Mercedes-Benz Kirim 16 Mobil Listrik ke IKN, Dukung Perayaan HUT RI ke-79

Mercedes-Benz mengirim sejumlah 16 mobil listrik ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Belasan unit mobil listrik tersebut terdiri dari tiga model Mercedes-Benz EQ, yakni EQE SUV, EQE Saloon, dan EQS Saloon. 

PT Inchcape Indomobil selaku distributor resmi Mercedes-Benz di Indonesia telah menyerahkan 16 kendaraan listriknya ke kantor Sekretariat Presiden. Mobil-mobil tersebut didatangkan untuk mendukung peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan di IKN untuk pertama kalinya. 

Spesifikasi Mobil Listrik Mercedes-Benz yang Dikirim ke IKN

Pabrikan otomotif asal Jerman ini membawa tiga model mobil listrik andalannya untuk ikut serta dalam momen penting di IKN. Tak hanya tampil sebagai kendaraan mewah dan berkualitas tinggi, kehadiran mobil listrik Mercedes-Benz model EQ juga sebagai dedikasi dalam geliat elektrifikasi. 

“Kendaraan-kendaraan ini mewakili kualitas terbaik Mercedes-Benz dalam hal kemewahan, inovasi mesin, dan teknologi ramah lingkungan. Pemakaian kendaraan ini pada acara yang bersejarah di IKN memperkuat dedikasi Mercedes-Benz terhadap strategi elektrifikasi yang dijalankan secara global,” tulis Mercedes-Benz dalam siaran persnya, Senin (12/8).

Tiga model mobil EQE Saloon, EQE SUV, dan EQS Saloon bakal melintasi jalanan IKN di Kalimantan Timur. Seperti mobil-mobil luxury Mercedez-Benz biasanya, tiga produk tersebut memiliki spesifikasi unggulan. 

Mobil EQE Saloon diberkali dengan baterai lithium-ion 90 kWh sebagai sumber energinya. Tenaga motor listrik mobil ini mampu menghasilkan kekuatan mencapai 292 hp dan torsi 565 Nm. Mobil yang sanggup menempuh jarak 673 km ini dibanderol dengan harga Rp2.3 miliar (off the road).

Seri EQE SUV hadir sebagai model yang lebih besar dengan harga Rp2.850 miliar (off the road). Mobil ini menggendong baterai berkapasitas 90 kWh yang sanggup menjangkau jarak 566 km. Performa mobil ini digerakkan dengan motor listrik yang dapat menghasilkan 292 hp dan torsi 765 Nm. 

Sementara EQS Saloon adalah unit yang termahal di antara ketiga model Mercedes-Benz EQ. Mobil listrik flagship ini ditawarkan dengan harga Rp2.894 miliar (off the road) dan varian tertingginya seharga Rp3.95 miliar (off the road). Varian paling bawah mobil dibekali baterai berkapasitas 107,8 kWh dengan jarak tempuh hingga 770 km.

Mercedes-Benz Mendukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia

Presiden Direktur Inchcape Automotive Indonesia, Khoo Shao Tze, menyampaikan bahwa pihaknya merasa terhormat bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mercedes-Benz mendukung visi pemerintah Indonesia dalam membangun masa depan yang lebih berkelanjutan.

“Partisipasi Mercedes-Benz dalam acara ini lebih dari sekedar perayaan; ini mencerminkan komitmen kami untuk secara signifikan mendorong transformasi kendaraan listrik di Indonesia. Kami sangat senang melihat kendaraan listrik kami memainkan peran kunci dalam membentuk masa depan mobilitas di IKN,” ucap Khoo Shao Tze.

Penyerahan mobil listrik Mercedes-Benz untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI di IKN merupakan langkah lanjutan dari aktivitas-aktivitas yang sudah dijalankan dalam mendorong iklim elektrifikasi. Pihaknya terus mendukung percepatan transisi menuju penggunaan electric vehicle (EV) di Indonesia.

“Kontribusi signifikan untuk acara bersejarah ini menandakan komitmen Mercedes-Benz terhadap mobilitas berkelanjutan dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Khoo Shao Tze.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga sudah menegaskan bahwa wilayah di IKN nantinya hanya boleh dilintasi oleh kendaraan listrik. Arahan ini bertujuan untuk menjaga kualitas udara di area tersebut agar tetap bersih atau sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *