Mobil Front Wheel Drive Susah Nanjak! Beneran?

apakah benar mobil berdaya front wheel drive susah nanjak?

Mobil Front Wheel Drive (FWD) susah nanjak, begitulah yang selama ini diyakini banyak orang tentang mobil keluaran terbaru yang mayoritas mengandalkan sistem FWD atau penggerak roda depan. 

Tapi sebelum membahas kebenaran mobil FWD bisa nanjak atau nggak, tentu kita harus cari tahu, nih, kenapa sih, banyak pabrikan mobil lebih memilih sistem penggerak roda depan daripada sistem lainnya. 

Mobil FWD Lebih Efisien

Salah satu alasan kenapa pabrikan mobil memfokuskan produksi mobil FWD dibanding sistem penggerak roda belakang, misalnya erat dengan isu efisiensi. 

Perangkat mobil yang semakin ringkas nggak hanya memangkas biaya produksi, tetapi juga dapat meringkankan bobot kendaraan. Sehingga dengan sistem FWD, mobil diharapkan lebih hemat BBM dan juga bertenaga. 

Sayangnya, mobil dengan sistem penggerak roda depan alias FWD dianggap lemah untuk melibas jalan tanjakan. 

Bukan tanpa alasan, memang, karena beberapa kali viral mobil berpenggerak roda depan yang kesulitan saat melewati sebuah tanjakan. 

Walaupun demikian, ada banyak mobil Front Wheel Drive yang bisa melewati sebuah tanjakan dengan mudah. Bisa dengan memanfaatkan momentum atau menggunakan teknik stop and go di tanjakan tersebut. Tapi, apa memang benar mobil FWD susah saat menanjak? 

Mobil FWD Rawan Selip di Tanjakan

Mobil dengan sistem penggerak roda depan alias FWD lebih rawan selip saat melewati tanjakan. Namun jika dikendarai dengan benar, hal ini sebenarnya nggak terlalu jadi masalah. 

Manfaatkanlah momentum, misalnya saat akan menanjak, kamu tak perlu menekan pedal gas terlalu dalam karena penggerak roda depan mudah kehilangan cengkeraman. Saat ban mobil sudah spinning, kendaraan akan merosot atau diam di tempat. 

Menjaga Traksi

Salah satu tips penting berkendara menggunakan mobil FWD adalah menjaga traksi ban dengan permukaan jalan. Pastikan roda berputar secara perlahan saat mobil mulai berjalan. 

Jangan lupa juga untuk menggunakan rem tangan ketika mulai berjalan di jalan menanjak. Saat mobil mulai bergerak, turunkan rem tangan dan injak pedal gas secara halus dan bertahap, jangan terburu-buru.

Fitur Penting di Mobil FWD

Mobil FWD nggak bisa nanjak, sebenarnya bisa jadi hanya mitos kalau pengemudi bisa memanfaatkan sederet fitur penunjang yang tersedia di mobil. 

Untuk memudahkan pengoperasian mobil FWD, banyak pabrikan yang menyediakan fitur penunjang. Antara lain seperti traction control dan hill start assist (HSA). 

Jadi, walaupun mobil FWD bisa dikatakan cukup mudah selip di jalan menanjak, beberapa fitur penunjang dan skill pengemudi bisa mengatasinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *