Pameran “Beyond Performa 50 Year of Porsche Turbo”, Merayakan Perjalanan Mobil Sport Porsche

Pameran spesial “Beyond Performance. 50 year of Porsche Turbo” dibuka selama lima setengah bulan ke depan. Porsche Museum menghadirkan banyak mobil sport dan pameran kecil dalam acara yang berlangsung di Stuttgart, Jerman. 

Dari tanggal 30 Juli hingga 12 Januari mendatang, para pecinta mobil sport bisa mengunjungi pameran untuk melihat dari dekat produk andalan Porsche. Digelar di negara asalnya, pameran ini dipersembahkan bagi pecinta mobil sport Porsche yang identik dengan mesin turbonya. 

Merayakan Perjalanan Porsche Turbo

Event pameran ini diselenggarakan untuk memperingati hari jadi Porsche Turbo yang sudah berkiprah selama 50 tahun. Stuttgart Turbo dari Zuffenhausen mewakili perpaduan dari pengalaman dan kesuksesan, serta performa dan kegunaan sehari-hari menemani perjalanan.

Setiap mesin Turbo yang dirakit oleh Porsche mewujudkan semua kemenangan yang dirayakan Porsche di arena balap dunia. Porsche Museum menghadirkan ruang bagi kisah-kisah inspiratif tentang keberanian. 

Pengunjung pameran diajak merasakan kisah-kisah tentang arti dari menguasai tantangan dan melampaui hal yang biasa secara berkali-kali. Kisah yang merekam evolusi berkelanjutan dari mobil klasik yang timeless, tentang mendorong batas-batas dari yang mampu dilakukan, journey yang membedakan Turbo. 

“Dalam pameran khusus ini, kami memberikan wajah ‘Turbo feeling’ pada semua jajaran model. Kami menunjukkan resep Turbo untuk sukses dengan menggunakan berbagai macam mobil sport dan pameran, mulai dari ‘Turbo look’ hingga turbocharging,” ucap kurator Iris Haker. 

Setelah mengunjungi pameran di Porsche Museum, harapannya para penggemar akan sepakat menyatakan “ketika Anda berbicara tentang Turbo, yang Anda maksud adalah Porsche”.

Pengalaman Bersama Teknologi Turbo

Tim Porsche Museum telah merancang persembahan khusus untuk pengunjung. Konsep pameran menyuguhkan pesan-pesan yang akan menginspirasi, memberi informasi, serta menawarkan kejutan demi kejutan. 

“Kami akan menampilkan mobil dan pameran kecil yang belum pernah dilihat sebelumnya dalam sebuah pameran,” kata Haker. 

“Penggemar teknologi dapat menantikan model-model potongan yang memvisualisasikan teknologi Turbo.” 

Salah satunya, pengunjung bisa melihat etalase sepanjang 13 meter yang diisi pameran teknis, gambar, dan foto. Hal ini juga meliputi turbocharger, katup pintas, K-Jetronic, dan pendingin udara.

Pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman sebanyak yang mereka inginkan melalui tayangan film. Dari layar besar yang menampilkan film, pengunjung bisa melihat penjelasan mengenai topik pengembangan, teknologi, dan interior.eksterior. 

Porsche Museum turut memperlihatkan lembar spesifikasi asli Porsche 911 Turbo RSR dari IAA Frankfurt Motor Show 1973, gambar teknis Porsche Coupé generasi 930, model desain dari awal tahun 1970-an, dan spoiler dari Porsche 911 generasi 991 dengan aerodinamika aktif.

Mobil yang Hanya Diproduksi Satu Kali

Salah satu mobil pertama yang menyapa pengunjung pameran adalah model khusus yang hanya diproduksi satu kali. Prosche 911 Turbo pertama dibuat sebagai hadiah ulang tahun ke70 Louise Piëch, saudara perempuan Ferry Prosche. 

Mobil yang dirakit sebagai hadiah pada 29 Agustus 1974 ini memiliki bodi sempit dan mesin 2,7 liter. Prosche 911 Turbo dikeluarkan sebagai mobil sport bertenaga 191 kW (260 PS). Mobil ini memliki bodi khusus 911 Carrera 2.7 yang dibuat sebagai penanda 25 tahun mengaspal dengan bentuk yang paling indah. 

Mobil lainnya yang hanya ada satu kali di pameran khusus ini adalah 911 Turbo generasi 992 dengan lapisan dua warna perak. Di spot yang berbeda juga membahas topik-topik seperti ‘The Turbo Principle’, ‘Beyond Turbo’, dan ‘Motorsport’. 

Dipajang saling berhadapan, ada Porsche 911 rilisan 1976 milik Ferry Porsche dan mobil 911 Turbo LEGO® Big Brick warna Oak Green Metallic. Kedua mobil sport ini menggambarkan dinamika, kenyamanan, dan kemajuan berkendara dengan tetap menjaga DNA Porsche.

Pembelajaran Dunia Turbo kepada Anak-Anak

Porsche Museum untuk pertama kalinya menyediakan pembelajaran digital kepada anak-anak melalui petualangan “Tina and the Turbo Secret”. Fasilitas ini dihadirkan untuk memberikan wawasan tentang dunia turbo dengan penjelasan yang sesuai usia mereka.

Pengunjung cilik akan dibimbing dengan panduan multimedia dari maskot Porsche 4Kids bernama Tina Turbo. Insinyur balap Tina menerima surat dari seorang anak yang bertanya: dari mana nama Turbo berasal dan mengapa Porsche Museum merayakan 50 tahun Turbo. 

Para pengunjung cilik bisa mencari dan menemukan banyak informasi menarik berkaitan dengan Turbo. Mereka akan mengikuti petualangan menemukan beberapa mobil Turbo yang tidak biasa dan mencari tahu kesamaan antara Tina, anak-anak, dan Porsche Turbo. 

Petualangan “Tina and the Turbo Secret” tersedia dalam bahasa Jerman dan tujuh bahasa lainnya. Area Porsche 4Kids di pameran ini juga meliputi 911 Turbo dari LEGO®, pancuran suara, serta berbagai kegiatan interaktif menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *