Toyota Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 di Indonesia!

Toyota Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 di Indonesia

Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan aktivitas recall atau penarikan kembail produk yang sudah beradai di tangan konsumen. Produk yang kena recall tersebut adalah SUV mewah Land Cruiser 300 dan Lexus LX600. 

Mengutip CNN Indonesia, VP Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan recall dilakukan untuk Land Cruiser 300 produksi Juli 2021 – Januari 2024 dan Lexus LX600 produksi Januari 2022 – Januari 2024. 

Henry mengatakan pihak TAM menemukan potensi masalah dalam transmisi otomatis 10-speed di kedua SUV premium luxury tersebut. Makanya, wajib dilakukan perbaikan untuk mencegah munculnya kendala keselamatan. 

Lebih lanjut, Henry meminta pelanggan untuk memeriksa mobilnya apakah ada di dalam daftar recall.

Untuk itu, pelanggan diimbau untuk segera ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat untuk melakukan pemrograman ulang pada ECU. 

Kabar baiknya, pemrograman ulang ini tak dipungut biaya sepeser pun. 

Recall atau penarikan kembali produk adalah hal yang umum. Hal ini menunjukkan komitmen pabrikan dalam menjamin kualitas produk yang dipasarkan. Juga menjaga keamanan dan keselamatan konsumen di jalan. 

Toyota Recall Keduanya karena Masalah Cakram Kopling

Menurut penjelasan pihak TAM, recall ini disebabkan oleh potensi masalah cakram kopling pada transmisi otomatis. Ketika tuas transmisi digeser ke N (netral) kemudian tekanan lepas dari piston kopling, cakram kopling tak segera lepas dari pelat, sehingga memungkinkan sebagian tenaga mesin masih tersalurkan di roda. 

Jika hal ini terjadi di permukaan datar, apalagi jika rem parkir tak aktif, mobil bisa melaju perlahan ke depan hingga 6 km per jam. Akan sangat berbahaya jika pengemudi tak menyadari hal ini karena bisa menyebabkan kecelakaan. 

Pemrograman ulang ECU transmisi dibutuhkan untuk mengatasi hal ini. Estimasi pengerjaannya sekitar 30 menit tanpa perlu pergantian suku cadang apapun. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *