Mobil Hybrid Kian Laris di Indonesia! Ini Model yang Paling Diburu

Mobil hybrid kini makin diburu oleh konsumen di Indonesia. Buktinya, di tengah lesunya industri otomotif, penjualan mobil ramah lingkungan ini justru melonjak. Tercatat ada lebih dari 20 ribu unit mobil hybrid yang terjual dalam rentang Januari sampai Juni 2024. 

Seberapa besar meningkatnya permintaan mobil hybrid di tanah air? Mari kita lihat data penjualan mobil dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Based on data yang dihimpun, penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) hingga quartal kedua tahun ini hanya sebanyak 408.012 unit. 

Data Penjualan Mobil Hybrid di Indonesia

Angka penjualan mobil tahun 2024 mengalami penurunan sebesar 19,4 persen dibanding tahun 2023. Pada periode yang sama di tahun sebelumnya, penjualan mobil tercatat mencapai 506.427 unit. Di samping itu, fakta menarik muncul dari pasar mobil hybrid di RI. 

Meski overall penjualan mobil sedang merosot, namun permintaan mobil hybrid justru merangkak naik. Data Gaikindo menunjukkan, dari total jumlah mobil yang terjual sepanjang semester I tahun ini, sebanyak 6 persennya adalah mobil hybrid

Mobil hybrid berhasil terjual sebanyak 24.775 unit. Sementara pada tahun lalu, penjualan mobil hybrid hanya sejumlah 17.305 unit. Jika dibandingkan, artinya penjualan mobil hybrid meningkat sebesar 43,1 persen di 2024. 

Mobil Hybrid Paling Laris di 2024

Setelah melihat data di atas, pastinya kamu penasaran apa sih mobil hybrid yang laku keras di Indonesia tahun ini? Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berada di urutan teratas sebagai mobil hybrid paling laris di paruh pertama tahun ini. Mobil MPWV ini mendapat angka wholesales sebanyak 10.074 unit. 

Ranking penjualan mobil hybrid terbanyak kedua disusul oleh Suzuki XL7 Hybrid. Mobil merek Jepang ini berhasil terjual sejumlah 4.945 unit. Di posisi selanjutnya, ada kembarannya yaitu Suzuki Ertiga Hybrid yang mencatat penjualan sebanyak 2.391 unit. 

Kemudian Toyota Yaris Cross Hybrid membuntuti di bawahnya dalam daftar mobil hybrid paling diminati. Mobil pabrikan negeri Sakura ini menorehkan penjualan sebanyak 2.077 unit. Selanjutnya ada Honda CR-V e:HEV yang terjual sejumlah 1.639 unit. 

Berikut ini daftar 10 teratas mobil hybrid paling laris di Indonesia selama semester 1 tahun 2024:

  1. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid: 10.074 unit
  2. Suzuki XL7 Hybrid: 4.945 unit
  3. Suzuki Ertiga Hybrid: 2.391 unit
  4. Toyota Yaris Cross Hybrid: 2.077 unit
  5. Honda CR-V e:HEV: 1.639 unit
  6. Toyota Alphard Hybrid: 1.075 unit
  7. Lexus LM 350h: 816 unit
  8. Lexus RX 350h: 476 unit
  9. Wuling Almaz Hybrid: 319 unit
  10. Toyota Vellfire Hybrid: 210 unit.

Penjualan Mobil Listrik Turut Meningkat

Geliat mobil listrik di tanah air pun juga mendapat harapan cerah. Selain mobil hybrid yang mengalami peningkatan penjualan, permintaan mobil listrik pun ikut naik. Penjualan mobil listrik tahun ini menyumbang 2,9 persen dari keseluruhan wholesales

Berdasrkan data Gaikindo, jumlah wholesales mobil listrik sepanjang Januari hingga Juni tahun ini tembus 11.940 unit. Total penjualan mobil listrik berbasis baterai tersebut mengalami kenaikan sebesar 104,3 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya. 

Sebagai perbandingan, penjualan mobil listrik di periode yang sama pada tahun sebelumnya hanya sebanyak 5.849 unit. Meningkatnya penjualan mobil listrik di tanah air dinilai terjadi karena makin banyak merek baru yang meluncurkan mobil berbasis baterai. 

Itulah tadi info mengenai data penjualan mobil di Indonesia pada quartal II tahun 2024. Dari data yang berhasil dihimpun, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid memimpin sebagai mobil hybrid paling laris selama bulan Januari hingga Juli tahun ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *