Tips Buka Puasa di Mobil, Nggak Perlu Buru-Buru

Pernahkah kamu mau buka puasa tapi posisi lagi di jalan? Kondisi ini kerap dialami para pekerja yang baru pulang dari kantor mepet azan Maghrib. Selain itu, buka puasa di tengah jalan juga sering dilakukan oleh orang yang menempuh perjalanan jauh seperti mudik. 

Ketika menjalani puasa Ramadan, setiap umat muslim pastinya ingin buka puasa di rumah bersama keluarga atau bukber bareng teman. Namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan mereka buka puasa di jalan atau di dalam mobil. 

Bagi yang belum terbiasa buka di perjalanan, mungkin akan bingung dan nggak sabar pengen segera sampai rumah. Kamu perlu tahu tips buka puasa di mobil supaya ibadah lancar dan perjalanan tidak terganggu. 

Tips Buka Puasa di Mobil 

Bagi sebagian orang, buka puasa di tengah perjalanan adalah hal yang biasa. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dan sering terjebak macet. Mau nggak mau harus buka puasa di dalam mobil, walaupun hanya sekedar minum atau melahap cemilan. 

Jadi jika sekiranya hari ini kamu bakal bertemu azan Maghrib di jalan, sebaiknya persiapkan untuk buka puasa di dalam mobil. Berikut ini sejumlah tips buka puasa di mobil yang bisa kamu lakukan:

Jangan Lupa Bawa Bekal

Hal yang wajib dipersiapkan jika kamu kemungkinan buka puasa di jalan adalah membawa bekal. Bawa bekal dari rumah sebelum berangkat kerja atau melakukan perjalanan jauh. Jadi ketika nanti mendengar azan Maghrib berkumandang, kamu bisa langsung buka puasa mengambil bekal yang ada. 

Nggak perlu bawa bekal dalam porsi besar atau makanan-makanan berat. Bekal yang perlu dibawa cukup makanan-makanan ringan dan minuman. Jangan lupa memasukkan botol minum yang sudah diisi air ke dalam mobil. Untuk cemilan yang dapat kamu bawa yaitu seperti kurma, kue, roti, snack, dan lainnya.

Menyalakan Radio

Terkadang karena fokus nyetir, orang-orang jadi nggak sadar jika sudah tiba waktu buka puasa. Jadi meskipun kamu harus konsentrasi selama perjalanan, tetap pantau jam dan kapan azan terdengar supaya nggak kelewatan.

Saat di dalam mobil, kamu bisa memanfaatkan fitur radio sebagai sumber informasi waktu buka puasa. Saluran radio yang diputar biasanya akan memberitahu waktu terkini, detik-detik buka puasa, dan menyiarkan azan Maghrib. 

Jika tak terbiasa memutar radio, kamu bisa pakai smartphone buat mengingatkan waktu buka puasa. Ada berbagai aplikasi yang bisa kamu gunakan sebagai alarm jika tiba waktu azan Maghrib. Aktifkan notifikasi azan biar nggak perlu repot mengecek ponsel. 

Menepi dan Berhenti Sebentar

Ada baiknya kamu menepi sebentar jika mendengar suara azan Maghrib di tengah perjalanan. Mengemudi sembari makan bisa membahayakan keselamatan kamu. Jadi kamu bisa minggir bentar buat buka puasa, entah sekadar minum atau ngemil.

Namun perlu kamu ingat, jangan sembarangan menepikan mobil. Saat akan mengambil arah menepi, pastikan memperhatikan lalu lintas di sekitar kamu. Selain itu, cari lokasi menepi yang aman dan tidak mengganggu pengendara lain. 

Bawa Perlengkapan Kebersihan

Saat akan berbuka puasa, perhatikan juga kebersihan tangan. Pastikan kondisi tangan tetap higienis sehingga aman buat memegang makanan. Saat di tengah perjalanan, pastinya kamu tidak bisa langsung cuci tangan. Jadi sebaiknya kamu membawa hand sanitizer atau tisu basah buat membersihkan tangan di dalam mobil. 

Selain itu, pastikan juga untuk menjaga kebersihan kabin mobil kamu. Meski posisinya lagi terburu-buru karena sudah Maghrib tapi belum sampai rumah, bukan berarti kamu makan dan buang sampah sembarangan. Kumpulkan sampah-sampah seperti sisa makanan, bungkus plastik, botol minuman, dan lainnya. 

Tetap Konsentrasi saat Mengemudi

Tips yang terakhir ini wajib kamu lakukan, yaitu tetap konsentrasi dan fokus mengemudi. Saat tiba waktu buka puasa dan kamu tidak mungkin untuk menepi, makan dan minumlah dengan hati-hati. Jangan melepaskan pandangan dan tangan kamu dari kemudi dalam waktu lama. Jika sudah minum dan makan, segera kembali fokus dengan perjalanan kamu.

Itulah sejumlah tips buka puasa di mobil biar tetap tenang dan nyaman di perjalanan. Ingat, jika memang nggak memungkinkan sampai rumah atau tempat makan maka gapapa buka puasa di mobil. Basahi terlebih dahulu tenggorokan dan isi sedikit perutmu, sembari melanjutkan perjalanan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *