Tips Cek Kaki-Kaki Mobil Untuk Persiapan Mudik Jauh

Sebelum mudik mengendarai roda empat, mobil perlu diservis dan memastikan komponen-komponennya dalam kondisi baik. Salah satu bagian penting yang wajib dicek adalah kaki-kaki mobil. Bagian kaki-kaki ini berfungsi penting dalam menunjang kenyamanan dan keamanan saat berkendara. 

Pemilik mobil seharusnya tidak hanya mengecek mesin, tapi juga harus memeriksa bagian kaki-kakinya. Tanpa disadari, penggunaan mobil secara terus menerus juga mempengaruhi kondisi komponen tersebut. Jika tidak mendapatkan perawatan dengan baik, kaki-kaki mobil bisa mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan normal lagi. 

Beberapa hari sebelum berangkat mudik, pemilik mobil perlu membawa kendaraannya ke bengkel. Jika ada bagian kaki-kaki yang rusak maka segera ganti atau perbaiki. Ada beberapa tips cek kaki-kaki mobil yang perlu kamu pahami supaya bisa well prepare untuk perjalanan jauh. 

Tips Mengecek Kaki-Kaki Mobil

Mengingat perjalanan mudik bakal menempuh jarak jauh dan berbagai medan, seluruh komponennya harus dalam kinerja baik. Periksa kembali kaki-kaki mobilmu untuk menghindari risiko kerusakan atau masalah saat di perjalanan. 

Berikut ini sejumlah tips merawat kaki-kaki mobil supaya aman untuk berkendara jarak jauh:

Pastikan Ban dalam Kondisi Baik

Ban memiliki peran krusial dalam menjaga akselerasi mobil. Ban yang kondisinya baik dapat membantu mobil melaju secara gesit dan aman di berbagai medan jalan. Pastikan ban mobilmu masih tebal, ulirnya masih dalam, dan tidak ada benjolan. 

Jangan sampai kamu memaksa mobil buat mudik dalam kondisi ban yang buruk. Ban yang sudah tipis bisa menimbulkan risiko kecelakaan saat melewati jalan licin dan laju kencang. Jika ban sudah aus dan ada kerusakan, sebaiknya segera ganti dengan ban baru. Selain itu, ban juga harus diisi dengan tekanan angin yang cukup.

Periksa Keadaan Pelek

Pelek mobil berfungsi sebagai wadah ban sekaligus penghantar laju mobil. Periksa keadaan pelek mobilmu dan pastikan tidak mengalami kerusakan seperti penyok atau retak. Kondisi pelek yang buruk akan mengganggu kenyamanan berkendara dan bisa meningkatkan risiko kecelakaan. 

Pelek yang bermasalah bisa dirasakan dari tanda laju mobil yang tidak stabil. Jika menemukan adanya kerusakan pada pelek, sebaiknya kamu segera mengganti dengan pelek baru atau memperbaikinya. 

Cek Bearing Roda

Bearing berfungsi menjaga poros roda agar tidak terjadi gesekan dengan roda. Kestabilan dan perputaran roda mobil juga dipengaruhi oleh kinerja bearing roda. Jadi saat memeriksa kaki-kaki mobil, jangan lewatkan mengecek bearing roda. 

Bearing roda bisa aus atau kering karena pemakaian mobil dalam waktu lama. Kamu bisa memeriksa bearing mobil secara mandiri menggunakan alat dongkrak. Caranya dengan mengungkit mobil ke atas, kemudian putar ban searah jarum jam. 

Apabila terasa getaran dan keluar suara dari putaran ban, maka tandanya bearing roda sudah aus. Kondisi ini juga bisa dirasakan ketika mobil dikendarai dan terdengar bunyi mendengung. Segera perbaiki bearing roda mobilmu jika menemukan gejala-gejala tersebut. 

Periksa Kinerja Tie Rod

Tie rod merupakan sparepart mobil yang terletak di antaranya steering gearbox dan knuckle roda. Komponen ini berfungsi untuk meredam getaran karena putaran di kemudi. Tie rod juga menjadi penghubung antara ujung steering rack dan roda mobil bagian depan. 

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan tie rod mobilmu dalam kondisi baik. Kamu bisa mengecek komponen ini dengan cara mendongkrak mobil. Ketika mobil terangkat, pegang ban dan gerakkan ke kiri-kanan seakan mau berbelok. Apabila terdengar bunyi, tandanya ada masalah pada tie rod. Sebaiknya langsung bawa mobilmu ke bengkel buat diperbaiki. 

Rasakan Kinerja Shockbreaker

Komponen lainnya yang mempengaruhi kenyamanan mobil adalah shockbreaker. Periksa komponen ini dan pastikan tidak ada kerusakan. Tanda-tanda shockbreaker bermasalah bisa dirasakan ketika melintasi jalan yang tidak rata.

Jika penumpang merasakan guncangan keras dan muncul bunyi tidak wajar, maka bisa menandakan shockbreaker tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, cek juga kondisi fisiknya apakah mengalami kebocoran atau tidak. Segera perbaiki atau ganti shockbreaker mobilmu jika menemukan permasalah tersebut. 

Itulah beberapa tips mengecek kaki-kaki mobil untuk persiapan mudik. Periksa setiap komponen pada kaki-kaki mobilmu dan pastikan berfungsi normal. Jika belum yakin memeriksanya sendiri, sebaiknya bawa mobilmu ke bengkel agar diservis secara menyeluruh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *