Balapan Seru Porsche Sprint Challenge Indonesia 2024 di Mandalika, Debut 911 Carrera S!

Porsche Sprint Challenge Indonesia

Porsche Sprint Challenge Indonesia telah digelar di Mandalika Festival of Speed yang berlangsung dari 30 Agustus – Minggu 1 September lalu. Musim kedua dari event ini menampilkan peserta lebih banyak dan balapan yang lebih seru. 

Superstars Motorsport, penyelenggara dan pemegang lisensi Porsche Sprint Challenge Indonesia, mengumumkan daftar tim dan pembalap yang ikut berpartisipasi dalam seri one make race.

“Kami sangat menantikan balapan akhir pekan ini, karena musim kedua Porsche Sprint Challenge Indonesia akan segera dimulai. Kami juga ingin menyambut para pembalap dan tim baru yang akan memulai debutnya di Putaran 1 & 2, yang membuktikan bahwa seri one-make Porsche ini telah meningkatkan minat dan antusiasme para pelanggan kami untuk berlomba di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika,” ucap Bagoes Hermanto selaku CEO Superstars Motorsport.

Dalam ajang balapan bergengsi ini, sejumlah mobil andalan Porsche mengaspal di sirkuit. Porsche 911 GT3 Cup dan 718 Cayman GT4 RS Clubsport terbaru menunjukkan keganasannya bersama para pembalap.

Kategori Pembalap dan Kelas Mobil

Porsche Sprint Challenge Indonesia musim 2024 diramaikan dengan pembalap dan tim baru yang ambisius mengejar gelar juara di kelas dan kategorinya masing-masing. 

“Kami sangat senang Porsche Sprint Challenge Indonesia kembali hadir untuk musim kedua dengan kalender yang lebih luas, peserta baru, dan pengenalan kelas GT4. Sangat menyenangkan untuk menyambut para pendatang baru di seri ini dan juga menyambut kembali sejumlah pembalap yang telah kembali. Kami menantikan musim yang menarik ini dan mendoakan yang terbaik untuk semua peserta,” ucap Alexandre Gibot, Managing Director Porsche Motorsport Asia Pacific Ltd.

Di event kali ini, terdapat tiga kategori pembalap yaitu PRO, PRO AM, dan AM. Pada kelas mobilnya, untuk pertama kalinya dibagi menjadi GT3 Cup dan GT4 yang baru dengan diperkenalkannya Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport.

Daftar Pembalap yang Tampil

Juara AM 2023 Hendrik Jaya Soewatdy menjadi pembalap kategori PRO AM, yang sekarang merupakan bagian dari Rukita Racing. Pembalap Aldio Oekon yang menang di Endurance 2023 tampil sebagai line up utama tim Rocket Racing Bali yang baru. 

Ajang kali ini juga menjadi debut Moreno Soeprapto di Porsche Sprint Challenge Indonesia. Mantan pembalap single-seater tersebut bakal bertanding dengan mobil 911 GT3 Cup dari AMM Motorsport, 

Pembalap dari masing-masing tim menunjukkan kepiawaian melahap sirkuit di Mandalika Festival of Speed. Putaran 1 kelas 911 GT3 Cup diadakan hari Sabtu, 31 Agustus. Sementara putaran 2 berlangsung di hari berikutnya. Setiap balapan memiliki durasi 25 menit dengan satu putaran tambahan mengelilingi Sirkuit.

Debut Prosche 911 Carrera S dan 718 Cayman GT4 RS Clubsport

Akhir pekan balapan pada 11 hingga 13 Oktober menjadi jadwal debut 718 Cayman GT4 RS Clubsport. Peserta sementara kelas ini ada Roman Novak dari Quantum Racing by Fintopio dan Aditya Tania dari Tania Motorsport. 

Tak hanya itu, event ini juga menjadi debut bagi Porsche 911 Carrera S sebagai safety car resmi dari Porsche Indonesia. Mobil 911 Carrera S bertenaga 450 hp hadir sebagai pembuka kecepatan sebelum dimulainya kompetisi balap. 

“Kami sangat antusias untuk memulai musim kedua Porsche Sprint Challenge Indonesia. Seiring dengan persiapan kami untuk balapan akhir pekan pertama, kami sangat antusias untuk menghadirkan safety car resmi baru untuk musim baru ini, Porsche 911 Carrera S. Musim ini menjanjikan untuk menjadi musim yang menarik, dan kami menantikan penampilan bakat dan performa yang luar biasa,” kata Alexander Riedel, General Manager Porsche Indonesia. 

Porsche 911 Carrera S dapat melaju dengan kecepatan tertinggi hingga 308 km/jam. Mobil ini sanggup berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik.

Itulah tadi informasi seputar event Porsche Sprint Challenge Indonesia yang digelar di sirkuit Mandalika. Debut 718 Cayman GT4 RS Clubsport pada 11-13 Oktober mendatang sudah dinanti-nantikan oleh pecinta balap mobil dan penggemar Porsche. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *