Volvo EX30 Tampil Perdana di GIIAS, Juara World Urban Car

Peluncuran Volvo EX30 di GIIAS 2024

Tangerang, 17 Juli 2024 – Volvo Cars Indonesia ikut memeriahkan event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dengan meluncurkan EX30. Volvo EX30 merupakan mobil SUV full-electric pertama dari merek asal Swedia ini.

Produk dari Volvo ini sudah sangat dikenal sebagai mobil dengan segudang penghargaan. EX30 berprestasi sebagai mobil Volvo dengan jejak karbon terkecil sampai saat ini. Selain itu, mobil ini juga dinobatkan sebagai 2024 World Urban Car dan satu dari tiga mobil terbaik dunia dari 38 nomine di ajang New York International Auto Show. 

Mobil Volvo EX30 membawa sejumlah kelebihan sebagai SUV berperforma tangguh dalam ukuran yang compact. Mobil listrik ini juga menandai tonggak baru dalam perjalanan elektrifikasi brand Volvo. GIIAS 2024 menjadi panggung EX30 menyapa pelanggan di Indonesia.

Daya Tarik Volvo EX30 

Volvo EX30 (sumber: doc Oto24.id)

Meski dirakit sebagai compact SUV, produk terbaru dari Volvo ini menawarkan performa yang tangguh. Volvo EX30 juga hadir dalam beragam pilihan, yaitu versi Single Motor dan Single Motor Extended. 

“Volvo EX30 adalah hasil upaya kami dalam menerapkan keputusan yang bermuara pada sustainability pada kegiatan operasional kami, sekaligus kontribusi kami untuk mendukung roadmap elektrifikasi yang dicanangkan pemerintah. Meski didesain sebagai compact SUV, EX30 menawarkan tenaga yang tangguh dengan pilihan yang beragam. Mobil ini hadir dalam versi Single Motor dan Single Motor Extended untuk menjawab kebutuhan banyak pelanggan,” ucap Mikael Hagste-Nielsen selaku Retail Operation and Aftermarket Manager Volvo Cars untuk Importir Asia Pasifik. 

EX30 menyuguhkan daya jangkau yang mengesankan mencapai 476 km (WLTP). Alternatif Single Motor disokong tenaga dari motor penggerak roda belakang 200 kW dengan pilihan dua tipe baterai. Baterai NMC digunakan pada varian jarak jauh, sementara untuk entry-level Single Motor memakai baterai LFP.

Baterai NMC menawarkan tingkat kepadatan energi yang tinggi. Sementara baterai LFP memberikan kelebihan hemat biaya dan tidak membutuhkan sumber daya yang banyak. Mobil EX30 sanggup berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam hitungan 5,3 detik. 

Mobil ini juga dilengkapi kemampuan pengisian DC cepat. Fitur tersebut memungkinkan pengisian baterai dari 10% hingga 80% dalam waktu kisaran 26 menit, memastikan waktu henti minimal dan kenyamanan maksimal.

Pilihan Compact SUV Premium

Volvo Cars Indonesia menghadirkan dua varian EX30 Plus dan Ultra secara bersamaan. Pihaknya mengungkapkan peluncuran mobil Volvol ini untuk memberikan pilihan beragam pada pengguna mobil listrik di tanah air. 

“Ada permintaan besar untuk mobil compact SUV listrik, namun belum ada premium brand yang menawarkannya sampai sekarang. Itu sebabnya kami langsung menghadirkan dua varian EX30 secara bersamaan: Plus dan Ultra. Varian Plus khususnya sangat cocok bagi mereka yang mencari compact SUV listrik yang sangat efisien – sebuah permintaan yang terus kami dengar dari pelanggan kami,” tutur Haryanta Djayaputra, General Manager Volvo Cars Indonesia. 

Melalui EX30, Volvo ingin hadir sebagai brand premium yang menyediakan compact SUV. Kedatangan mobil ini akan meningkatkan visibilitas Volvo di Indonesia. Kabar terbaru, Volvo juga berencana menambah showroom pertama di Jawa Timur pada tahun 2025.  

“Respon pasar terhadap Volvo telah berhasil melampaui proyeksi kami. Hingga saat ini, kami telah menjual lebih dari 250 mobil. Perkenalan EX30 di pasar ini hadir di momen yang sangat tepat. Compact SUV selalu menjadi preferensi utama bagi pelanggan Indonesia, dan Volvo berada di posisi menjadi brand premium pertama yang menawarkan compact SUV,” ucap Yoshiya Horigome, Presiden Direktur Volvo Cars Indonesia. 

Lalu berapa harga mobil full elektrik pertama dari merek Volvo ini? Volvo EX30 Plus ditawarkan dengan harga mulai dari IDR 890,000,000. Sedangkan untuk varian Ultra mobil ini dijual dengan harga mulai dari IDR 1,160,000,000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *