Keuntungan Beli Mobil Secara Cash, Yakin Masih Pilih Kredit?

beli mobil cash dan kelebihannya daripada beli kredit

Beli mobil bisa dilakukan secara cash dan kredit. Pembelian dengan sistem kredit disediakan untuk memungkinkan orang-orang yang ingin memiliki mobil namun belum bisa langsung membayar lunas. Jadi pembeli akan melakukan pembayaran secara diangsur setiap bulannya hingga jumlah pelunasan terpenuhi. 

Adanya sistem pembelian mobil secara kredit memang cukup membantu karena tidak perlu menunggu lama untuk bisa meminang mobil incaran. Di samping itu, membeli mobil secara cash memang cukup berat bagi sebagian orang. 

Namun dibalik dua pilihan bentuk transaksi tersebut, tahukah kamu bahwa beli mobil secara cash memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan secara kredit. Meski harus mengeluarkan dana dalam jumlah besar sekaligus, tapi ada beberapa kelebihan yang akan kamu rasakan dari beli mobil cash. 

Keuntungan Beli Mobil secara Cash Dibanding Kredit

Sebagian orang mungkin tidak sabar menunggu dana terkumpul untuk bisa membeli mobil secara cash. Itulah mengapa kredit mobil sudah menjadi hal marak di Indonesia, termasuk di kalangan anak-anak muda. Padahal dengan bersabar sedikit dan mempunyai uang cukup untuk bayar cash, ada sejumlah keuntungan yang didapatkan. 

Berikut ini beberapa kelebihan dari beli mobil secara cash yang tidak bisa didapatkan jika kredit:

Nggak Ada Beban Bunga dan Hutang

Keuntungan utama membeli mobil dengan pembayaran tunai adalah terbebas dari hutang dan bunga. Ketika beli mobil dalam bentuk kredit, kamu bakal terikat dengan perjanjian angsuran yang mengharuskan pembayaran bunga dan menanggung biaya tambahan lainnya. 

Adanya bunga dan biaya tambahan tersebut akan meningkatkan total biaya pembelian mobil secara signifikan. Meski terasa enteng diawal dalam pengeluaran untuk memiliki mobil, namun bakal membebani keuangan kamu dalam jangka panjang.

Dengan membeli mobil secara tunai, kamu tidak perlu menanggung utang dan bunga. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekali untuk menyelesaikan pembelian dan kemudian menikmati kepemilikan penuh atas mobil tersebut.

Memperoleh Potongan Harga

Banyak dealer mobil memberikan diskon menarik bagi konsumen yang memilih untuk membeli mobil secara tunai. Bentuk diskon yang disediakan bisa bervariasi tergantung pada merek, model, dan kebijakan dealer masing-masing.

Misalnya, dealer mungkin menawarkan diskon sebesar 2-5 persen dari harga total mobil untuk pembelian yang dilakukan secara cash. Tentu saja potongan harga ini dapat menghemat keuanganmu secara signifikan. Walaupun biaya yang digelotorkan terlihat besar, namun pembelian mobil menjadi lebih ekonomis.

Kepemilikan Penuh Atas Mobil Sejak Awal

Saat membeli mobil secara tunai, kamu langsung memperoleh kepemilikan penuh atas kendaraan tersebut. Berbeda dengan pembelian kredit, di mana kamu baru akan menerima BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) setelah semua cicilan terlunasi.

Dengan kepemilikan penuh atas mobil yang dibeli, kamu punya kebebasan untuk memodifikasi atau menjual mobil kapan saja sesuai keinginan. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan risiko mobil ditarik oleh pihak leasing jika terjadi keterlambatan pembayaran cicilan.

Kepuasan Batin dan Ketenangan Pikiran

Membeli mobil secara tunai bisa memberikan kamu ketenangan pikiran dan kepuasan batin yang tak ternilai. Kamu tidak perlu khawatir tentang hutang, tagihan bulanan, atau risiko mobil ditarik. Kamu dapat menikmati kepemilikan penuh atas mobil kamu dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Fleksibilitas Finansial Lebih Besar

Pembelian mobil secara tunai juga memberikan fleksibilitas finansial yang lebih besar. Kamu tidak perlu khawatir tentang keterbatasan dana saat membeli mobil karena sudah memiliki cukup uang untuk menyelesaikan pembayaran. 

Tanpa adanya tanggungan cicilan maka kamu bisa mengalokasikan dana buat kebutuhan lain yang lebih penting. Selain itu, membeli mobil secara tunai dapat membantu meningkatkan skor kredit kamu. 

Transaksi yang kamu lakukan menunjukkan kepada pemberi pinjaman bahwa kamu memiliki kemampuan finansial yang baik dan bertanggung jawab. Hal ini bisa sangat bermanfaat di masa depan jika kamu ingin mengajukan pinjaman untuk keperluan lain,

Itulah tadi beberapa keuntungan dari membeli mobil secara cash daripada kredit. Meskipun kamu perlu menyiapkan dana lebih besar di awal, namun berbagai kelebihan di atas bakal memberikan kemudahan dan ketenangan finansial kedepannya. Jadi gimana, masih pilih beli mobil kredit apa langsung cash aja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *