MLFF Toll Diterapkan Tahun Ini, Bayar Tol Tanpa Perlu Berhenti

mlff toll

Sistem pembayaran MLFF toll bakal diterapin di Indonesia mulai tahun ini. Rencana ini menjadi kabar penting buat para pengemudi yang kerap lewat jalur tol. Penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF) ini disebut tidak akan mengubah besaran tarif tol. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan bawah teknologi MLFF ini akan dioperasikan secara bertahap. Sebelumnya, sistem transaksi tol non tunai nirsentuh ini sudah diuji coba di jalan tol Bali Mandara pada Desember 2023 lalu. 

“Dari hasil uji coba pada Desember 2023 lalu di ruas tol Bali Mandara masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi, termasuk teknis dan manajerial. Saat ini sudah ada solusi dari sisi manajerialnya. Saya optimis MLFF akan diimplementasikan secara bertahap dimulai dari single lane atau opsi hibrid dengan masih menggunakan kartu (e-toll),” ucap Basuki Hadimuljono dilansir dari dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Pengguna jalan tol dihimbau agar bersiap dengan penerapan sistem MLFF untuk transaksi di gerbang tol. Meski harus beradaptasi, sistem ini dipastikan akan memudahkan pembayaran saat masuk tol. Lantas seperti apa cara kerja sistem pembayaran tol nirsentuh dan aturannya?

Apa Itu MLFF?

MLFF toll adalah sistem pembayaran tol nirsentuh yang memungkinkan pengemudi memasuki jalan tol tanpa harus menghentikan kendaraannya. Jika selama ini pengemudi harus berhenti sejenak untuk tap in transaksi biaya masuk tol, dengan penerapan MLFF maka pembayaran bisa dilakukan tanpa harus berhenti. 

Sistem MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS). Teknologi ini menyediakan proses transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca lewat satelit. Dengan cara kerja deteksi dari satelit maka alat pembaca tidak perlu disediakan di setiap tempat. 

Teknologi GNSS memanfaatkan alat yang dipasang di dalam mobil. Saat mobil dikendarai melewati gerbang atau pintu masuk tol, maka alat ini akan terbaca lewat sistem di satelit. Melalui proses inilah maka transaksi bisa dijalankan secara nirsentuh ketika mobil berjalan. 

Penerapan Pembayaran Tol Tanpa Henti MLFF di Indonesia

Seperti yang sudah disinggng di atas, sistem pembayaran tol tanpa henti bakal dijalankan secsara bertahap pada akhir tahun ini. Penerapan MLFF dimulai dengan uji coba pada satu lajur atau single lane free flow (SLFF). Pada satu jalur ini akan diberlakukan barrier dan tapping bersifat hybrid

Selanjutnya pada masa transisi, akan diberlakukan SLFF dengan barrier. Barulah secara bertahap selanjutnya, penerapan SLFF tanpa barrier hingga kemudian pemberlakuan MLFF secara penuh. 

Penerapan SLFF akan dilaksanakan secara bertahap yang diawali dari uji coba ruas tol Bali Mandara. Apabila nantinya sudah berhasil atau berjalan baik maka bakal dilakukan perluasan layanan di ruas tol lainnya. 

Pengoperasian MLFF menggunakan teknologi GNSS, sehingga memerlukan aplikasi Cantas untuk mengakses transaksi pembayaran tol. Ketika sistem MLFF sudah diaplikasikan di seluruh ruas tol maka pengguna jalan tol wajib mendaftarkan data pribadi dan nomor kendaraan ke dalam aplikasi Cantas. 

Pengemudi yang akan melintas jalan tol harus sudah mendaftar di aplikasi Cantas untuk mendukung kedisiplinan dalam pembayaran tol. Jadi pengguna jalan tol harus memperhatikan registrasi di aplikasi dan jumlah saldo yang mencukupi untuk masuk di gerbang tol. 

Demikianlah informasi mengenai penerapan sistem pembayaran tol tanpa henti di Indonesia yang akan dilaksanakan secara bertahap. Pemberlakuan sistem MLFF ini nantinya akan memudahkan proses transaksi pengemudi dan memperlancar lalu lintas di pintu tol. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *