kWh

Superior dan Superior Captain: 71,8 kWh
Jangkauan Advanced: 345 km

Superior: 420 km
Dynamic: 340 Km

Premium: 427 Km
Premium: 570 Km

AWD Performance: 520 Km

Dynamic: 460 Km

Superior dan Superior Captain: 522 Km
Waktu Pengisian Daya Advanced: 10-80% dalam 45 menit

Superior: 10-80% dalam 35 menit
Dynamic: 10-80% dalam 38 menit

Superior: 10-80% dalam 38 menit
Premium dan Performance AWD: 10%-80% dalam 37 menit.

Dynamic: 0-100% dalam 45 menit
Superior Captain: 10-80% dalam 40 menit
Dimensi (PxLxT)4.455 mm x 1.875 mm x1.615 mm, wheelbase 2.720 mm.4.290 mm x 1.770 mm x1.570 mm, wheelbase 2.700 mm.4.800 mm x 1.875 mm x1.460 mm, wheelbase 2.920 mm4.710 mm x 1.810 mm x1.690 mm, wheelbase 2.800 mm
Ground Clearance175 mm130 mm120 mm170 mm
Fitur Keselamatan1) ADAS
2) 7 SRS Airbag
3) Camera 360
4) Anti Lock Braking System (ABS)
5) Electronic Brake Distribution (EBD) 6) Electronic Stability Program (ESP)
7) Comfort Stop (CST)
8) Hill Descent Control (HDC)
9) Automatic Cruise Control
10) Sistem penguncian berbasis Smart Card
11) Ultrasonic Parking Sensor
12) ISOFIX

1) 7 airbag
2) 2 radar ADAS
3) Intelligent driving
4) Driving assistant – Active safety
5) Parking assistance
6) Kamera 360
7) ISOFIX
8) ABS
9) Electric parking brake
10) Electronic stability control
11) Traction control system
12) Cruise control system
13) Adaptive cruise control
14) Blind spot detection
15) Ultrasonic Parking Sensor
1) 9 Airbag
2) Kamera 360
3) ADAS
4) Emergency Lane Keeping Assist (ELKA)
5) Intelligent Cruise Control (ICC)
6) Predictive Collision Control (PCC)
7) Adaptive Cruise Control (ACC)
8) Automatic Emergency Braking (AEB)
9) Lane Departure Warning (LDW)
10) Lade Departure Prevention (LDP) 11) Windshield Head-Up Display 12) Anti Lock Braking System 13) EBD
14) Rear Parking Sensors
15) Child Safety Locks
16) Hill-Start Assist Control
17) 360 Camera
1) 6 airbag
2) ADAS
3) LDW
4) LKA
5) ABS
6) EBD
7) Hill hold control
8) Electronic brake-force distribution
9) Auto hold sampai dengan rear 4 radars
10) Tyre Pressure Monitoring System (TPMS)
11) ACC
12) Vertical Take-Off Landing (VTOL)
13) Vehicle Stability Control System
14) Kamera Belakang 
Fitur Hiburan1) Head unit touch screen 15.6” yang dapat berputar
2) 10.25” LCD MID
3) Head Up Display (HUD)
4) Konektivitas smartphone
5) Voice Command bahasa Inggris
6) Wireless charging (2 unit)
7) Automatic AC dual zone heat pump
8) DYNAUDIO 12 speaker
9) Radio AM/FM
10) Apple Carplay/Android Auto
1) Intelligent rotating touch screen 12.8 inci
2) Dynamic speaker
3) Wireless charger (Extended Range)
4) Voice command (bahasa Inggris, Hi, BYD)
5) Navigasi
6) Portable charging cable (mode 2)
7) AC charging port type 2
8) DC charging port CCS2
1) Layar Infotainment 15,6 inci touchscreen yang dapat diputar
2) 12-speaker Dynaudio
3) Wireless phone charger
4) Radio AM/FM
5) Voice command
6) Soket USB
7) Sistem navigasi
8) Sambungan Bluetooth
9) Vehicle-to-Load (V2L)
10) Windshield Head-Up Display (W-HDU)
1) Layar sentuh 12,8 inci yang dapat diputar 90 derajat
2) Apple Carplay dan Android Auto
3) Bluetooth phone connectivity
4) Audio streaming dengan 6 speakers
5) Port USB type C + Middle Type A
6) Radio AM/FM 
Harga Mulai Rp465.000.000 (Advanced)

Rp515.000.000 (Superior)
*OTR Jakarta
Rp365.000.000 (Dynamic)

Rp425.000.000 (Premium)
*OTR Jakarta
Rp629.000.000 (Premium)

Rp719.000.000 (AWD Performance)
*OTR Jakarta
Rp379.000.000 (Standard 7 Seater)

Rp419.000.000 (Superior 7 Seater)
*OTR Jakarta

Kelebihan Memilih Mobil Listrik BYD

Sebagai pendatang baru di pasar EV, BYD cepat menarik perhatian sebab berbagai keunggulan yang ditawarkan, berupa:

  1. Teknologi Baterai: BYD menggunakan blade battery yang dipatenkan, menawarkan keamanan, daya tahan, dan performa superior.
  2. Jaringan Purna Jual dan Layanan Pelanggan: Dengan target 50 showroom pada akhir 2024, BYD menyediakan layanan 3S (Sales, Service, Spare parts) di seluruh dealer, memudahkan konsumen dalam pembelian, layanan purna jual, dan suku cadang.
  3. Garansi dan Insentif: Konsumen mendapatkan garansi servis pertama dan kedua gratis hingga 60.000 km atau 4 tahun. Menariknya lagi, BYD mendapatkan insentif bebas bea masuk dan PPnBM dari pemerintah.
  4. Komitmen terhadap Kendaraan Listrik: BYD berkomitmen mengembangkan ekosistem EV di Indonesia dengan menyediakan fasilitas pengisian daya dan layanan pendukung lainnya.

Lengkap sudah review Oto24 untuk mobil listrik BYD di Indonesia. Baik itu BYD Atto 3, Dolphin, Seal, dan M6, semua model menawarkan keunggulan masing-masing di kelasnya dan tentunya menarik untuk dipertimbangkan, ya. Pembeli mobil BYD akan mendapatkan keuntungan berkat penggunaan teknologi paten sendiri, disediakan layanan purna jual, dan lainnya. Baca artikel otomotif lainnya di oto24.id dan follow info update di media sosial Instagram @oto24.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *