Awas, Sembarangan Modifikasi Mobil Listrik Garansi Bisa Hangus!

Memodifikasi mobil listrik jangan sembarangan

Pabrikan mobil listrik umumnya menawarkan beragam garansi pada produknya. Salah satu komponen penting dalam mobil yang mendapatkan garansi adalah baterai. Garansi ini umumnya diberikan dalam jangka waktu yang panjang untuk sebuah kendaraan. Berkisar 5 hingga 8 tahun. Di sisi lain, sembarangan modifikasi mobil listrik bisa menggugurkan jaminan garansi.

Lalu, modifikasi apa yang bisa menyebabkan garansi mobil listrik hangus? Dikutip dari DetikOto, Head After Sales PT Chery Sales Indonesia, Reza Deniar, memberikan contoh jika konsumen mendesain ulang perangkat audio, maka garansi yang dimiliki kendaraan seperti garansi baterai akan hangus. 

Mengacak kabel pada audio memungkinkan untuk merusak sistem elektrikal mobil dan berpengaruh pada kinerja baterai. Terlebih lagi, hasil modifikasi bisa ditrack ketika dicek oleh perusahaan asal kendaraan. 

Bukan hanya Chery, kebijakan ini juga diterapkan oleh pabrikan kendaraan lain. Terutama berkaitan dengan garansi baterai. 

Untuk mobil listrik produksi Chery, seperti Omoda E5 disarankan untuk melakukan perawatan dan menggunakan sparepart dari bengkel resmi. 

Maka dari itu, Sobat Oto24 harus pikir-pikir lagi bila berkeinginan untuk memodifikasi mobil listriknya dengan konsultasi langsung ke bengkel resmi. Salah-salah, garansi bisa hangus. 

Apa Saja Komponen Mobil Listrik?

Mobil listrik memiliki beberapa komponen yang wajib tersalurkan daya listrik, ketujuh komponen ini tidak untuk kamu modifikasi ya karena memperbesar resiko konsleting atau eror, mereka adalah:

  1. Baterai sebagai komponen utama karena segala sumber listrik asalnya dari sini.
  2. Motor listrik membantu mengubah energi listrik dan baterai untuk menggerakkan roda.
  3. Inverter, pengubah arus searah (DC) menjadi arus balik (AC) dalam motor listrik.
  4. Charger, alat pengisi daya baterai mobil.
  5. Sistem termal yang menjaga suhu, arus, dan kesehatan keseluruhan baterai.
  6. Sistem kendali yang mengkoordinir keseluruhan perangkat mobil listrik.
  7. DC converter yang mengubah tegangan tinggi menjadi rendah yang diperlukan oleh beberapa komponen mobil.

Nah, intinya jangan pernah mengotak-atik ketujuh sistem ini kalau garansi tidak ingin hangus sia-sia. Selain komponen ini, kamu bisa memodifikasi interior atau menambahkan exterior lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *