Mengenal Lampu Biled pada Modifikasi Mobil dan Kelebihannya

Salah satu hasil modifikasi lampu biled mobil (sumber: tomiairbrush.com).

Modifikasi lampu biled mobil (bi-LED) tengah menjadi tren yang ternyata sampai ke pemotor juga. Jenis lampu ini biasanya digunakan untuk mengganti lampu bawaan kendaraan. Salah satu keuntungan menggunakannya karena sorot cahayanya lebih terang dibandingkan lampu biasa. 

Lampu biled sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia modifikasi kendaraan. Umumnya digunakan oleh para pecinta modifikasi untuk meningkatkan kinerja penerangan mobil dan menambah kesan estetika ketika menyala. 

Apabila kamu ingin mengunakan lampu ini di mobilmu, sebaiknya ketahui dulu apa itu lampu biled dan kelebihannya sebagai komponen penerangan?

Apa Itu Lampu Biled?

Lampu biled atau bi-LED adalah singkatan dari bi-function LED. Dalam bahasa, “bi” berarti dua, sedangkan “LED” berarti sumber penerangan. Sesuai dengan namanya, lampu ini memiliki dua fungsi yakni digunakan sebagai lampu dekat (low beam) dan lampu jauh (high beam).

Lampu biled mobil menggunakan teknologi reflektor ganda yang menyatu dalam proyektor. Teknologi ini dianggap memiliki efisiensi cahaya tinggi tanpa menyebabkan silau. Ukurannya juga ringkas dan mudah dipasang pada kendaraan.

Kelebihan Lampu Biled

Lampu biled cukup diminati karena memberikan sejumlah kelebihan bagi kendaraan. Lampu ini memiliki beberapa fungsi yang bisa dipakai untuk lampu jarak dekat maupun jarak jauh. Biasanya orang-orang menggunakan lampu biled karana cahaya dari lampu bawaanya kurang terang. Berikut ini beberapa kelebihan lampu biled yang bakal membuatmu semakin tertarik untuk menggunakannya:

1. Mengeluarkan Cahaya Lebih Terang

Lampu biled mobil menghasilkan cahaya yang lebih terang daripada lampu standar yang biasanya dipasang pada mobil. Kelebihan inilah yang menjadi alasan utama banyak orang menggunakan lampu Biled untuk penerangan kendaraannya. 

Lampu Biled ini cocok digunakan di mobil yang pemiliknya kerap berkendara di malam hari. Dengan adanya lampu ini pengemudi bisa melihat jalan di depan secara lebih jelas, sehingga memudahkan dalam melaju atau menerabas jalan. 

2. Sorotannya Tidak Menggangu Penglihatan

Warna cahaya yang dihasilkan oleh lampu biled telah melalui pengujian produk yang ketat untuk memastikan kualitasnya. Serangkaian uji coba ini menghasilkan warna cahaya yang memiliki suhu yang tepat sehingga tidak menyebabkan ketidaknyamanan pada mata.

Jadi lampu biled tidak menyilaukan mata meskipun cahayanya lebih terang dari lampu standar. Ketika kamu memakai lampu biled, maka tidak hanya meningkatkan kenyamanan diri sendiri namun juga tidak mengganggu pengguna jalan lain. 

3. Usia Pakai yang Lebih Lama

Dibandingkan dengan beberapa jenis lampu modifikasi lainnya, lampu biled memiliki masa pakai yang lebih panjang. Disebutkan bahwa lampu ini dapat bertahan hingga penggunaan selama 20.000 jam, sehingga lebih tahan lama.

4. Lampu Biled Mobil Membantu Pengendara Lebih Fokus

Cahaya lampu biled lebih terfokus karena didesain bersama dengan lensa optiknya. Berbeda dengan lampu LED biasa yang umumnya masih menggunakan reflektor dari kendaraan itu sendiri, sehingga cahayanya kurang optimal. Lampu ini memberikan fokus yang lebih baik baik saat digunakan sebagai lampu dekat maupun lampu jauh. 

Itulah tadi penjelasan apa itu lampu biled pada mobil yang sering digunakan untuk modifikasi atau mengganti lampu standar. Jenis lampu ini memiliki banyak kelebihan yang akan meningkatkan kenyamanan saat berkendara. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *