Tips Mudik Pakai Mobil Listrik, Siap Menempuh Perjalanan Jauh

Lebaran tahun ini diprediksi makin banyak pemudik yang menggunakan mobil listrik untuk pulang ke kampung halaman. Mudik memakai mobil listrik bakal memberikan experience baru yang berbeda. Namun tidak sedikit juga pemilik mobil listrik yang ragu membawa kendaraannya untuk perjalanan jauh. 

Mudik menggunakan mobil listrik tetap oke-oke saja dan aman, asalkan dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Seringkali pengemudi belum berani menggunakan mobil listrik untuk long riding karena mengkhawatirkan banyak hal. Mulai dari pengisian daya saat di perjalanan dan perawatan atau perbaikan mobil jika mengalami kendala. 

Kunci penting dari mudik aman dan lancar dengan mobil listrik adalah well prepared dan cara berkendara. Biar kamu stay tenang dan tambah bersemangat untuk mudik menggunakan mobil listrik, pahami sejumlah tips berikut ini. 

Tips Mudik Menggunakan Mobil Listrik

Saat ini mobil listrik justru menjadi kendaraan yang paling mendukung untuk perjalanan mudik. Adanya teknologi dan fitur-fitur modern pada mobil listrik akan memberikan kemudahan dan kenyaman bagi pengemudi maupun penumpangnya. Selain itu, mobil listrik juga memiliki performa yang mumpuni untuk menerjang berbagai medan dan jarak jauh. 

Namun mengingat mudik bukan perjalanan yang sebentar, maka kamu tetap perlu prepare sebaik mungkin. Berikut ini tips aman mudik menggunakan mobil listrik untuk pulang kampung:

Mengecek Kondisi Mobil

Sebelum berangkat mudik, pastikan kamu mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Pastikan kamu tidak melakukan pengecekan di hari mepet. Lakukan tindakan ini beberapa hari atau satu minggu sebelum melakukan perjalanan mudik. Jadi kamu masih punya waktu untuk melakukan perawatan atau perbaikan jika ada permasalahan. 

Cek kondisi mobil ini sangat penting mengingat komponen mobil listrik berbeda dengan mobil biasa. Pastikan untuk memeriksa apakah komponen-komponennya masih normal atau mungkin ada yang rusak, baik pada ban, rem, baterai, dan lainnya. Mobil harus dalam kondisi prima untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Merencanakan Rute dan Tempat Pengisian Daya

Sebaiknya kamu merencanakan rute perjalanan mudik sebelum hari keberangkatan. Kamu bisa berdiskusi dengan keluarga untuk menentukan rute perjalanan yang akan dilewati. Dengan memilih rute yang tepat, kamu bisa menghindari jalanan yang berpotensi macet. Selain itu, perjalanan mudik juga bisa lebih cepat dan aman. 

Sebaiknya pilih rute jalan yang memang menjadi jalan umum. Hindari melewati jalan yang sempit atau masuk ke pelosok-pelosok. Selain itu, kamu juga harus merencanakan titik pengisian daya. Cari tahu terlebih dahulu jalan mana saja yang terdapat stasiun pengisi daya atau SPKLU. 

Menghemat Daya Baterai

Saat mudik mengendarai mobil listrik, pastinya kamu juga harus memperhatikan daya baterai. Pengemudi mobil listrik harus bisa menghemat daya ketika menempuh perjalanan jauh. Hal ini berguna untuk menghindari kehabisan daya di tengah jalan, mengingat stasiun pengisian dayanya masih belum sebanyak BBM.

Untuk menghemat daya, kamu bisa mengaplikasikan fitur penghemat energi saat mengemudi. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghemat daya, yaitu dengan mematikan AC atau fitur elektronik jika tidak diperlukan. 

Memperhatikan Suhu

Pengemudi mobil listrik juga perlu memperhatikan suhu lingkungan. Suhu udara yang ekstrem dapat mempengaruhi kinerja baterai kendaraan listrik. Jadi sebaiknya hindari lewat tempat yang memiliki suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Kamu juga perlu memastikan pendingin mobil berfungsi dengan baik. 

Bawa Peralatan Cadangan

Saat melakukan perjalanan jauh, kamu wajib membawa peralatan cadangan. Langkah ini penting dilakukan untuk mengantisipasi ketika terjadi kendala di tengah perjalanan. Saat mudik menggunakan mobil listrik, kamu sebaiknya membawa beberapa peralatan seperti kabel pengisian, alat pengisian daya portabel, dan baterai tambahan. 

Memperhatikan Batasan Kecepatan

Hal terakhir yang tak boleh kamu abaikan adalah memperhatikan batasan kecepatan. Biasanya karena ingin cepat sampai kampung halaman, banyak pengemudi yang memacu mobil dengan kencang. Selain membahayakan keselamatan, tindakan ini juga mempengaruhi kondisi baterai mobil listrik. 

Apabila sering mengendarai dengan kecepatan tinggi, maka kamu bakal lebih sering mengisi daya. Jika dikit-dikit isi daya atau overcharge, maka bisa memperpendek umur baterai mobil listrik kamu. 

Itulah beberapa tips mudik menggunakan mobil listrik yang wajib kamu terapin. Gimana, makin nggak sabar kan buat mudik ke kampung halaman mengendarai mobil listrik kesayanganmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *