Tips Aman Parkir Mobil Di Luar Rumah, Jangan Asal Taruh

Parkir mobil di luar rumah memang nggak disarankan. Namun faktanya tidak semua pemilik mobil punya garasi. Masih banyak orang yang memarkirkan mobilnya di halaman terbuka, lapangan, maupun parkiran umum. 

Tempat paling ideal untuk menyimpan mobil memang di dalam garasi. Setiap orang pastinya ingin mobil kesayangannya terhindari dari hujan, panas, debu, bahkan risiko-risiko lain yang bisa menyebabkan kerusakan hingga kehilangan. 

Mobil yang terparkir di dalam rumah atau garasi akan lebih awet dan aman dibandingkan mobil yang diparkir di luar. Lantas gimana dong kalau sementara ini baru bisa parkir di luar? Jika memang harus melakukan ini, ada beberapa tips aman parkir di luar rumah yang perlu kamu tahu. 

Tips Parkir Aman di Luar Rumah

Mobil yang diparkir di luar rumah tentunya perlu mendapatkan perlakuan yang berbeda. Soal keamanan, mungkin kamu sudah yakin mobilmu nggak bakal hilang atau dicuri. Namun di samping itu, kamu tetap harus memperhatikan kondisi mobil di tempat terbuka. Mobil kamu bakal terkena berbagai cuaca hingga mungkin disentuh oleh tangan-tangan usil.

Jika kamu sering parkir di luar rumah dan tidak memperhatikan kondisi mobil, maka kendaraan kamu berisiko rusak. Oleh karena itu, pahami beberapa tips aman parkir di luar rumah berikut ini. 

Cari Tempat yang Terang

Saat memarkir mobil di luar rumah, sebaiknya cari lokasi yang terang. Mengingat terkadang tidak semua lokasi mendapatkan pencahayaan yang cukup, sebaiknya hindari menaruh mobil di tempat gelap. Jika siang hari sih gapapa, namun kalau malam hari tentunya sangat berisiko. 

Cari titik parkir yang mendapatkan penerangan cahaya lampu. Dengan adanya penerangan, kamu bisa melihat dan memantau mobilmu. Bayangkan kalau gelap, kamu bakal sulit mengamati keadaan mobilmu. Menaruh mobil di tempat terang dapat mencegah risiko dicuri atau digondol maling. 

Parkir di Lokasi yang Bisa Dijangkau

Selain memilih tempat yang terang, sebaiknya kamu juga memarkirkan mobil di lokasi yang mudah dijangkau. Hindari parkir jauh-jauh sekali atau tempat yang sulit kamu jangkau. Biar kamu lebih mudah memantaunya dan supaya nggak repot kalau mau menggunakan mobil. 

Perhatikan Lingkungan Sekitar Tempat Parkir

Saat memarkir mobil, jangan hanya asal memilih tempat yang muat atau bisa diakses. Kamu juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar tempat parkir. Pastikan kamu parkir di tempat yang aman dan nggak mengganggu orang lain. 

Hindari menaruh mobil di bawah pohon. Bukan cuma khawatir pohonnya tumbang dan menimpa mobil, tapi getah dari pohon juga bisa merusak cat mobilmu. Selain itu, jangan parkir di tempat yang menjadi jalan lalu lalang kendaraan. 

Lapisi Mobil dengan Cover

Mobil yang diparkir di luar akan berhadapan dengan berbagai cuaca dan debu. Paparan sinar matahari, guyuran hujan, hingga kotoran yang menempel dapat membuat bodi mobilmu cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya lapisi mobilmu dengan car cover atau sarung mobil. 

Pasang Pengaman Tambahan

Mobil-mobil zaman sekarang sebenarnya sudah dilengkapi dengan alarm anti maling. Namun jangan cuma mengandalkan alarm saja buat menjaga keamanan. Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan gembok dan rantai yang dipasang di ban. 

Memakai Coating

Sebagian orang mungkin malas kalau harus memasang dan melepas sarung mobil setiap saat. Supaya mobil yang diparkir di luar tetap terjaga, kamu bisa melapisinya dengan coating. Coating ini menjadi alternatif pengganti car cover untuk melindungi mobil dari berbagai paparan. 

Coating berfungsi sebagai perlindungan lapis untuk menjaga warna cat mobil. Pemasangan coating juga akan membuat permukaan bodi menjadi lebih licin. Jadi adanya coating juga dapat mencegah noda atau debu supaya nggak nempel. 

Itulah beberapa tips aman parkir mobil di luar rumah yang perlu kamu terapkan. Ingat, jangan asal taruh mobilmu begitu saja. Selalu perhatikan keamanan dan kondisi lingkungan tempat parkir, serta beri perlindungan ekstra pada mobil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *