Penyebab AC Mobil Nggak Dingin, Gimana Cara Mengatasinya?

Penumpang mobil bisa nikmatin suasana nyaman di dalam kabin berkat adanya Air Conditioner (AC). Kalau nggak ada AC, udara di dalam mobil bakalan panas atau bikin gerah sepanjang perjalanan. Sistem AC memang dipasang buat menciptakan suasana lebih sejuk. 

Pernahkah kamu ngalamin AC mobil yang nggak menimbulkan hawa dingin? Kadang-kadang AC mobil bermasalah atau rusak yang membuat nggak bisa menghembuskan udara sejuk. Kondisi ini pastinya sangat mengganggu kenyamanan ketika menggunakan mobil. 

AC yang tidak berkinerja baik bisa disebabin oleh sejumlah faktor. Ada beberapa penyebab AC tidak terasa dingin yang perlu dipahami oleh pemilik mobil. 

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Tidak sedikit pengguna mobil yang pernah mengeluhkan udara AC yang tidak dingin. Ketika mengalami kondisi ini, pengemudi maupun penumpang terpaksa harus melakukan perjalanan dengan suasana yang gerah dan panas. 

Sistem AC yang bermasalah sebaiknya harus segera ditangani dan nggak dibiarkan berlarut-larut. Berikut ini beberapa penyebab AC tidak dingin yang mungkin terjadi di mobilmu:

1. Kondensor Tersumbat

Salah satu masalah umum yang nyebabin AC nggak ngeluarin hawa dingin adalah karena kondesor tersumbat. Kondensor terletak di bagian depan mobil dan fungsinya untuk mendinginkan freon. 

Apabila kondensor kotor atau berdebu, aliran udara yang diperlukan buat membuang panas dari freon bakal jadi terhalang. Untuk mengatasi gangguan ini, pemilik mobil harus rutin bersihin kondensor dari debu dan kotoran yang menempel supaya AC tetap menghasilkan dingin.

2. Freon Habis

Penyebab lainnya dari AC tidak dingin mungkin karena freon yang udah habis. Freon adalah komponen utama yang membuat AC menghasilkan dingin. Apabila freon habis, AC hanya akan hembusin angin tanpa pendinginan. 

Buat mengatasi AC tidak dingin karena freon habis, pemilik mobil juga harus runtin memeriksa freon dan mengisi ulang jika sudah habis. Bawalah mobilmu ke bengkel yang nyediain layanan tersebut. 

3. Extra Fan Mati

Extra fan mati juga bisa nyebabin AC jadi nggak dingin. Komponen ini letaknya ada di depan kondensor. Ketika extra fan mati, kinerja pendinginan AC bakalan berkurang. Kondisi ini bikin suasana di kabin mobil tetap panas karena AC hanya mengeluarkan angin. 

Pemilik mobil dapat ngatasin masalah ini dengan berkonsultasi ke ahli AC mobil. Jangan ragu buat bertanya-tanya ke bengkel mengenai gangguan pada AC mobilmu. Sebaiknya bawa mobilmu langsung ke bengkel agar extra fan yang mati bisa segera diperbaiki. 

4. Kompresor AC Rusak

Kondisi AC yang tidak dingin juga bisa disebabin oleh kompresor AC yang rusak. Kompresor merupakan bagian yang bertanggung jawab untuk mengompres freon. Ketika kompresor rusak, sistem tidak akan mampu menghasilkan tekanan yang cukup buat gerakin freon secara efektif. 

Adanya masalah tersebutlah yang membuat AC jadi tidak menghasilkan udara dingin. Buat memperbaiki kerusakannya, sebaiknya bawa mobilmu ke bengkel untuk diperiksa dan perbaikan kompresor AC yang rusak. 

5. Penyumbatan Evaporator

Masalah lain yang bisa membuat AC jadi nggak dingin adalah terjadinya penyumbatan evaporator. Evaporator yang tersumbat oleh debu atau kotoran akan menghambat aliran udara dari blower, sehingga mengganggu sirkulasi AC. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu harus rutin membersihkannya secara berkala di bengkel mobil.

6. Belt Kompresor Rusak atau Longgar

Belt kompresor harus dalam kondisi baik supaya kompresor bisa berputar dengan lancar. Apabila belt longgar atau rusak maka bisa mengganggu kinerja AC mobil. Jadi selalu pastikan belt dalam keadaan baik dan tidak longgar untuk memaksimalkan kinerja AC mobil.

Itulah tadi beberapa kemungkinan penyebab AC mobil tidak dingin. Apabila kamu ngalamin masalah tersebut di mobilmu, sebaiknya cek sejumlah komponen yang disebutkan d atas. Jika mendapati adanya kerusakan, segera bawa mobilmu ke bengkel buat diperbaiki. Baca juga 

sumber foto: imagine.art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *