Intip Spesifikasi Hyundai Inster, Mobil Listrik Murah Berukuran Mungil

Hyundai Motor Company merilis mobil listrik baru ‘Hyundai Inster’. Mobil berukuran mungil ini disebut akan menjadi kendaraan listrik (EV) murah dari Hyundai. Mobil ini hadir mengisi segmen mobil listrik sub-compact kelas A. 

Pembuatan mobil ini terinspirasi dari Hyundai Casper yang juga berukuran kecil. Mobil Hyundai Casper telah diedarkan lebih dulu di Korea Selatan sejak tahun 2021. Mobil yang diperkenalkan di Busan International Mobility Show ini bakal menjadi tawaran menarik bagi konsumen yang mencari kendaraan listrik harga terjangkau.

Lantas seperti apa spesifikasi mobil listrik Hyundai Inster? Mari simak keterangan lebih detail di bawah ini. 

Spesifikasi Hyundai Inster

Hyundai Inster hadir sebagai mobil listrik kelas menengah dengan spesifikasi yang mumpuni. Mobil ini menawarkan sejumlah keunggulan dalam berbagai segi, mulai dari desain eksterior dan interior, performa mesin, daya listrik, hingga teknologi serta fitur canggih yang memudahkan penggunanya.

Desain Kompak dan Minimalis

Mobil Hyundai Inster dirakit dengan warisan desain Hyundai Casper. Untuk perubahannya, mobil ini dirancang memiliki bodi dan jarak sumbu roda yang lebih panjang untuk memberikan ruang interior lebih luas dan tampilan kian kokoh. 

Dari segi dimensinya, Hyundai Inster dikategorikan di antara city car sub-kompak segmen A dan model compact segmen B yang lebih besar. Dengan interior yang lebih lapang dan kapasitas bagasi lebih luas, mobil ini memberikan fleksibilitas bagi penggunanya. 

Desainnya yang kompak membuat mobil ini nyaman untuk melintasi perkotaan. Selain itu, mobil ini juga memudahkan pengguna ketika melakukan parkir di area yang terbilang terbatas. Bagian eksterior Hyundai Inster memiliki ciri khas bergaya SUV kokoh namun kompak. 

Mobil ini dilengkapi dengan spatbor yang kuat dan bumper yang terlihat berteknologi tinggi. Mobil listrik mungil ini juga tampak identik dengan adanya lampu day time running light LED, lampu sein grafis piksel, lampu belakang, dan bumper. Mobil ini juga menyediakan velg dengan berbagai pilihan berdasarkan speknya. Terdapat velg steel 15 inci, velg 17 inci, dan velg dengan penutup roda. 

Interior Modern

Jika melihat ke kabin mobil, Hyundai Inster membawa kenyamanan dengan adanya teknologi modern. Interior mobil ini memiliki cluster digital berukuran 10,25 inci serta fitur hiburan touch screen berukuran 10,25 inci dengan navigasi dan dock pengisian daya nirkabel.

Interior mobil ini juga menerapkan tema piksel yang menunjukkan kesan mobil berteknologi tinggi. Desain interior Hyundai Inster ini juga dilengkapi hiasan trim pintu atas yang bisa disesuaikan oleh kebutuhan penggunaan pemiliknya.

Bagian interior Hyundai Inster memberikan kelonggaran dengan adanya akses walk-through di tempat duduk baris depan. Semua kursi di kabin mobil ini bisa dilipat rata untuk meningkatkan fleksibilitas, termasuk pada kursi pengemudi. Sementara kursi baris kedua bisa dibagi 50/50 dan bisa digeser serta direbahkan.

Kelebihan lain dari mobil ini adalah eksterior dan interiornya yang memakai material ramah lingkungan. Eksterior mobil listrik ini menampilkan cat daur ulang berwarna hitam mengkilap dengan pewarna yang terbuat dari limbah ban daur ulang. Sementara bagian interiornya menggunakan material polietilen tereftalat (PET) recycle dari botol dan bahan bio-polipropilena yang diekstraksi dari tebu.

Performa Tangguh dan Daya Jangkau Mengesankan

Mobil Hyundai Inster menggendong satu motor bertenaga 71,1 kW (97 PS) pada varian standar. Sementara model Long Range mobil ini dibekali motor bertenaga 84,5 kW (115 PS). Kedua versi tersebut memberikan torsi 147 Nm. 

Mobil listrik mungkin ini punya kemampuan pengisian daya cepat DC, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya. Selain itu, mobil ini juga menawarkan daya jangkau yang mengesankan untuk perjalanan jarak jauh. 

Model Long Range mobil ini mampu menempuh jarak sejauh 355 km dalam satu kali pengisian daya. Sementara konsumsi energinya rata-rata menembus 15,3 kWh/100 km. 

Dilengkapi Teknologi Canggih

Hyundai Inster membawa sejumlah teknologi canggih untuk memanjakan penggunanya. Mobil ini dilengkapi semlah fitur modern untuk sistem keselamatan dan asisten canggih pengemudi. Mobil ini dibekali dengan pencahayaan ambient LED 64 warna, sunroof sekali sentuh, cluster digital, dan aksesibilitas Hyundai Digital Key 2 Touch (NFC).

Mobil listrik berukuran kompak ini memiliki sejumlah teknologi lengkap, termasuk fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) seperti Surround View Monitor (SVM), Monitor Tampilan Titik Buta (BVM), Parking Collision-Avoidance Assist Rear (PCA-R), serta Bantuan Penghindaran Tabrakan Depan 1.5 (FCA 1.5).

Selain itu, mobil ini juga dipercanggih dengan fitur Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Smart Cruise Control (SCC) dengan Stop and Go, Safety Exit Warning (SEW, dan masih banyak lainnya. 

Itulah tadi sekilas spesifikasi Hyundai Inster yang baru saja diluncurkan oleh pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini. Mobil listrik mungil ini kabarnya dijual di bawah 25.000 euro atau sekitar Rp438 juta untuk pasar Eropa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *