Mobil Listrik GAC Aion Y Plus Segera Masuk Indonesia, Tantang BYD Atto 3

Mobil Aion Y Plus (Dok. GAC)

Lagi-lagi pasar otomotif Indonesia bakal kedatangan merek mobil asal China. GAC Aion siap meriahkan segmen mobil listrik di tanah air. GAC Aion masuk ke Indonesia dengan menggandeng PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. 

Line up mobil listrik asal China di Indonesia bakal bertambah panjang dengan kehadiran GAC Aion nantinya. Sebagai perkenalan dengan konsumen di negeri ini, GAC Aion akan meluncurkan sedikitnya dua produk pada 2024. 

“Kita akan rakit di sini dengan skema CKD. Harganya liat nanti, pastinya menarik, sesuai ekspektasi masyarakat Indonesia,” ucap CEO PT Indomobil Energi Andry Ciu.

Kedatangan GAC Aion membawa angin segar bagi penggemar kendaraan listrik (EV). Namun disamping itu, para pecinta mobil listrik juga bisa dilema karena dihadapkan pilihan yang semakin banyak. Lantas apa saja mobil listrik GAC Aion yang akan debut di Indonesia tahun ini?

GAC Aion Mengawali Pemasaran dengan Dua Mobil Listrik 

GAC Aion berencana memperkenalkan Aion Y Plus dan Hyper HT di tahun pertamanya debut di Indonesia. Dua mobil tersebut akan dibawa ke tanah air di tahun 2024 ini untuk meramaikan pasar mobil listrik. 

Rangkaian produk yang akan dipersembahkan kepada konsumen Indonesia tersebut tak jauh beda dengan langkah GAC Aion di Thailand. Produsen otomotif asal China ini tak hanya memasarkan produknya, namun juga berencana memproduksi secara lokal. 

GAC Aion akan start produksi secara lokal pada Juli 2024. Skema produksi di Indonesia akan dilakukan secara CKD, yakni mendatangkan komponen untuk dirakit di sini. Dalam waktu dekat, merek ini segera meluncurkan mobil Aion Y Plus kepada konsumen. 

Mobil Listrik Aion Y Plus Siap Bersaing dengan BYD Atto 3

Mobil Aion Y Plus sudah ditampilkan sebelumnya di ajang pameran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2024. Mobil dari GAC Aion ini mejeng secara mencolok berkat perpaduan desain modern dan futuristik. 

Aion Y Plus digadang-gadang bakal menjadi rival kuat dari BYD Atto 3 dan MG ZS EV. Kedua merek mobil asal China ini bakal bersaing untuk menggaet penggemar mobil listrik di tanah air. Lantas seperti apa spesifikasi mobil Aion Y Plus?

Desain Kompak Khas City Car

GAC Aion menghadirkan mobil ini dengan desain kompak sebagai kendaraan perkotaan. Mobil Aion Y Plus memiliki dimensi dengan panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.750 mm. Mobil listrik ini bisa menjadi pilihan bagi pengemudi yang mencari tunggangan model city car

Performa Mumpuni dengan Jarak Tempuh hingga 550 km

Mobil Aion Y Plus dibekali dengan satu motor listrik penggerak roda depan yang menghasilkan tenaga 201 dk dan bertorsi 225 Nm. Dengan dapur pacu tersebut, mobil ini mampu memberikan performa yang mumpuni. 

Aion Y Plus juga dilengkapi dengan dua pilihan baterai Lithium-ion yang berkapasitas 63,2 kWh dan 68,3 kWh. Kedua dukungan daya listrik tersebut mampu membawa mobil ini menempuh jarak 490 kilometer dan 550 Km. 

Eksterior dan Interior yang Futuristik

Melihat tampilan luar Aion Y Plus, mobil ini berwajah seperti mobil listrik umumnya. Mobil dari GAC ini juga dilengkapi dengan grill tertutup yang di bawahnya terdapat fitur kamera 360. 

Mobil ini dirancang dengan bumper bagian bawah yang terbuka untuk pendinginan baterai dan AC. Bumper mobil ini juga dipercantik dengan aksen warna abu dan headlamp full LED Projector yang berbentuk menyerupai sayap. 

Masuk ke dalam kabin, Aion Y Plus menyediakan kapasitas yang mampu menampung 5 orang. Demi memanjakan penumpangnya, mobil ini juga menawarkan interior yang futuristik. 

Sentuhan modern diberikan pada dashboard minimalis yang tidak menyertakan banyak tombol. Sebagai gantinya, Aion Y Plus menyediakan head unit 14,5 inci untuk media informasi dan fitur-fitur hiburan. 

Fitur yang Mendukung Kemudahan Pengemudi

Tak ketinggalan, mobil Aion Y Plus juga dilengkapi dengan beragam fitur untuk memudahkan pengemudi. Pada bagian setir diberi tombol-tombol yang terhubung ke head unit dan berbagai fitur di dalam mobil ini. 

Mobil ini juga menyuguhkan setir yang dihiasi aksen biru seperti logo GAC di bagian luar. Pengemudi juga bisa merasakan pengalaman berkendara yang kian futuristik dengan adanya MID full digital seluas 10,25 inci. Sementara tuas transmisi mobil ini terletak di sebelah kanan setir. Sedangkan tuas sein dan wiper ditempatkan di bagian kiri satir. 

Itulah tadi kabar merek mobil GAC Aion yang akan menjadi pemain baru di industri otomotif tanah air. Hadirnya GAC Aion juga makin menguatkan dominasi mobil-mobil asal China di segmen kendaraan listrik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *